Sejarah Musik Country dan Perkembangan Musik Country Barat

Sejarah musik country - Musik country merupakan salah satu macam genre musik yang cukup populer di dunia saat ini. Aliran musik country memang belum terlalu dikenal di Indonesia. Musik country masih kalah dengan genre genre musik populer lainnya di Indonesia, seperti musik pop dan rock. Meski begitu musik country cukup populer di dunia, terutama di negara Amerika yang merupakan negara asal jenis musik ini.

Tak heran karena musik country lekat dengan budaya western dan cowboy ala Amerika. Secara umum pengertian musik country sendiri memiliki beberapa turunan dan subgenre seperti Hillbilly, Bluegrass, Country Pop, Western Swing, Neo Country, Crossover Country, Alternative Country, Country Rock dan lain-lain.

Berikut ini akan kami bagikan info sejarah musik country dan perkembangan musik country barat dari tahun ke tahun sampai sekarang.

Sejarah Lengkap Perkembangan Musik Country

Sejarah Musik Country


Musik country awalnya berasal dari daerah Amerika Selatan yang bersumber dari lagu lagu folk atau lagu tradisional rakyat di Amerika Utara. Ciri khasnya adalah menggunakan alat musik gitar, banjo dan ukulele. Dengan teknik menyanyi dengan suara lurus dan melengking yang khas membuat musik country dapat dibedakan dari jenis aliran musik lainnya.

Di era 1920an ada beberapa penyanyi dan musisi country awal yang terkenal, seperti Jimmy Rodgers dan Carter family. Mereka sukses menghasilkan karya karya berupa lagu lagu country hits di era itu. Sementara di era 1940an juga ada Eddy Arnold yang sukses merajai chart tangga lagu barat terbaru Billboard di era tersebut.

Elvis Presley yang populer di era 1950an juga terpengaruh oleh musik country. Disamping lagu lagu rock n' roll yang ia bawakan, Elvis Presley juga terkenal dengan lagu lagu country rock. Belum lagi Johnny Cash yang sangat populer di jajaran musik country hingga sekarang dan disebut-sebut sebagai penyanyi country terbaik sepanjang masa.

Di tahun 60an ada juga nama Bob Dylan, penyanyi barat legendaris yang beberapa kali membawakan lagu lagu bertema country dan bles. Sedangkan pada tahun 70an muncul Dolly Parton dan Kenny Rogers. Musisi dan penyanyi country barat tersebut kian membuat musik country barat makin dikenal dengan lagu lagu country hits mereka.

Era 90an musik country mulai berkembang pesat seiring banyaknya penyanyi country pendatang baru bermunculan. Mereka menghasilkan karya baik berupa lagu, single dan album yang sukses di pasaran. Salah satunya adalah Shania Twin yang masih memegang rekor sebagai artis dengan album country terlaris dan tersukses sepanjang masa.

Di era millenium ada nama nama artis country yang populer yang membuat musik country dikenal di berbagai kalangan termasuk remaja dan pemuda, seperti Carrie Underwood dan Taylor Swift. Sejumlah lagu country barat terbaik mampu mereka hasilkan dan mampu memperkenalkan musik country kepada kalangan muda.

Itulah info mengenai perkembangan musik country dari masa ke masa. Di Indonesia musik country memang tidak begitu populer. Namun musik country menjadi salah satu genre musik terpopuler di dunia saat ini. Ada banyak penyanyi country terbaik dan terpopuler yang menghasilkan lagu lagu hits country yang sukses tiap tahunnya.

3 Komentar untuk "Sejarah Musik Country dan Perkembangan Musik Country Barat"

  1. Sejak mengikuti perkembangan Grammy Awards beberapa tahun belakangan ini, gua mulai mencoba untuk mendengarkan musik country, dan sampe sekarang gua jadi suka musik country. Menurut gua musik ini bagus dan punya kelas tersendiri.

    Ya, musik jenis ini belum terlalu dikenal di Indonesia. Bahkan kalau ada yang tahu gua suka musik ini, biasanya komentar mereka, "lo ngga banget deh dengerinnya country." Haha, kenapa ya persepsinya begitu? Menurut gua itu masalah selera. Toh di Amerika sana country bisa begitu populer.

    Thanks untuk penjabaran sejarah musik country. Blog ini bener-bener bagus.

    BalasHapus
  2. @Bayu Rohmantika : iya, di Indonesia musik country emang gak populer sama sekali, tapi di Amerika sana country jadi salah satu genre favorit. bener juga kata Bayu kalau sebenernya semua itu masalah selera banyak lagu lagu country yang bagus jg.

    BalasHapus
  3. Anonim2/1/16

    Sejak lama saya menyukai country music dan inilah music penyemarak hidupku.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel