Daftar 10 Band Rock Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Musik rock adalah salah satu genre musik populer. Banyak band rock barat dari tahun ke tahun yang menghasilkan daftar lagu rock terbaik. Kumpulan lagu rock terbaru pun dirilis tiap tahunnya. Sepanjang sejarahnya, banyak grup band rock barat terkenal yang memberi pengaruh pada industri musik rock. Lantas siapa yang layak masuk dalam daftar 10 band rock terbaik dunia sepanjang masa?

Rock menjadi kian berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan musik rock barat pun bisa dilihat dari banyaknya lagu rock terbaru yang dirilis, baik itu lagu hard rock atau pun lagu slow rock barat. Beberapa grup band rock barat memang dikenal lewat album dan lagu lagu rock terpopuler yang sukses menjadi lagu hits barat.

Perkembangan musik rock barat sudah ada sejak tahun 50an dan 60an, dimana band rock barat terpopuler di era itu antara lain adalah The Beatles, The Rolling Stones, The Doors dan The Who. Kemudian di tahun 70an, muncul grup band berpengaruh lain seperti Led Zeppelin, Pink Floyd dan Queen. Penyanyi rock klasik di era tersebut seperti Elvis Presley dan David Bowie juga banyak menghasilkan lagu rock terbaik di dunia yang bagus dan populer.

Tahun 80an terdapat nama band rock barat terbaik seperti Guns N' Roses, Bon Jovi dan U2. Era 90an kemudian menjadi tahun kebangkitan musik rock barat. Adanya band 90an barat beraliran rock seperti Nirvana, Radiohead, Green Day hingga Oasis dan Blur membuat musik rock kian terkenal. Mereka juga banyak menghasilkan lagu rock 90an terbaik yang jadi lagu hits internasional.

Di era modern, banyak juga band rock barat yang populer, sebut saja seperti Coldplay, Linkin Park, Muse, Maroon 5 dan My Chemical Romance. Ada juga band indie rock terbaik seperti Arctic Monkeys, The Strokes atau The White Stripes. Banyak lagu rock terbaru yang dihasilkan yang tak kalah dari lagu lagu rock terpopuler sebelumnya.

Kali ini kami akan pilih daftar band rock terbaik sepanjang masa. Band barat terbaik yang dipilih hanya beraliran rock, tidak termasuk aliran musik metal atau punk. Beberapa aliran macam jenis rock antara lain adalah alternative rock, rock n roll, hard rock, punk rock, indie rock, progressive rock, grunge rock dan lain-lain. Berikut merupakan 10 band rock barat terbaik di dunia sepanjang masa update terbaru lengkap.

Daftar 10 Band Rock Terbaik Sepanjang Masa


1. The Beatles

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1960-1970
Asal : Liverpool, Inggris
Genre : Rock, pop
Personil : John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Ringo Starr
Lagu terbaik : Yesterday, Hey Jude, I Need You, A Day in the Life

Tak ada band lain yang layak mendapat predikat sebagai band rock terbaik di dunia selain The Beatles. Ya, The Beatles memang dikenal sebagai band rock terbaik sepanjang masa. Band ini aktif di tahun 60an dan beranggotakan 4 personil, John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr. Berbagai lagu The Beatles terbaik banyak masuk dalam daftar lagu rock terbaik sepanjang masa. Mereka memberi pengaruh besar bagi industri musik rock dan pop culture dunia di abad 20.

2. Led Zeppelin

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1968-1980
Asal : London, Inggris
Genre : Rock, blues rock, heavy metal
Personil : Robert Plant, Jimmy Page, John Bonham, John Paul Jones
Lagu terbaik : Stairway to Heaven, Black Dog, Rock and Roll, Immigrant Song

Led Zeppelin mungkin bisa dibilang sebagai band paling berpengaruh sepanjang masa. Band ini dikenal memainkan lagu lagu beraliran rock, blues rock, folk rock, hard rock dan heavy metal. Led Zeppelin juga dikenal sebagai salah satu band pelopor musik heavy metal. Lagu Stairway to Heaven yang dinyanyikan Led Zeppelin sering disebut sebagai lagu rock terbaik sepanjang masa.

3. The Rolling Stones

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1962-sekarang
Asal : London, Inggris
Genre : Rock
Personil : Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts, Ronnie Wood, Brian Jones, Bill Wyman
Lagu terbaik : Paint It Black, Sympathy for the Devil, Jumpin' Jack Flash, Gimme Shelter

The Rolling Stones mungkin jadi band barat terpopuler yang paling konsisten. Mereka mampu aktif selama lebih dari 5 dekade. The Rolling Stones dikenal sebagai band pencetak lagu lagu rock terpopuler yang jadi hits, misalnya Paint It Black atau Gimme Shelter. The Rolling Stones juga dikenal sebagai band yang aktif melakukan konser dan tur dunia.

4. AC/DC

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1973-sekarang
Asal : Sydney, Australia
Genre : Hard rock, rock and roll
Personil : Angus Young, Chris Slade, Malcom Young, Cliff Williams, Phil Rudd, Brian Johnson
Lagu terbaik : Highway to Hell, Back in Black, Thunderstruck, Shoot to Thrill

Band asal Australia ini dikenal sebagai salah satu band rock 70an dan 80an terbaik yang masih konsisten hingga sekarang. AC/DC menghasilkan lagu rock hits seperti Back in Black dan Highway to Hell. Pergantian beberapa personil sempat melanda AC/DC, namun band ini tetap konsisten sebagai band rock legendaris barat yang terkenal.

5. Queen

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1970-sekarang
Asal : London, Inggris
Genre : Rock
Personil : Freddie Mercury, Brian May, Roger Taylor, John Deacon
Lagu terbaik : Bohemian Rhapsody, We Are the Champions, We Will Rock You, Play the Game

Siapa yang tidak kenal band rock Queen? Band ini dikenal lewat lagu rock terpopuler seperti We Will Rock You atau We Are the Champions yang sangat populer di seluruh dunia. Beberapa lagu Queen terbaik memang banyak yang jadi lagu hits dunia. Kematian vokalis Queen, Freddie Mercury tak membuat band ini bubar. Queen tetap aktif hingga sekarang meski sudah tidak merilis lagu baru lagi.

6. Pink Floyd

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1965-1995, 2012-sekarang
Asal : London, Inggris
Genre : Progressive rock, psychedelic rock
Personil : Nick Mason, Roger Waters, Richard Wright, Syd Barrett, David Gilmour
Lagu terbaik : Wish You Were Here, Comfortably Numb, Time, Money

Band rock terbaik Inggris lain yaitu Pink Floyd yang dikenal sebagai salah satu band 70an terbaik. Pink Floyd dikenal lewat lagu lagu progressive rock, lirik lagu filosofis dan penampilan live show yang megah. Sejumlah lagu rock barat terkenal sering mereka hasilkan. Pink Floyd juga jadi salah satu band paling berpengaruh sepanjang masa.

7. Nirvana

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1987-1994
Asal : Aberdeen, Washington, Amerika Serikat
Genre : Grunge, alternative rock
Personil : Kurt Cobain, Krist Novoselic, Dave Grohl
Lagu terbaik : Smells Like Teen Spirit, In Bloom, Come As You Are, Heart-Shaped Box

Popularitas Nirvana terjadi di awal 90an dimana band ini mempopulerkan musik grunge. Salah satu lagu Nirvana terbaik yaitu Smells Like Teen Spirit sukses menjadi hits global yang membuat band ini dikenal di seluruh dunia. Karir Nirvana hanya berlangsung singkat setelah kematian vokalis Kurt Cobain membuat band ini bubar di tahun 1994. Meski begitu band ini tetap memberi pengaruh besar pada musik grunge dan musik rock modern.

8. Bon Jovi

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1983-sekarang
Asal : Sayreville, New Jersey, Amerika Serikat
Genre : Hard rock, pop rock, glam metal
Personil : Jon Bon Jovi, David Bryan, Richie Sambora, Tico Torres, Hugh McDonald
Lagu terbaik : Always, Livin' on a Prayer, You Give Love a Bad Name, It's My Life

Bon Jovi juga layak menjadi salah satu band rock terpopuler sepanjang masa. Band asal New Jersey, Amerika Serikat mengambil nama mereka dari sang vokalis, Jon Bon Jovi. Bon Jovi termasuk band rock 80an terbaik yang tetap konsisten hingga sekarang. Beberapa lagu Bon Jovi terbaik yang dihasilkan Bon Jovi antara lain adalah Always, It's My Life dan Livin' on a Prayer.

9. U2

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1976-sekarang
Asal : Dublin, Irlandia
Genre : Rock, alternative rock
Personil : Bono, The Edge, Adam Clayton, Larry Mullen Jr.
Lagu terbaik : One, Vertigo, Walk On, Beautiful Day

Band U2 merupakan band asal Irlandia yang aktif sejak tahun 1976 sampai sekarang. Band ini dikenal menghasilkan kumpulan lagu rock barat terbaik seperti One, Vertigo dan Beautiful Day. U2 konsisten merilis album baru sampai sekarang. Band yang digawangi vokalis Bono ini menjadi salah satu grup band terpopuler di dunia sepanjang sejarah.

10. Radiohead

Band Rock Terbaik

Tahun aktif : 1985-sekarang
Asal : Oxfordshire, Inggris
Genre : Rock, alternative rock, electronica
Personil : Thom Yorke, Jonny Greenwood, Collin Greenwood, Ed O'Brien, Philip Selway
Lagu terbaik : Karma Police, Creep, No Surprises, Fake Plastic Trees

Radiohead adalah band Inggris yang memiliki inovasi dalam bermusik dengan genre alternative rock, electronica hingga experimental rock. Lagu terbaik Radiohead di antaranya adalah Creep, Karma Police, Paranoid Android dan Lotus Flower. Radiohead termasuk band terbaik dunia di era modern. Mereka pun dianggap sebagai salah satu band terbaik sepanjang masa berdasarkan kualitas musik dan lagu lagu rock yang dihasilkan.

Band Rock Barat Terbaik Dunia Lainnya


11. The Doors


Tahun aktif : 1965-1973
Asal : Los Angeles, California, Amerika Serikat
Genre : Blues rock, psychedelic rock
Personil : Jim Morrison, Ray Manzarek, John Densmore, Robby Krieger
Lagu terbaik : Light My Fire, L.A. Woman, Touch Me, Hello I Love You

12. Aerosmith


Tahun aktif : 1970-sekarang
Asal : Boston, Massachusetts, Amerika Serikat
Genre : Hard rock, rock and roll, blues rock
Personil : Steven Tyler, Joe Perry, Brad Whitford, Tom Hamilton, Joey Kramer
Lagu terbaik : I Don't Wanna Miss a Thing, Sweet Emotion, Angel, Dream On

13. Guns N' Roses


Tahun aktif : 1985-sekarang
Asal : Los Angeles, California, Amerika Serikat
Genre : Hard rock, heavy metal
Personil : Axl Rose, Slash, Duff McKagan, Dizzy Reed, Izzy Stradlin
Lagu terbaik : Sweet Child O'Mine, November Rain, Welcome to the Jungle, Don't Cry

14. The Who


Tahun aktif : 1964-1983, 1996-sekarang
Asal : London, Inggris
Genre : Rock, hard rock
Personil : Roger Daltrey, Pete Townshend, John Entwistle, Keith Moon
Lagu terbaik : My Generation, Baba O'Riley, I Can See for Miles, Won't Get Fooled Again

15. The Velvet Underground


Tahun aktif : 1964-1973
Asal : New York City, New York, Amerika Serikat
Genre : Rock, experimental rock
Personil : Lou Reed, John Cale, Sterling Morrison, Moe Tucker
Lagu terbaik : I'm Waiting for the Man, All Tomorrow's Parties, Sunday Morning, Rock & Roll

16. Red Hot Chili Peppers


Tahun aktif : 1983-sekarang
Asal : Los Angeles, California, Amerika Serikat
Genre : Funk rock, alternative rock, rap rock
Personil : Anthony Kiedis, Flea, Chad Smith, Josh Klinghoffer
Lagu terbaik : Californication, Otherside, By the Way, Scar Tissue

17. Deep Purple


Tahun aktif : 1968-1976, 1984-sekarang
Asal : Hertfordshire, Inggris
Genre : Hard rock, heavy metal
Personil : Ian Gillian, Jon Lord, Roger Glover, Ian Paice, Ritchie Blackmore
Lagu terbaik : Smoke on the Water, Burn, Highway Star, Black Night

18. Van Halen


Tahun aktif : 1972-sekarang
Asal : Pasadena, California, Amerika Serikat
Genre : Hard rock, heavy metal
Personil : Eddie Van Halen, Alex Van Halen, David Lee Roth, Michael Anthony
Lagu terbaik : Jump, Top of the World, Panama, Can't Stop Loving You

19. Green Day


Tahun aktif : 1988-sekarang
Asal : Los Angeles, California, Amerika Serikat
Genre : Punk rock, alternative rock, pop punk
Personil : Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, Tre Cool
Lagu terbaik : American Idiot, Basket Case, Boulevard of Broken Dreams, 21 Guns

20. The Smiths


Tahun aktif : 1982-1987
Asal : Manchester, Inggris
Genre : Alternative rock, indie rock, britpop
Personil : Morrissey, Johnny Marr, Mike Joyce, Andy Rourke, Craig Gannon
Lagu terbaik : This Charming Man, What Difference Does It Make, Panic, How Soon Is Now

21. Oasis


Tahun aktif : 1991-2009
Asal : Manchester, Inggris
Genre : Rock, britpop
Personil : Liam Gallagher, Noel Gallagher, Paul Arthurs, Tony McCarroll, Paul McGuigan
Lagu terbaik : Wonderwall, Live Forever, Stop Crying Your Heart Out, Don't Look Back in Anger

22. Blur


Tahun aktif : 1988-2003, 2008-sekarang
Asal : London, Inggris
Genre : Alternative rock, britpop
Personil : Damon Albarn, Graham Coxon, Alex James, Dave Rowntree
Lagu terbaik : Song 2, Coffee and TV, Country House, Girls and Boys

23. Creedence Clearwater Revival


Tahun aktif : 1967-1972
Asal : El Cernito, California, Amerika Serikat
Genre : Country rock, southern rock
Personil : John Fogerty, Tom Fogerty, Stu Cook, Doug Clifford
Lagu terbaik : Fortunate Son, Who'll Stop the Rain, Have You Ever Seen the Rain, Green River

24. Coldplay


Tahun aktif : 1996-sekarang
Asal : London, Inggris
Genre : Alternative rock, pop rock
Personil : Chris Martin, Guy Berryman, Will Champion, John Buckland
Lagu terbaik : Clocks, Fix You, In My Place, Yellow

25. Linkin Park


Tahun aktif : 1996-sekarang
Asal : Agoura Hills, California, Amerika Serikat
Genre : Alternative rock, nu metal, rap rock
Personil : Chester Bennington, Mike Shinoda, Dave Farrell, Joe Hahn, Brad Delson, Rob Bourdon
Lagu terbaik : Numb, In the End, Breaking the Habit, What I've Done

26. Muse


Tahun aktif : 1994-sekarang
Asal : Devon, Inggris
Genre : Alternative rock
Personil : Matt Bellamy, Chris Wolstenholme, Dominic Howard
Lagu terbaik : Hysteria, Starlight, Supermassive Black Hole, Uprising

27. The Jimi Hendrix Experienced


Tahun aktif : 1966-1970
Asal : London, Inggris
Genre : Blues rock, psychedelic rock, hard rock
Personil : Jimi Hendrix, Noel Redding, Mitch Mitchell, Billy Cox
Lagu terbaik : Purple Haze, Foxy Lady, All Along the Watchtower, Voodoo Child

28. Arctic Monkeys


Tahun aktif : 2002-sekarang
Asal : Sheffield, Inggris
Genre : Indie rock, alternative rock, psychedelic rock
Personil : Alex Turner, Matt Helders, Jamie Cook, Nick O'Mailey
Lagu terbaik : Do I Wanna Know, A Certain Romance, Mardy Bum, Cornerstone

29. Fleetwood Mac


Tahun aktif : 1967-sekarang
Asal : London, Inggris
Genre : Pop rock, soft rock, blues rock
Personil : Mick Fleetwood, John McVie, Lindsey Buckingham, Stevie Nicks, Christine McVie
Lagu terbaik : Go Your Own Way, Dreams, Landslide, The Chain

30. The Strokes


Tahun aktif : 1998-sekarang
Asal : New York City, New York, Amerika Serikat
Genre : Garage rock, alternative rock, indie rock
Personil : Julian Casablancas, Nick Valensi, Albert Hammond Jr, Nikolai Fraiture
Lagu terbaik : Last Nite, 12:51, Hard to Explain, Reptilia

Band yang tidak masuk kategori rock


Band yang masuk di atas hanya band yang beraliran rock, tidak termasuk band metal atau band punk. Silahkan baca daftar band metal terbaik dan juga daftar band punk terbaik untuk melihat daftar band terbaik pada genre metal dan punk. Berikut beberapa band non-rock terbaik (pop, metal, punk, reggae, blues, dll) yang tidak masuk dalam list band rock terbaik di atas.

  • Black Sabbath (heavy metal)
  • Ramones (punk rock)
  • Metallica (heavy metal, thrash metal)
  • The Clash (punk rock, post punk)
  • ABBA (pop, disco)
  • The Sex Pistols (punk rock)
  • Bob Marley and the Wailers (reggae, ska)
  • The Police (new wave, jazz, reggae)
  • Joy Division (post-punk)
  • Blondie (new wave, pop)
  • The Beach Boys (pop, surf, psychedelic pop)

Nah, itulah info daftar band terbaik dunia sepanjang masa yang beraliran rock update terbaru lengkap. Band yang masuk harus mengusung genre rock, baik itu rock and roll, hard rock, alternative rock atau blues rock, namun tidak termasuk heavy metal atau punk. Informasi genre musik band yang ada diperoleh dari berbagai sumber dan referensi. Punya pendapat lain terkait band rock terbaik dunia lainnya? Silahkan tulis di kolom komentar.

3 Komentar untuk "Daftar 10 Band Rock Terbaik Dunia Sepanjang Masa"

  1. Anonim25/10/17

    harusnya linkin park masuk 10 besar! RIP chester bennington

    BalasHapus
  2. Anonim25/10/17

    The Beatles memang band legendaris!

    BalasHapus
  3. vina art23/3/18

    good list, paling suka led zeppelin & nirvana

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel