Biografi Green Day | Profil, Member, Daftar Album, Lagu Hits

Biografi Green Day - Green Day adalah band punk rock asal Amerika Serikat yang populer. Band ini pertama kali meraih popularitas awal di era 90an. Green Day berasal dari Berkeley, California dan dibentuk pada tahun 1987. Green Day terdiri dari 3 member, yakni Billie Joe Armstrong sebagai vokalis dan gitaris, Mike Dirnt sebagai bassis, dan Tre Cool sebagai drummer. Genre musik Green Day yang utama adalah punk rock dan alternative rock.

Band ini menjadi salah satu pelopor genre punk di tahun 90an, terutama usai perilisan album Dookie di tahun 1994 yang begitu meledak di pasaran. Album-album sukses lainnya misalnya Insomniac, Nimrod, American Idiot, dan 21st Century Breakdown.

Green Day telah memenangi banyak penghargaan musik internasional, termasuk 5 kali meraih Grammy Awards. Kini, Green Day juga disebut-sebut sebagai salah satu grup band rock terbaik dunia yang paling populer. Lagu-lagu Green Day pun banyak yang populer dan jadi hits global.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Green Day beserta sejarah dan daftar album band alternative rock populer ini lengkap.

Biografi dan Daftar Album Green Day Terbaru

Biografi Green Day


Green Day mengawali karir di akhir 80an. Awalnya Green Day merupakan bagian dari perkumpulan band punk di DIY 924 Gilman Street di Berkeley, California. Green Day kemudian merilis album debutnya, 39/Smooth pada tahun 1990. Album keduanya, Kerplunk! dirilis di tahun 1992 dan membuat nama Green Day mulai dikenal, meski hanya di wilayah California saja. 

Baru pada tahun 1994 ketika album Dookie dirilis, Green Day meraih popularitas internasional. Dookie mampu terjual sebanyak 10 juta kopi hanya di Amerika Serikat saja. Green Day lalu disebut sebagai salah satu band punk rock terbaik yang mampu mempopulerkan dan menghidupkan kembali musik punk rock di Amerika, bersama band California lain seperti The Offspring dan Rancid.

Green Day lalu merilis album Insomniac (1995) dan Nimrod (1997). Meski tidak sesukses Dookie, namun dua album tersebut cukup sukses, secara komersil dan kritik. Sejumlah lagu hits Green Day di era 90an antara lain adalah Welcome to Paradise, Basket Case, She, When I Come Around, Time of Your Life, Redundant dan Hitchin' a Ride.

Green Day lalu merilis album studio keenamnya, Warning di tahun 2000. Setelah itu, kepopuleran Green Day sempat turun drastis, apalagi ditambah isu batalnya album ketujuh yang rencananya dirilis tahun 2003. Namun pada tahun 2004, Green Day kembali bangkit ke puncak popularitas dengan album American Idiot yang sukses besar.

Album tersebut sukses menyabet 2 Grammy Awards, untuk kategori Best Rock Album dan Record of the Year untuk single Boulevard of Broken Dreams. Selanjutnya album 21st Century Breakdown kemudian dirilis tahun 2009. Album ini memenangkan Best Rock Album pada Grammy Awards. Beberapa single dari album ini antara lain Know Your Enemy dan 21 Guns. 

Di tahun 2012, Green Day merilis album trilogi, ¡Uno!, ¡Dos!, dan ¡Tré! pada bulan September, November dan Desember secara berturut-turut. Setelah itu band ini sempat vakum beberapa tahun. Kemudian Green Day merilis 2 album lagi, yakni Revolution Radio di tahun 2016 dan Father of All Motherfuckers di tahun 2020.

Daftar Album Green Day


  1. 39/Smooth (1990) 
  2. Kerplunk (1992) 
  3. Dookie (1994) 
  4. Insomniac (1995) 
  5. Nimrod (1997) 
  6. Warning (2000) 
  7. American Idiot (2004) 
  8. 21st Century Breakdown (2009) 
  9. ¡Uno! (2012) 
  10. ¡Dos! (2012) 
  11. ¡Tré! (2012) 
  12. Revolution Radio (2016)
  13. Father of All Motherfuckers (2020)

Green Day juga banyak menghasilkan lagu-lagu hits internasional yang masuk dalam tangga lagu internasional. Dengan segala pencapaian dan penghargaan yang telah mereka buat, tak salah jika Green Day disebut sebagai salah satu grup band rock terbaik dan paling populer dari era 1990-an hingga sekarang. Kita tunggu saja album Green Day terbaru ke depannya.

1 Komentar untuk "Biografi Green Day | Profil, Member, Daftar Album, Lagu Hits"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel