Pengertian Musik Reggae dan Ciri-Ciri Musik Reggae Lengkap

Pengertian musik reggae - Apa itu musik reggae? Apa definisi dan pengertian musik reggae? Reggae adalah salah satu jenis musik terkenal. Sejak dipopulerkan oleh Bob Marley dari Jamaika di tahun 70an, musik reggae kemudian menjadi populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak lagu lagu reggae terbaru, baik lagu reggae barat atau lagu reggae Indonesia. Tapi apa saja ciri-ciri musik reggae? Apa contoh musik reggae dan siapa saja tokoh musik reggae dalam sejarah musik reggae sampai sekarang?

Pengertian Musik Reggae


Apa pengertian musik reggae? Pengertian musik reggae adalah suatu aliran musik yang pertama kali berasal dari Jamaika di akhir tahun 60an. Kini reggae pun disebut sebagai musik populer Jamaika. Istilah reggae pun sudah ada sejak tahun 60an dan mengalami perkembangan pesat di tahun 70an. Lagu dari Toots and the Maytals berjudul Do the Reggay yang dirilis di tahun 1968 dianggap sebagai lagu reggae pertama yang mempopulerkan istilah penggunaan kata reggae yang kemudian menjadi nama genre musik ini.

Meski sering digunakan untuk menyebut musik daerah Jamaika, kata reggae bisa lebih dispesifikan untuk musik ska dan rocksteady. Reggae juga sangat terpengaruh pada aliran musik tradisional mento, musik jazz Amerika serta musik R&B dari daerah New Orleans. Reggae pun identik dengan aliran musik ska dan rocksteady yang lebih dulu ada.

Pengertian Musik Reggae

Ciri-Ciri Musik Reggae


Terdapat beberapa karakteristik dan ciri-ciri musik reggae yang khas yang hanya dimiliki oleh musik reggae. Ciri dan unsur-unsur musik reggae inilah yang membedakan musik reggae dengan genre musik lain, termasuk aliran musik sejenis seperti ska atau rocksteady. Berikut merupakan unsur dan ciri-ciri musik reggae yang ditinjau dari berbagai aspek termasuk aspek musikalitas, alat musik, lirik lagu serta karakteristik lain selengkapnya.

  • Elemen-elemen musik reggae terpengaruh dari aliran musik R&B New Orleans, jazz Amerika, musik Afrika serta musik tradisional folk dan mento.
  • Tempo musik reggae biasanya lebih lambat dibandingkan musik ska, namun lebih cepat dibandingkan musik rocksteady.
  • Mengenal unsur dan konsep call and response pada kebanyakan musik reggae.
  • Ketkan ritme musik reggae berupa akord yang dimainkan dengan menggunakan alat musik gitar dan piano atau keduanya.
  • Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut juga skank.
  • Biasanya di dalam aliran reggae, terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar.
  • Pada aliran reggae, gitar rhytim lebih dominan memberi penekanan pada ketukan ketiga, atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan.
  • Memiliki ketukan drum dalam 3 kategori yaitu one drop, rockers dan steppers.
  • Memiliki rhytim bass yang hampir identik antar lagu reggae
  • Reggae dikenal dengan tempo serta permainan bassnya yang lebih kompleks.
  • Lirik lagu musik reggae biasanya mengambil tema kebebasan (freedom), cinta, sosial, politik, ganja dan keadilan.
  • Musik reggae terkenal dengan warna hijau, kuning dan merah.
  • Penampilan musiis dan penyanyi reggae identik dengan rambut gimbal dan topi khas reggae.

Sejarah Musik Reggae


Musik reggae diperkirakan mulai populer di tahun 1960an, tepatnya pada tahun 1968. Saat itu, sedang trend lagu lagu dengan tempo lebih lambat jika dibanding dengan musik ska dan rocksteady di negara Jamaika. Musik dengan irama lambat tersebut kemudian dinamakan dengan musik reggae. Negara Jamaika pun diakui sebagai negara asal lahir dan berkembangnya genre musik reggae yang dikenal seperti sekarang.

Tahun 70an, Bob Marley and the Wailers pun menghentak industri musik dengan lagu lagu reggae yang ia nyanyikan. Album Catch a Fire atau Exodus pun melambungkan musik reggae ke seluruh dunia dan membuat musik reggae makin dikenal. Beberapa lagu reggae terbaik Bob Marley yang populer antara lain seperti No Woman No Cry, Redemption Song, Three Little Birds atau Buffalo Soldier membuat musik reggae makin diapreasiasi.

Setelah kesuksesan Bob Marley, kemudian banyak bermunculan grup, band, musisi dan penyanyi reggae yang populer di Amerika. Perkembangan reggae pun makin pesat dan sudah menjadi salah satu genre musik populer di Amerika dan juga di penjuru dunia lain, termasuk di Indonesia. Beberapa nama musisi yang terkenal dalam dunia musik reggae di Indonesia antara lain adalah Tony Q Rastafara, Gangstarasta, Steven & Coconut Treez, Souljah, Ras Muhammad dan Cozy Republic.

Tokoh Musik Reggae


Terdapat banyak tokoh musik reggae dunia yang terkenal sebagai pelopor dan mengembangkan musik reggae. Musisi Toots and the Maytals dianggap sebagai pencipta lagu reggae pertama. Sementara nama Bob Marley jelas menjadi penyanyi reggae terbaik dan terbesar di dunia. Ia menjadi legenda musik reggae yang banyak mempopulerkan lagu lagu reggae terbaik di dunia sepanjang masa. 

Bob Marley juga lah yang sukses mempopulerkan musik reggae hingga dikenal luas di seluruh dunia. Nama nama penyanyi reggae terbaik lainnya antara lain adalah Jimmy Cliff, Gregory Isaacs, Peter Tosh, Desmond Dekker dan Burning Spear. Mereka banyak menghasilkan deretan lagu reggae barat terbaik dan terpopuler di dunia.

Sementara di Indonesia, nama Tony Q Rastafara jadi yang terdepan. Ia dianggap sebagai penyanyi reggae terpopuler. Banyak lagu lagu reggae Indonesia terbaik yang ia hasilkan. Nama penyanyi reggae Indonesia terkenal lain adalah Ras Muhammad, Shaggy Dog hingga Mbah Surip. Sementara dari deretan grup band reggae Indonesia terkenal misalnya yaitu Steven and Coconut Treez, Souljah, Cozy Republic, Coconut Head dan Gangstarasta.


Nah itulah info tentang musik reggae mengenai pengertian musik reggae, ciri-ciri musik reggae, sejarah musik reggae hingga tokoh musik reggae dunia dan Indonesia. Musik reggae telah menyebar dan jadi salah satu aliran musik populer termasuk juga di Indonesia. Tiap tahun juga banyak terdapat lagu reggae terbaru yang bagus dan enak didengarkan.

1 komentar:

Artikel Musik Terbaru