Pengertian Musik Jazz dan Ciri-Ciri Musik Jazz Lengkap

Pengertian musik jazz adalah salah satu genre musik yang terkenal dan populer di dunia. Musik jazz menjadi digemari dan kini dimainkan di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tentu genre jazz memiliki sejarah perkembangan yang panjang dari awal hingga kini jadi populer. Selain itu juga banyak macam macam aliran jazz lain. Berikut ini kami akan membahas mengenai pengertian musik jazz serta ciri-ciri dari musik jazz yang tidak dimiliki oleh jenis genre musik lain selengkapnya.

Pengertian Musik Jazz


Jazz adalah genre musik yang pertama dikembangkan di akhir abad 19 dan awal abad 20. Genre musik ini berasal dari kawasan New Orleans, Amerika Serikat yang berasal dari kalangan warga Afrika-Amerika. Jazz dikembangkan dari genre musik blues dan ragtime. Mulai tahun 1920-an, jazz sudah diakui sebagai salah satu genre musik yang dikenal luas. Dalam sejarahnya, jazz sendiri memiliki pengertian yang luas dan memiliki beberapa definisi yang khusus.

(baca juga sejarah musik jazz)

Pengertian Musik Jazz dan Ciri-Ciri Musik Jazz Lengkap

Berdasarkan Joachim-Ernst Berendt, istilah pengertian musik jazz yaitu bentuk seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui pertemua orang ras kulit hitam dengan musik khas Eropa. Sementara menurut Travis Jackson, jazz diartikan lebih luas yaitu musik yang mencakup kualitas seperti swing, improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan suara individu dan menjadi terbuka untuk menghasilkan musik yang berbeda.

Penyebaran jazz menjadi kian meluas hingga menghasilkan jazz dengan musik budaya yang berbeda di tiap negara. Musik jazz di tiap negara memang dipengaruhi oleh budaya lokal masing-masing hingga menghasilkan gaya dan musikalitas yang berbeda di tiap lokasi di seluruh dunia. Beberapa daerah dengan gaya jazz yang paling populer di antaranya adalah New Orleans jazz, Kansas City jazz hingga Latin jazz. 

Dalam sejarah musik jazz, era 50an hingga 80an menjadi era keemasan musik jazz. Banyak lagu jazz barat terbaik yang berasal dari periode tersebut. Contoh musisi jazz barat yang terkenal dan berpengaruh di dunia di antaranya adalah Miles Davis, Louis Armstrong, Charlie Parker hingga Duke Ellington. Sementara di Indonesia, penyanyi jazz Indonesia terbaik misalnya yaitu Ireng Maulana, Benny Likumahua, Syaharani, Tompi dan Indra Lesmana.

Ciri-Ciri Musik Jazz


Sebagai salah satu genre musik, tentu musik jazz memiliki ciri-ciri khusus tersendiri. Umumnya, musik jazz menggunakan instrumen alat musik jazz khusus yang lazim digunakan, misalnya yaitu trumpet, piano, bass, gitar, drum, biola dan saksofon. Di awal perkembanan jazz, instrumen gitar hanya digunakan sebagai musik pengiring. Seiring dengan berjalannya waktu, kian banyak lagu lagu jazz yang menggunakan melodi.

Jazz juga kerap mengharuskan musisinya untuk berimprovisasi. Bahkan musisi jazz ahli jarang memainkan lagu yang sama dua kali, karena kreativitas tinggi yang mereka miliki memungkinkan ia menghasilkan komposisi musik jazz yang berbeda tiap saat. Jazz memang bisa dimainkan solo, duet atau bahkan dalam skala besar atau big band.

Dalam jazz juga banyak teknik musik yang kerap digunakan, misalnya teknik sinkopasi dengan instrumen piano untuk menunda ketukan nada dan tempo atau pun teknik blue note yang lazim digunakan dalam aliran musik blues. Hal-hal itulah yang menjadi ciri ciri musik jazz yang paling menonjol dan paling dikenal.

Dalam perkembangannya, kemudian banyak bermunculan aliran dan jenis jenis musik jazz. Beberapa macam subgenre jazz yang paling populer misalnya yaitu soul jazz, classical jazz, afro-cuban jazz dan bebop. Contoh musik jazz lain adalah groove, swing, free jazz, Chicago style, gypsy jazz, jazz mainstream, fusion jazz dan lain-lain.

Kini jazz sudah berkembang luas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak juga lagu jazz Indonesia yang bagus dan terkenal yang jadi favorit penggemar musik. Beberapa komunitas jazz juga kian menjamur dan tumbuh berkembang di beberapa kota besar. Tentu hal ini menjadi sinyal positif bagi perkembangan musik jazz.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru