Sejarah Musik Reggae Indonesia Beserta Asal dan Perkembangannya

Sejarah musik reggae Indonesia - Musik reggae merupakan salah satu genre musik yang cukup populer. Keberadaanya memang tak sepopuler genre musik lain seperti pop, rock, hip hop, metal atau blues. Meski begitu musik reggae selalu memiliki fans dan penggemar fanatik. Negara Indonesia pun memiliki beberapa basis dan komunitas pecinta musik reggae, baik di kota-kota besar maupun di seluruh penjuru Indonesia.

Mengusung tema rastamania, musik reggae awalnya berasal dari negara Jamaika. Musik reggae mulai populer setelah kesuksesan penyanyi reggae populer, Bob Marley di era 70-an. Setelah popularitas Bob Marley and the Wailers, reggae pun mulai dikenal di seluruh dunia. Virus musik reggae pun juga menular ke industri musik Indonesia.

Di Indonesia, musik reggae bisa dikatakan sudah mulai berkembang dengan cukup pesat. Tiap minggu selalu ada event event reggae yang terselenggara dengan ribuan pemuda pemudi Indonesia yang ikut berpartisipasi. Hal ini tentu menjadi hal positif bagi keberadaan musik reggae yang sudah mulai populer di Indonesia.

Perkembangan Komunitas Musik Reggae Indonesia

Sejarah Musik Reggae di Indonesia


Musik ska dan reggae mulai populer di era 70an, dan sangat dikenal dengan ciri khas tempo dan irama yang lambat. Kesuksesan Bob Marley membuat musik reggae yang awalnya dari Jamaika bisa menyebar hingga ke seluruh dunia. Namun baru pada pertengahan era 80an, musik reggae mulai masuk dan melanda di industri musik Indonesia.

Di tahun 1986 tepatnya, musik reggae mulai ada di Indonesia yang ditandai dengan munculnya band Black Company. Band ini disebut-sebut sebagai musisi reggae pertama di Indonesia. Selang beberapa tahun mulai muncul penyanyi dan band reggae lain, seperti Asian Force, Abresso dan Jamming yang kian menyemarakkan musik reggae tanah air.

Meski begitu, musik reggae tidak langsung diterima oleh para pecinta musik tanah air. Ada anggapan yang menilai jika musik reggae identik dengan hal-hal negatif, seperti narkoba dan hal hal negatif lainnya. Selain itu, penampilan reggae yang identik dengan rambut gimbal terkesan urak-urakan sehingga banyak kalangan menilai reggae adalah genre musik yang negatif. Namun demikian, hal ini tidak menyurutkan keberadaan musisi musisi reggae di Indonesia.

Di era 2000an, musik reggae mulai berkembang pesat. Hal ini dipicu oleh munculnya penyanyi dan grup band reggae yang bisa dikategorikan sebagai yang terbaik di Indonesia. Mereka turut berperan mengembangkan musik reggae di Indonesia. Beberapa penyanyi reggae Indonesia yang terkenal, sebut saja Steven & Coconut Treez, Tony Q, New Rastafara, Souljah, Ras Muhammad atau Shaggy Dog. Gambar bendera merah kuning hijau sebagai simbol musik reggae mulai muncul dimana-mana.

Contoh Nama Penyanyi dan Band Reggae Indonesia Terpopuler

  • Steven & Coconut Treez
  • Tony Q Rastafara
  • Ras Muhamad
  • Shaggydog
  • Souljah
  • Mbah Surip
  • Cozy Republic
  • Gangstarasta
  • Boys n' the Roots
  • New Rastafara
  • Imanez
  • Tipe-X
  • Asian Roots

Keberadaan musisi-musisi reggae tersebut membuat genre musik ini mulai digemari, terutama oleh para remaja. Lirik-lirik lagu yang kebanyakan bertema kebebasan dan pesta sangat cocok didengarkan oleh para remaja. Tak heran jika kemudian musik reggae mulai populer. Komunitas reggae pun mulai banyak dibentuk. Konser dan festival reggae pun juga banyak menjadi sasaran para sponsor karena mendatangkan banyak penonton. Kini musik reggae pun menjadi salah satu genre musik populer di Indonesia.

Meski begitu, musik reggae masih belum bisa menembus dunia pertelevisian. Pihak TV swasta masih jarang menyiarkan lagu-lagu reggae. Reggae masih dinilai kalah menjual dibandingkan musik pop dan rock. Hal ini juga dipicu jarangnya label label besar yang turut mengkomersialkan musik reggae. Reggae tetap memiliki penggemar fanatiknya dan banyak lagu reggae Indonesia yang digemari dan diputar di berbagai event. Hal ini terbukti dari banyaknya komunitas musik reggae di tiap tiap kota di Indonesia.

1 Komentar untuk "Sejarah Musik Reggae Indonesia Beserta Asal dan Perkembangannya"

  1. Anonim9/8/23

    Musisi reggae pertama di Indonesia itu Tonny Koeswoyo, lewat lagunya Angin Senja Koes Plus di tahun 1984

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel