Biografi My Chemical Romance | Profil, Member, Daftar Album

Biografi My Chemical Romance - My Chemical Romance merupakan sebuah grup band beraliran rock asal Amerika Serikat. Band ini sering disingkat sebagai MCR. My Chemical Romance dibentuk pada tahun 2001 di New Jersey, Amerika Serikat. Personil band ini beranggotakan Gerard Way (vokalis), Ray Toro & Frank Iero (gitaris) serta Mikey Way (bassis). My Chemical Romance merupakan salah satu band terpopuler di era 2000an dengan lagu-lagu yang jadi hits.

Band ini mengusung aliran emo rock, pop punk dan alternative rock. Style emo memang sangat melekat pada tiap member My Chemical Romance yang membuat mereka memiliki banyak penggemar yang masih remaja. Mereka pun jadi salah satu band terbesar dan paling terkenal sepanjang era 2000an.

Band ini pun sukses mencapai kepopuleran secara global di seluruh dunia. Mereka total telah merilis 4 album studio, masing-masing dirilis pada tahun 2002, 2004, 2006, dan 2010. Kemudian pada tahun 2013, para personil My Chemical Romance memutuskan bubar. Meski begitu, mereka kemudian menggelar tur reuni pada tahun 2019 dan kembali aktif.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi My Chemical Romance beserta sejarah dan daftar album band alternative rock populer ini lengkap.


Biografi dan Daftar Album Band My Chemical Romance

Biografi My Chemical Romance


My Chemical Romance memulai perjalanan karir musik mereka pada tahun 2002 setelah merilis album debut berjudul I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love. Meski tidak terlalu sukses, namun album ini menjadi pijakan awal bagi karya MCR ke depannya. Setelah itu, mereka pindah ke label rekaman yang lebih besar dan merilis album studio yang kedua berjudul Three Cheers for Sweet Revenge. 

Album kedua ini sukses secara komersial dan penilaian serta sukses meraih predikat platinum. Album ini jugalah yang membawa nama My Chemical Romance ke kancah musik internasional dengan beberapa single yang menjadi hits internasional, Sejumlah single seperti Helena dan I'm Not Okay sering disebut sebagai lagu terbaik My Chemical Romance sampai saat ini.

Album ketiga dirilis tahun 2006 dengan judul The Black Parade. Bisa dibilang inilah album terbaik dan tersukses My Chemical Romance. The Black Parade mendapat respon positif dari berbagai kritikus musik. Single tersukses My Chemical Romance banyak berasal dari album ini seperti I Don't Love You, Welcome to the Black Parade atau Teenagers. Mereka lalu merilis album keempat yang merupakan album terakhir mereka berjudul Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys pada November 2010. Album ini juga sukses dan mendapat review positif.

Setelah itu, My Chemical Romance memutuskan untuk bubar. Hal ini dibuktikan dengan keputusan resmi yang dikeluarkan tepatnya pada tanggal 22 Maret 2013. Karya terakhirnya adalah album kompilasi Conventional Weapons, yang merupakan kumpulan single single terbaik selama karir My Chemical Romance. 


Pada Desember 2019, para personil My Chemical Romance bereuni dengan melakukan konser reuni. Kembalinya My Chemical Romance ini disambut meriah oleh para penggemarnya, serta oleh para penggemar musik alternative dan emo rock yang sempat booming di tahun 2000an.

Daftar Album My Chemical Romance


  1. I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love (2002)
  2. Three Cheers for Sweet Revenger (2004)
  3. The Black Parade (2006)
  4. Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys (2010)

Total My Chemical Romance telah merilis 4 album studio, 2 album kompilasi dan 4 album video. Mereka juga sukses menghasilkan beberapa lagu dan single yang menjadi hits internasional dan masuk dalam chart tangga lagu dunia. My Chemical Romance juga berhasil meraih beberapa penghargaan internasional. Kehadiran band My Chemical Romance ini pun telah memberi suasana yang berbeda pada perkembangan musik dunia.

Belum ada Komentar untuk "Biografi My Chemical Romance | Profil, Member, Daftar Album"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel