Pengertian Musik Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]

Pengertian musik menurut para ahli - Musik merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi kita karena hampir tiap hari kita mendengarkan musik. Namun tahukah kita apa itu pengertian musik? Apa sebenarnya arti musik dan definisi musik sebenarnya?

Tentu terkadang kita bingung jika harus menjawab pertanyaan itu meski kita mendengarkan musik tiap hari. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian musik menurut para ahli dan pengertian musik secara umum beserta definisi dan arti katanya lengkap.

Pengertian Musik


Apa itu musik? Apa pengertian musik? Hampir setiap hari kita mendengarkan musik, baik dari handphone, televisi, komputer, suara seseorang, internet atau dari media-media yang lainnya. Dan di zaman modern ini, hidup kita seakan tidak bisa terpisahkan dari yang namanya musik.

Musik sudah menjadi semacam gaya hidup atau bahkan budaya tersendiri. Mendengarkan lagu-lagu favorit juga menjadi hal yang selalu dilakukan tiap harinya.

Dengan mendengarkan lagu-lagu yang bagus dan enak didengar, kita akan menjadi lebih nyaman dan lebih bersemangat dalam menjalani hari. Selain itu, lagu-lagu yang sedih juga menjadi pilihan di saat kita sedang dilanda masalah.

Bisa disimpulkan jika musik sangat penting dan bisa mempengaruhi pikiran serta perasaan kita. Berbagai teknologi pun diciptakan untuk pemutar musik yang bagus, seperti iPad, headset dan lain-lain.

Belum lagi aplikasi musik populer lain seperti YouTube, Spotify dan lain-lain yang memudahkan kita mencari lagu favorit kita. Semua dilakukan agar kita bisa dengan mudah dan nyaman menikmati alunan musik yang kita suka tiap saat.

Namun apakah sebenarnya yang dimaksud musik itu? Apakah pengertian musik dan definisi musik secara umum?

(baca juga macam-macam jenis musik)

Pengertian Musik

Definisi Musik


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi dan arti musik yang resmi antara lain adalah sebagai berikut :

1. ilmu atau seni menyusun nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yg mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan;

2 nada atau suara yg disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yg menggunakan alat-alat yg dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu);

Pengertian Musik Secara Umum


Sedangkan menurut situs Wikipedia, pengertian musik secara umum merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Musik termasuk dalam suatu karya seni. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Musik juga bisa berperan salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal.

(baca juga pengertian musik modern)

Pengertian Musik Menurut Para Ahli


Pengertian musik menurut Aristoteles

Pengertian musik menurut Aristoteles adalah bunyi yang menghasilkan nada dan diterima oleh individu berbeda-beda, yang bergantung berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.Musik juga dianggap mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Pengertian musik menurut David Ewen

Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

Pengertian musik menurut Lexicographer

Musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

Pengertian musik menurut Reed dan Sidnell

Musik adalah suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

Pengertian musik menurut Jamalus

Musik ialah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptaan melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni dan bentuk atau struktur lagu seta ekspresi sebagai sumber kesatuan.

Pengertian musik menurut Sylado

Musik adalah waktu yang bisa didengar dan merupakan wujud waktu yang hidup, yang merupakan kumpulan ilusi dan alunan suara.

Pengertian musik menurut Schopenhauer

Musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta.

Pengertian musik menurut Sunarto

Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.


Nah itulah artikel musik lengkap mengenai pengertian musik secara umum dan definisi musik lengkap update terbaru. Saat ini, musik memang sudah menjadi karya seni yang kita dengarkan sehari-harinya. Tiap hari kita pun mendengarkan musik lewat lagu lagu hits, baik lagu Indonesia terbaru atau lagu barat terbaru. Semoga info pengertian musik terbaru tersebut bisa bermanfaat.

2 Komentar untuk "Pengertian Musik Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]"

  1. Hello universe! 👋
    Once again, BEMF University of Gunadarma proudly presents the part of biggest event "Psychology Innovation in Art, Social and Education (PIASE) 2016"

    🎶Talkshow "The Melody of Musical Mind : Perspective On Musical Psychology🎶

    🕛 on Saturday, May 21st 2016.
    ➡Auditorium D462 (6th Floor), Gunadarma University, Depok

    ✨Let's expand our knowlegde upon the most known phenomena which is in music, as well as its relation in it's psychological aspects.
    All of that will be discussed by two professionals and perspectives, whose one, a psychologist and two, an expert musician.

    Jam sessions comes afterwards so Save the date and see you then! 🎉

    Speakers:
    👉Benny & Barry Likumahua as music experts.
    👉Dr. Hendro Prabowo, S. Psi

    📣OPEN FOR PUBLIC
    Book your seat now.

    ☎For more information
    1. Line ID: trisyaputri05
    Whatsapp: 082127450166
    2. Line ID: Hanifasyabani
    Whatsapp: 081316912041
    3. Line ID: indyest
    Whatsapp: 081310550010

    BalasHapus
  2. Anonim5/5/23

    Min kalo boleh tau nama penulis artikel ini siapa ya?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel