Profil dan Biografi Rhoma Irama Terbaru

Rhoma Irama merupakan musisi dangdut terkenal asal Indonesia. Ia lahir dengan nama asli Raden Irama di kota Tasikmalaya pada tanggal 11 Desember 1946. Rhoma mengusung genre dangdut sebagai jenis musik yang dimainkan. Sebagai musisi dangdut, musikalitasnya sudah tidak diragukan lagi. Ia merupakan salah satu penyanyi dangdut paling populer. Bahkan Rhoma Irama dijuluki sebagai Raja Dangdut. Ia juga dikenal bersama grup musiknya, yaitu Soneta Group. Selain sebagai musisi, Rhoma Irama juga merupakan seorang aktor, dan beberapa kali berperan dalam film. Berikut akan kami tampilkan profil dan biografi Rhoma Irama, serta diskografi musik dan film yang ia bintangi.

Biodata Rhoma Irama


Nama lengkap : Raden Haji Oma Irama
Tempat lahir : Tasikmalaya, Indonesia
Tanggal lahir : 11 Desember 1946
Genre : Dangdut
Pekerjaan : Penyanyi, dangdut
Instrumen : Vokal, gitar
Grup musik : Soneta Group

Foto Rhoma Irama


Profil dan Biografi Rhoma Irama Lengkap

Biografi Rhoma Irama


Rhoma Irama mulai aktif dalam dunia musik sejak usia muda di tahun 1963. Ia beberapa kali masuk dalam grup musik, namun baru pada tahun 70-an, Rhoma Irama memiliki grup musik sendiri bernama Soneta. Bersama Soneta Group, Rhoma Irama mulai meraih popularitas di era 70an. Ia juga mulai memiliki banyak fans, yang tersebar di seluruh Indonesia. Rhoma Irama juga kerap mengadakan konser. Tak hanya konser dalam negeri saja, ia beberapa kali menggelar konser di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura atau Brunei Darussalam.

Sebagai musisi, Rhoma Irama dikenal sebagai pioneer musik dangdut. Meski begitu, ia juga kerap memadukan unsur musik lain dalam musikalitasnya. Musik melayu mungkin yang paling menonjol. Selain itu juga terdapat unsur musik rock, orkestra, pop hingga musik India di lagu-lagu yang ia nyanyikan.

Salah satu hal yang membuat Rhoma Irama begitu digemari adalah lirik lagu. Di tiap tiap lagu terbaik Rhoma Irama, selalu terdapat syair dan lirik yang bermakna. Terkadang lirik lagu Rhoma Irama menyinggung masalah sosial, politik hingga hal-hal yang religi. Sebagai seorang muslim yang religius, banyak lagu-lagunya yang bertema agama, mulai dari ajakan berbuat baik hingga larangan berbuat maksiat.

Dalam industri film, Rhoma Irama juga turut aktif. Ia banyak membintangi film terutama di era 70an dan 80an. Beberapa film terpopulernya adalah Darah Muda (1977), Camelia (1979), Satria Bergitar (1984) dan Bunga Desa (1988). Total ia membintangi lebih dari 20 film, termasuk film terakhir yang ia bintangi di tahun 2011, Sajadah Ka'bah.

Sebagai seorang publik figure, Rhoma Irama juga turut dalam dunia politik. Ia beberapa kali bergabung dalam partai politik di masa orde baru. Di era 2000-an, Rhoma beberapa kali terlibat dalam masa kampanye. Bahkan ia sempat diisukan akan maju sebagai calon presiden Indonesia di tahun 2014.

Hingga kini, nama Rhoma Irama masih menjadi salah satu figure paling terkenal dalam industri entertainment di Indonesia. Tak heran mengingat Rhoma Irama disebut-sebut sebagai musisi dangdut terbaik dan terpopuler di Indonesia. Sekian info biografi Rhoma Irama kali ini.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru