10+ Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler yang Terkenal

Daftar rapper Indonesia terbaik - Musik rap saat ini menjadi salah satu jenis musik populer di dunia, terutama di Amerika Serikat. Industri musik rap di Indonesia juga kian berkembang dari tahun ke tahun. Banyak para rapper Indonesia yang populer dan terkenal dengan teknik menyanyi cepat dan lagu-lagu rap yang hits dan enak didengar. Mereka memang konsisten menghasilkan deretan lagu rap Indonesia terbaik dengan sentuhan musik hip hop atau musik pop.

Dengan teknik menyanyi yang cepat, lirik yang padat, serta nada yang kebanyakan didominasi musik hip hop, musik rap kemudian mampu berkembang dan menjadi salah satu jenis musik terpopuler. Ada sederet nama rapper terbaik di dunia, baik penyanyi atau grup rap yang sukses seperti Eminem, Dr. Dre, Jay-Z, Kanye West, Pitbull, 50 Cents, Snopp Dogg, dan lain-lain. Mereka sukses menghasilkan lagu-lagu rap hits dan menambah pundi-pundi kekayaan berkat penjualan albumnya.

Di Indonesia, musik rap memang belum terlalu menonjol, karena masih kalah dari genre pop atau bahkan dangdut. Namun beberapa tahun terakhir, industri musik rap terus berkembang dan kian diminati. Ada banyak musisi rap yang berkarya di Indonesia, baik rapper lama atau rapper-rapper baru yang mulai populer.

Para rapper senior seperti Iwa K dan Saykoji hingga grup rap pop seperti Bondan Prakoso & Fade 2 Black dikenal sebagai deretan rapper populer sejak dulu. Dalam beberapa tahun terakhir juga muncul sejumlah rapper Indonesia muda pendatang baru, misalnya seperti Young Lex atau Rich Brian. Nama terakhir bahkan sudah dikenal di dunia rap internasional serta sudah sukses menembus pasar musik Amerika dan dunia.

Daftar Rapper Indonesia Terbaik


Berikut ini akan kami sajikan list 10 penyanyi rap atau grup rap terbaik dan terpopuler di Indonesia. List berikut disusun berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari tingkat popularitas, lagu lagu, teknik rap dan faktor lainnya.

1. Iwa K

Daftar 7 Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Iwa K merupakan salah satu rapper terbaik Indonesia yang paling berpengaruh. Ia mampu mempopulerkan teknik musik rap dan musik hip hop di Indonesia. Namanya pun dikenal sebagai rapper terpopuler Indonesia. Sejumlah lagu terbaik Iwa K yang paling populer adalah Bebas, Ku Ingin Kembali dan Seminggu. Ia pun termasuk salah satu penyanyi hip hop Indonesia paling populer.

2. Rich Brian

Rapper Indonesia Terbaik

Inilah salah satu rapper Indonesia pendatang baru yang langsung mencuri perhatian. Nama Rich Brian langsung jadi perhatian tidak hanya di Indonesia, namun di dunia. Ia sukses menembus pasar internasional lewat promosi di YouTube. Remaja dengan nama asli Brian Imanuel ini menghasilkan sejumlah lagu rap hits yaitu Dat Stick, Living in Dream, dan Working for It.

3. Igor Saykoji

Daftar 7 Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Siapa yang tidak kenal Igor Saykoji atau yang akrab disapa Saykoji saja? Ia memiliki nama asli Ignatius Rosoinaya Penyami dan termasuk penyanyi rap Indonesia paling hits. Saykoji bahkan sempat jadi fenomena musik Indonesia saat merilis lagu berjudul Online yang jadi hits sukses. Lagu hits lain yang dinyanyikan oleh Igor Saykoji adalah Copy My Style, So What Gitu Loh dan Jomblo.

4. Bondan Prakoso & Fade 2 Black

Daftar 7 Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Inilah salah satu grup rap terpopuler Indonesia. Tidak hanya unsur hip hop yang diusung, namun Bondan Prakoso dan Fade 2 Black juga mengkombinasikannya dengan genre pop, rock dan bahkan keroncong. Alunan rap dari grup Fade 2 Black dipadu dengan suara khas Bondan Prakoso membuat grup ini cepat terkenal. Lagu-lagu seperti Ya Sudahlah, Bunga, Kroncong Protol dan Unity jadi tembang hits para penggemar Bondan Prakoso & Fade 2 Black.

5. Jogja Hip Hop Foundation

Rapper Indonesia Terbaik

Jogja Hip Hop Foundation merupakan grup rap hip hop asal Yogyakarta, Indonesia. Dengan mengkolaborasikan musik hip hop, rap serta musik daerah dengan gamelan dan bahasa Jawa, grup ini langsung jadi fenomena baru di kalangan penggemar musik hip hop lokal. Beberapa rapper terbaik dari Jogja Hip Hop Foundation adalah Kill the DJ, Jahanam dan Rotra.

6. 8 Ball

Daftar 7 Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Memiliki nama asli Muhammad Iqbal, penyanyi rap hip hop yang satu ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan 8 Ball (Sleepless in Mind). Rapper asal kota Malang ini banyak merilis lagu rap favorit, misalnya Cewe Santai dan Playboy. Ia pun termasuk rapper kontroversial dan kerap berseteru dengan sesama rapper lain.

7. Young Lex

Rapper Indonesia Terbaik

Young Lex mungkin sudah dikenal luas sebagai salah satu sosok kontroversial. Namun tak bisa dipungkiri jika ia termasuk rapper yang handal dan memiliki teknik rap bagus. Nama asli Young Lex adalah Samuel Alexander Pieter. Beberapa lagu Young Lex terbaik adalah Ini Gaya Gue, Bad, Nyesel Kan, Flashback, dan Goyang Boss.

8. Mizta D

Daftar 7 Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Mizta D juga termasuk salah satu rapper Indonesia terpopuler. Lagu hits yang ia nyanyikan seperti Memble Tapi Kece dan Untuk yang Tersayang jadi bukti popularitasnya yang lumayan. Pria kelahiran 30 Maret 1979 ini pun konsisten berkarya lewat teknik musik rap dan hip hop yang ia usung sejak awal karirnya.

9. Kungpow Chicken

Daftar 7 Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Satu lagi grup rapper yang dikenal kontroversial, yakni Kungpow Chicken. Personil Kungpow Chicken terdiri dari Dorizo, D.O.S. Andi dan DJ Soso. Grup rap asal Bandung ini kerap menggunakan kata-kata kontroversial pada lirik lagunya. Meski begitu lagu rap Indonesia yang ia hasilkan cukup bagus dan enak didengar.

10. The Law & Amank

Daftar 7 Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Dua rapper ini merupakan musisi yang diorbitkan oleh Ahmad Dhani lewat Republik Cinta Management yang ia kelola. The Law dan Amank juga kerap menjadi penyanyi featuring dari artis lain seperti Mahadewi atau Mulan Jameela. Meski termasuk kontroversial terutama lewat lirik lagu mereka, namun tak bisa dipungkiri jika The Law dan Amank memiliki teknik rap yang mumpuni.

Nama-nama rapper Indonesia terkenal lainnya :

  • NDX AKA dan Pendhoza
  • JFlow
  • Ebith Beat A
  • Yacko
  • Ramengvrl
  • Soul ID
  • Ucok Munthe
  • Laze
  • A. Nayaka
  • Eevnxx
  • Ben Utomo

Demikianlah info musik mengenai list 10 nama rapper terbaik Indonesia update terbaru. List tersebut tentunya bersifat subyektif dan bisa berbeda tiap individu. Kebanyakan memang didominasi oleh rapper pria karena masih sedikit rapper wanita Indonesia. Tentunya musisi musisi dan penyanyi rap yang masuk dalam list di atas cukup membantu untuk mengembangkan musik rap di tengah serbuan musik pop dan rock yang tak ada habisnya.

Belum ada Komentar untuk "10+ Rapper Indonesia Terbaik dan Terpopuler yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel