Biografi dan Daftar Album Metallica Terbaru

Metallica adalah grup band asal Amerika Serikat yang beraliran heavy metal. Metallica pertama dibentuk di tahun 1981 di Los Angeles, California, Amerika. Saat ini, Metallica terdiri dari James Hetfield (vokal dan gitar), Kirk Hammet (gitar), Lars Ulrich (drum) dan Robert Trujillo (bass), yang baru bergabung di tahun 2003. Metallica membawakan lagu-lagu bergenre heavy metal dan juga trash metal. Metallica pun disebut sebagai salah satu band penemu musik trash metal, bersama dengan band lain seperti Megadeth, Slayer dan Anthrax. Keempat band ini sering disebut sebagai big four of thrash metal. Kebetulan keempatnya pertama eksis di era 1980-an yang merupakan awal musik trash metal dan underground. Berikut ini merupakan info profil, biografi dan sejarah Metallica.

Biografi dan Daftar Album Metallica Terbaru

Biografi Metallica


Metallica dibentuk di tahun 1981 dengan nama awal The Young of Metal Attack. Namun nama itu kemudian diubah menjadi Metallica yang merupakan gabungan dua kata, Metal dan Vodka. Nama ini sendiri sebenarnya adalah nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik oleh Lars Ulrich. Metallica lalu merilis album debutnya berjudul Kill 'Em All di tahun 1983. 

Empat album pertama Metallica pun menuai kesuksesan dan dipuji karena membawakan musik heavy metal dan underground yang kental. Album ketiga Metallica yang berjudul Master of Puppets (1986) didefinisikan sebagai album trash metal paling berpengaruh sepanjang masa. Namun setelah empat album pertama, Metallica melebarkan gaya bermusiknya dan lebih mencocokkan ke pasar musik saat itu. 

Oleh karena itu, banyak lagu-lagu Metallica yang lebih soft dan tidak terlalu keras, tidak seperti empat album pertama. Meski begitu Metallica tidak kehilangan ciri khas sebagai band heavy metal. Album kelima mereka yang juga diberi nama Metallica (1991) mampu terjual 16 juta kopi hanya di Amerika saja. Hal ini menjadikan album tersebut sebagai album dengan penjualan tertinggi sejak era SoundScan (penemuan yang digunakan untuk mendeteksi jumlah penjualan album musik). 

Album tersebut juga banyak menghasilkan lagu terbaik Metallica, seperti Enter Sandman, The Unforgiven, Nothing Else Matters dan Sad But True. Di era 2000-an Metallica merilis dua album. Album terakhir Metallica berjudul Hardwired... to Self-Destruct dirilis pada tahun 2016 lalu.

Daftar Album Metallica

  • Kill 'Em All (1983)
  • Ride the Lightning (1984)
  • Master of Puppets (1986)
  • ...And Justice for All (1988)
  • Metallica (1991)
  • Load (1996)
  • Reload (1997)
  • St. Anger (2003)
  • Death Magnetic (2008)
  • Hardwired... to Self-Destruct (2016)

Hingga kini, Metallica telah merilis 10 album studio dan 4 album live. Metallica juga banyak mendapat penghargaan, termasuk 9 kali Grammy Awards. Metallica juga menjadi grup band pertama yang 5 albumnya secara berturut-turut memuncaki tangga Billboard 200 di minggu debutnya. Metallica menjadi salah satu band paling sukses secara komersial sepanjang masa, dengan total penjualan mencapai lebih dari 110 juta di seluruh dunia. Tak heran jika Metallica layak disebut sebagai salah satu band metal terbaik dan yang paling berpengaruh di dunia.

Belum ada Komentar untuk "Biografi dan Daftar Album Metallica Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel