Biografi Bob Marley Lengkap | Profil, Biodata, Sejarah, Daftar Album

Biografi Michael Jackson lengkap - Bob Marley terlahir dengan nama Nesta Robert Marley OM. Ia lahir pada 6 Februari 1945 dan kemudian meninggal pada 11 mei 1981 di usia 36 tahun. Bob Marley adalah penyanyi dan penulis lagu asal Jamaika, yang meraih kesuksesan internasional sebagai penyanyi dengan mengambil genre musik reggae, yang sebelumnya tidak populer.

Ia pun disebut-sebut sebagai musisi reggae terbesar dan terbaik sepanjang masa yang turut mempopulerkan musik reggae hingga tersebar ke seluruh dunia. Tak heran jika nama Bob Marley begitu dikenal sebagai inspirasi para musisi dan penggemar musik reggae saat ini.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Bob Marley beserta sejarah perjalanan karir dan daftar albumnya lengkap.

Biodata Bob Marley


Nama lahir : Nesta Robert Marley
Tempat lahir : Nine Mile, Saint Ann, Jamaika
Tanggal lahir : 6 Februari 1945
Tempat meninggal : Miami, Florida, Amerika
Tanggal meninggal : 11 Mei 1981 (umur 36)
Genre : Reggae, Ska, Rocksteady
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu, musisi, gitaris
Instrumen : Vokal, gitar, perkusi
Tahun aktif : 1962–1981

Biografi dan Daftar Album Bob Marley Lengkap

Biografi Bob Marley


Bob Marley lahir di Nine Mile, Saint Ann Parish, Jamaika pada tanggal 6 Februari 1945. Ia memulai karir bermusiknya pada 1963 dengan grupnya bernama the Wailers (biasa juga disebut Bob Marley and the Wailers). Album debut mereka berjudul The Wailing Wailers dirilis pada tahun 1965 dan mulai populer.

Saat itu, Bob Marley mengusung genre ska dan reggae yang cukup jarang. Aliran musik ini kemudian mulai populer berkat lagu-lagu dari Bob Marley and the Wailers, beberapa hits sukses masuk chart tangga lagu barat di dunia. Album tersukses dari band the Wailers adalah Catch a Fire dan Burnin', yang sama-sama dirilis tahun 1973.

Meski begitu, pada tahun 1974, band the Wailers bubar. Bob Marley pun memutuskan untuk bersolo karir sendiri. Album Natty Dread merupakan album debut solo pertama Bob Marley yang mendapat banyak pujian. Pada tahun 1977, ia merilis album Exodus yang sukses besar, bahkan dianggap sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa.

Beberapa deretan lagu terbaik Bob Marley sepanjang karirnya antara lain adalah No Woman No Cry, Three Little Birds, Buffalo Soldier, Redemption Song, dan lain-lain. Bob Marley pun menjadi salah satu penyanyi terbaik sepanjang masa dan menjadi ikon musik reggae sampai sekarang. Ia sukses mencapai puncak popularitas berkat lagu-lagu reggaenya.

Selama karirnya, Bob Marley telah merilis 13 album studio dan 2 album live, baik saat masih bersama The Wailers maupun saat bersolo karir.

Daftar Album Bob Marley

  • The Wailing Wailers (1965) 
  • Soul Rebels (1970) 
  • Soul Revolution (1971) 
  • The Best of the Wailers (1971) 
  • Catch a Fire (1973) 
  • Burnin' (1973) 
  • Nasty Dread (1974) 
  • Rastaman Vibration (1976) 
  • Exodus (1977) 
  • Kaya (1978) 
  • Survival (1979) 
  • Uprising (1980) 
  • Confrontation (1983) 

Bob Marley Meninggal


Bob Marley meninggal pada 11 Mei 1981 di Miami pada usia 36 tahun. Penyebab kematiannya adalah karena terkena radang paru-paru dan otak yang kian menyebar. Kata-kata terakhir yang ia ucapkan kepada putranya, Ziggy, adalah 'Uang tidak bisa membeli kehidupan.'

Setelah kematiannya, dunia musik berduka karena saat itu Bob Marley memang sedang berada di puncak popularitas berkat lagu reggae barat hits yang ia hasilkan. Meski begitu, namanya tetap dikenang dalam industri musik dan jadi inspirasi para musisi reggae di seluruh dunia.

Bob Marley juga banyak mendapat penghargaan setelah kematiannya. Dia diperkenalkan dalam Hollywood Walk of Fame pada 2001. Di tahun yang sama, ia mendapat penganugrahan Grammy Lifetime Achievement Award. Majalah Time juga turut memberi apresiasi pada album Bob Marley, Exodus (1977) yang terpilih sebagai Album of the Century. Majalah musik Rolling Stone pun menempatkan Bob Marley di urutan 11 dalam daftar 100 greatest artists of all time.

Lagu Bob Marley yang berjudul No Woman No Cry pun seakan menjadi lagu wajib dari musik reggae itu sendiri. Hingga kini, Bob Marley pun dianggap sebagai musisi terbesar dalam musik reggae dan turut mempopulerkan musik reggae di industri musik seluruh dunia.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Bob Marley Lengkap | Profil, Biodata, Sejarah, Daftar Album"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel