Profil dan Biografi Lengkap Penyanyi Sam Smith

Samuel Frederick Smith atau biasa dipanggil Sam Smith, merupakan seorang penyanyi terkenal asal Inggris. Ia lahir di London, Inggris pada tanggal 19 Mei 1992. Saat ini, Sam Smith merupakan salah satu penyanyi terpopuler, tidak hanya di Inggris, namun juga di dunia. Karirnya sebagai penyanyi mulai diperhitungkan sejak tahun 2012, meski ia sudah memulai karir sejak tahun 2007. Ia baru benar-benar menjadi salah satu penyanyi kelas dunia sejak tahun 2014, saat ia merilis album debut. Beberapa single nomor satu di tangga lagu kerap ia hasilkan, termasuk saat ia mengisi soundtrack film James Bond terbaru, Spectre. Berikut kami tampilkan profil dan biografi lengkapnya.

Biodata Sam Smith


Nama lengkap : Samuel Frederick Smith
Tempat lahir : London, Inggris
Tanggal lahir : 19 Mei 1992
Genre : Pop, soul, R&B
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu
Instrumen : Vokal

Profil dan Biografi Lengkap Penyanyi Sam Smith

Biografi Sam Smith


Sam Smith memulai karir musik sejak tahun 2007 bersama grup musik teater. Baru di tahun 2012, ia mulai dikenal setelah berkolaborasi dengan band Disclosure dalam lagu berjudul Latch. Ia kemudian juga menjadi featuring artist dengan band Naughty Boy. Di tahun 2013, Sam Smith kemudian merilis EP (extended play) pertama berisikan empat buah lagu originalnya.

Tahun 2014 menjadi tahun breakthrough bagi Sam Smith. Ia merilis album debut berjudul In the Lonely Hour, yang bisa dibilang sukses besar. Album ini mampu memuncaki tangga lagu UK dan posisi kedua di chart Billboard 200. Pada tahun 2014, In the Lonely Hour juga menjadi album terlaris kedua di Amerika setelah album 1989 (Taylor Swift) dan kedua di Inggris setelah album x (Ed Sheeran). 

Beberapa lagu terbaik Sam Smith seperti Stay with Me, Money on My Mind, Like I Can dan I'm Not the Only One. Lagu Stay with Me bahkan sukses menggondol dua piala Grammy untuk dua kategori bergengsi, Song of the Year dan Record of the Year. Total ia meraih empat Grammy Awards, termasuk kategori Best New Artist. 

Di tahun 2015, Sam Smith kembali menunjukkan tajinya. Ia ditunjuk sebagai pengisi soundtrack film ke-24 James Bond, Spectre. Lagu Writing's on the Wall dirilis, dan menjadi lagu tema 007 pertama yang memuncaki UK chart. Pencapainnya tersebut membuatnya mendapat penghargaan Guinness World Record, sebagai musisi pertama yang memuncaki UK chart dengan lagu tema James Bond.

Sampai akhir tahun 2015 ini, Sam Smith memang baru merilis satu album saja. Namun pengaruhnya di industri musik sudah cukup besar untuk membuatnya menjadi salah satu penyanyi pria populer. Kita nantikan saja album dan lagu lagu baru yang akan ia rilis ke depannya. Sekian info biodata artis barat kali ini.

Belum ada Komentar untuk "Profil dan Biografi Lengkap Penyanyi Sam Smith"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel