Profil dan Biografi Lengkap Foo Fighters

Foo Fighters adalah grup band rock terkenal asal Amerika. Foo Fighters dibentuk di kota Seattle pada tahun 1994. Saat ini, Foo Fighters terdiri dari Dave Grohl sebagai vokalis, Nate Mendel sebagai bassis, Pat Smear pada bagian gitar rhythm, lalu Chris Shiflett sebagai gitaris dan Taylor Hawkins sebagai drummer. Gaya dan genre musik Foo Fighters adalah alternative rock, hard rock dan juga sedikit musik post-grunge. Musik grunge berasal dari pengaruh band Nirvana, dimana Dave Grohl menjadi drummer. Nama band Foo Fighters ini didapat dari beberapa penampakan UFO yang dilaporkan terjadi di Perang Dunia II, yang disebut dengan kode foo fighters. 

Band Foo Fighters telah merilis 7 album studio, dimana 4 album di antaranya memenangi penghargaan Best Rock Album pada Grammy Awards. Total, Foo Fighters telah memenangi Grammy Awards sebanyak 10 kali. Saat ini, Foo Fighters juga termasuk salah satu band rock terbesar dan paling populer di dunia. Berikut Museum Musik akan sajikan sejarah dan biografi lengkap Foo Fighters.

Profil dan Biografi Lengkap Foo Fighters

Foo Fighters didirikan oleh drummer Nirvana, Dave Grohl setelah kematian vokalis Nirvana, Kurt Cobain. Setelah itu Nirvana akhirnya diputuskan bubar, sehingga Dave Grohl kemudian lebih fokus pada projek Foo Fighters. Foo Fighters lalu merilis album debutnya di tahun 1995. Namun Foo Fighters baru memperoleh kesuksesan secara global berkat perilisan album kedua dan ketiga mereka, yaitu The Colour and the Shape pada tahun 1997, serta There Is Nothing Left to Lose pada tahun 1999. Mereka lalu memperoleh reputasi internasional di akhir 1990-an, dan menjadi salah satu band rock terbaik di 1990-an. Beberapa lagu andalan Foo Fighters di era ini antara lain My Hero, Monkey Wrench, Learn To Fly and Everlong.

Foo Fighters merilis album keempatnya, One by One di tahun 2002 yang menandai popularitas mereka di era millenium. Album ini berhasil membawa piala Grammy Awards kategori Best Rock Album. Sebelumnya, album The Colour and the Shape juga berhasil memenangi penghargaan yang sama. 

Tiga tahun berselang, In Your Honor dirilis sebagai album kelima dengan format dua disk, dimana disk satu berisi lagu-lagu akustik dan disk dua berisi lagu-lagu yang lebih keras dan berat. Tahun 2007, album Echoes, Silence, Patience & Grace dirilis dan kembali memenangkan penghargaan Best Rock Album pada Grammy Awards. Album ketujuh Foo Fighters, Wasting Light dirilis di tahun 2011.

Hingga kini, Foo Fighters telah merilis 7 album studio. Empat di antaranya berhasil memenangi Best Rock Album pada penghargaan Grammy Awards, yaitu There Is Nothing Left To Lose (1999), One by One (2002), Echoes, Silence, Patience & Grace (2007) dan Wasting Light (2011). Total sudah 10 Grammy Awards yang berhasil Foo Fighters menangkan. Foo Fighters juga banyak memenangi penghargaan lainnya. Tak heran jika kini Foo Fighters menjadi salah satu grup band rock terbesar dan paling populer di dunia.


-MuseumMusik-

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan