Sejarah dan Fakta Penghargaan AMI Awards

AMI Awards merupakan kepanjangan dari kata Anugerah Musik Indonesia. AMI Awards merupakan ajang penghargaan musik yang diberikan kepada insan, pelaku dan karya dalam dunia musik di Indonesia. AMI Awards juga merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik di Indonesia. Penghargaan Anugerah Musik Indonesia ini diselenggarakan tiap tahunnya untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku dan karya karya musik Indonesia terbaru selama satu tahun. Berikut akan kami sajikan informasi sejarah awal dan konsep kategori penghargaan AMI Awards selengkapnya.

Fakta AMI Awards


Konsep dari AMI Award ini mengadaptasi model penghargaan musik internasional seperti Grammy Awards, yang merupakan ajang penghargaan musik paling bergengsi di dunia saat ini. Ajang AMI Award sendiri diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) dan digagas oleh Asosiasi Industri Rekaman (ASIRI), Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), serta Karya Cipta Indonesia (KCI).

Fakta dan Sejarah Penghargaan AMI Awards

AMI Awards pertama diselenggarkan pada tahun 1997. Tiap tahun penyelanggaraan AMI Award selalu diadakan di kota Jakarta. Pada tahun 2007, AMI Award sempat tidak diadakan sebelum akhirnya kembali diadakan di tahun-tahun berikutnya hingga sekarang. Kategori yang diapresiasi di AMI Award berubah-ubah. 

Layaknya kategori penghargaan musik lainnya, tiap tahun selalu ada penambahan, pengurangan atau pergantian kategori yang diadakan. Namun tentunya untuk kategori reguler yang penting tetap ada, seperti Penyanyi Terbaik, Album Terbaik, atau Lagu Terbaik. Selain itu juga ada kategori tiap tiap genre musik yang populer di Indonesia, seperti rock, pop, hip hop, dangdut, soul, R&B, ska & reggae, kategori anak anak, dan lain-lain.

Beberapa penghargaan khusus juga kerap diberikan tanpa adanya nominasi. Lifetime Achievement Award diberikan tiap tahun untuk orang-orang dan insan yang berjasa besar dalam pengembangan industri musik di Indonesia. Di tahun 2000, terrdapat kategori khusus yaitu Penghargaan Artis Asing Terbaik yang diraih Siti Nurhaliza asal Malaysia, dan di tahun 2006 ada Penghargaan Artis Internasional Terbaik yang diraih Anggun C. Sasmi yang sukses merambah karir internasional di Prancis.

(baca juga daftar lagu Anggun yang bagus)

Itulah berita mengenai informasi penyelenggaran ajang penghargaan AMI Awards beserta sejarah, fakta dan konsep keseluruhan dari Anugrah Musik Indonesia yang berhasil kami rangkum. Untuk saat ini, hak siar dari AMI Awards dipegang oleh stasiun TV swasta RCTI sejak tahun 2008. Kita tunggu saja album, lagu, penyanyi, artis, duo dan grup band manakah yang nantinya akan memenangkan AMI Award di edisi berikutnya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah dan Fakta Penghargaan AMI Awards"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel