Biografi Foo Fighters | Profil, Member, Daftar Album, Lagu Hits

Biografi Foo Fighters - Foo Fighters adalah grup band rock terkenal asal Amerika Serikat. Foo Fighters dibentuk di kota Seattle pada tahun 1994. Saat ini, personil Foo Fighters terdiri dari Dave Grohl (vokal), Nate Mendel (bass), Pat Smear (gitar), Chris Shiflett (gitar), Taylor Hawkins (drum) serta Rami Jaffee (keyboard). Genre musik lagu-lagu Foo Fighters adalah alternative rock, hard rock dan post-grunge. 

Musik grunge berasal dari pengaruh band Nirvana, dimana Dave Grohl menjadi drummer. Nama band Foo Fighters ini didapat dari beberapa penampakan UFO yang dilaporkan terjadi di Perang Dunia II, yang disebut dengan kode foo fighters.

Band Foo Fighters telah merilis 10 album studio, dimana 4 album di antaranya sukses memenangi penghargaan Best Rock Album pada Grammy Awards. Total, Foo Fighters telah memenangi Grammy Awards sebanyak 12 kali. Saat ini, Foo Fighters juga termasuk salah satu band rock terbesar dan paling populer di dunia. 

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Foo Fighters beserta sejarah dan daftar album band hard rock populer ini lengkap.

Profil dan Biografi Foo Fighters Terbaru

Biografi Foo Fighters


Foo Fighters didirikan oleh drummer band Nirvana, Dave Grohl setelah kematian vokalis Nirvana, Kurt Cobain. Setelah itu Nirvana akhirnya diputuskan bubar setelah sempat jadi band fenomenal di awal tahun 90an. Drummer Dave Grohl kemudian lebih fokus pada projek Foo Fighters. Band baru Foo Fighters ini lalu merilis album debutnya di tahun 1995.

Foo Fighters lalu baru memperoleh kesuksesan secara global berkat perilisan album kedua dan ketiga mereka, yaitu The Colour and the Shape (1997) dan There Is Nothing Left to Lose (1999). Mereka lalu memperoleh reputasi internasional di akhir 90an dan menjadi salah satu band rock terbaik di era 90an. Beberapa lagu terbaik Foo Fighters di era ini antara lain My Hero, Monkey Wrench, Learn To Fly dan Everlong.

Foo Fighters merilis album keempatnya, One by One di tahun 2002 yang menandai popularitas mereka di era millenium. Album ini berhasil membawa piala Grammy Awards kategori Best Rock Album. Sebelumnya, album The Colour and the Shape juga berhasil memenangi penghargaan yang sama. Tiga tahun berselang, In Your Honor dirilis sebagai album kelima dengan format dua disk, dimana disk satu berisi lagu-lagu akustik dan disk dua berisi lagu-lagu yang lebih keras dan berat.

Tahun 2007, album Echoes, Silence, Patience & Grace dirilis dan kembali memenangkan penghargaan Best Rock Album pada Grammy Awards. Sejumlah lagu rock terbaik seperti The Pretender dan Long Road to Ruin ada di album ini. Album ketujuh Foo Fighters, Wasting Light dirilis di tahun 2011 dan sukses memboyong 5 nominasi penghargaan di ajang Grammy Awards. 

Foo Fighters tetap produktif dengan merilis beberapa album lagi, misalnya Sonic Highways (2014), Concrete and Gold (2017), dan Medicine at Midnight (2021). Mereka pun mampu mempertahankan reputasinya sebagai salah satu band rock terbaik dan terpopuler, mulai dari era 90an, era 2000an, dan era modern sekarang.

Daftar Album Foo Fighters


  1. Foo Fighters (1995)
  2. The Colour and the Shape (1997)
  3. There Is Nothing Left to Lose (1999)
  4. One by One (2002)
  5. In Your Honor (2005)
  6. Echoes, Silence, Patience & Grace (2007)
  7. Wasting Light (2011)
  8. Sonic Highways (2014)
  9. Concrete and Gold (2017)
  10. Medicine at Midnight (2021)

Hingga kini, Foo Fighters telah merilis 10 album studio. Empat di antaranya berhasil memenangi Best Rock Album pada penghargaan Grammy Awards, yaitu There Is Nothing Left To Lose (1999), One by One (2002), Echoes, Silence, Patience & Grace (2007) dan Wasting Light (2011). Total sudah 12 Grammy Awards yang berhasil Foo Fighters menangkan. Foo Fighters juga banyak memenangi penghargaan lainnya. Tak heran jika kini Foo Fighters menjadi salah satu grup band rock terbesar dan paling populer di era modern.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Foo Fighters | Profil, Member, Daftar Album, Lagu Hits"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel