Pengertian dan Sejarah Musik Latin Lengkap

Musik latin merupakan salah satu genre musik yang terkenal. Jenis musik ini digunakan untuk mendeskripsikan yang berasal dari daerah latin atau yang menggunakan bahasa Spanyol dan Portugal. Perkembangan aliran musik latin ini memang sudah ada sejak dulu dan kini menjadi kian populer. Musik latin juga sukses menembus pasar Amerika Serikat dan pasar global. Terdapat banyak jenis musik ini seperti latin pop, latin dance dan lain-lain. Banyak lagu latin terpopuler yang populer seperti Asereje atau Despacito. Berikut merupakan info pengertian dan sejarah musik latin hingga sekarang selengkapnya.

Pengertian Musik Latin


Secara klasifikasi, banyak yang menyebut musik latin menjadi salah satu genre musik. Dalam perkembangannya, musik latin bisa memiliki banyak definisi. Namun yang umum ada beberapa syarat suatu lagu dikategorikan latin. Musik latin digunakan untuk menyebut karya musik dari penyanyi/band/musisi yang berasal dari negara latin yang berbahasa Spanyol atau Portugal.

Selain negara Spanyol dan negara Portugal, negara lain yang menggunakan dua bahasa tersebut ada di kawasan Amerika Selatan atau Amerika latin, misalnya negara Brasil, Meksiko atau Kolombia. Selain itu lagu yang mengandung lirik berbahasa Spanyol dan Portugal yang dominan juga dikategorikan sebagai musik latin, tak peduli dari negara mana musisi yang menyanyikannya berasal. Contoh musisi latin antara lain Enrique Iglesias, Shakira, Sergio Mendes atau Ricky Martin.

(baca juga lagu terbaik Shakira)

Pengertian dan Sejarah Musik Latin

Sejarah Musik Latin


Sejarah awal dari musik latin terjadi di era 1940an. Musik latin sendiri awalnya berasal dari negara Amerika Serikat. Saat itu, industri musik Amerika mulai banyak menghadirkan pengaruh dari ras hispanic dan latin yang menetap di Amerika. Sejumlah pelopor musisi latin di Amerika Serikat saat itu adalah Xavier Cugat dan Tito Puente. Keduanya mampu mempopulerkan musik latin di tahun 40an dan 50an.

Sejak dikenalkannya musik latin, kian banyak musisi dan lagu lagu latin yang beredar. Musik latin kemudian menjadi tren internasional yang masih berkorelasi dengan musik bossa nova Brasil atau musik salsa. Musisi latin terkenal seperti Antonio Carlos Jobim, Carlos Santana atau Julio Iglesias kian menegaskan eksistensi musik latin di dunia.

Kini musik latin pun sudah sangat populer. Sejumlah lagu latin juga sempat menjadi sensasi internasional, seperti lagu Livin' La Vida Loca (Ricky Martin), Asereje (Las Ketchup) atau Despacito (Luis Fonsi). Musisi latin seperti Shakira, Enrique Iglesias, Daddy Yankee atau Don Omar juga menjadi populer di industri musik modern.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru