Biografi Blur | Profil, Member, Daftar Album, Lagu Hits Band Blur

Biografi Blur - Blur adalah grup band rock asal Inggris yang membawakan lagu-lagu bergenre alternative rock dan britpop. Mereka dikenal sebagai salah satu band terpopuler di era 90an. Grup band Blur pertama kali dibentuk di kota London, Inggris pada tahun 1988. Personil Blur terdiri dari Damon Albarn (vokal dan keyboard), Graham Coxon (gitar), Alex James (bass) dan Dave Rowntree (drum). 

Blur mencapai popularitas tertinggi di periode 1990-an. Mereka merilis 6 album studio di era tersebut dan mencapai kesuksesan di seluruh dunia. Blur juga turut serta dalam mempopulerkan musik Britpop di industri musik. Mereka juga sempat terlibat rivalitas dengan band Inggris lain, Oasis. Rivalitas Blur dan Oasis dijuluki sebagai The Battle of Britpop. 

Blur juga disebut-sebut sebagai band terbaik dunia di era 90-an. Hingga kini, total Blur telah merilis 8 album studio, termasuk album The Magic Whip yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Adapun beberapa album terbaik Blur adalah Parklife (1994), Blur (1997), dan 13 (1999). Banyak lagu-lagu hits Blur yang populer yang terdapat dalam 3 album tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Blur beserta sejarah dan daftar album band hard rock populer ini lengkap.

Profil dan Biografi Lengkap Band Blur

Biografi Blur


Blur pertama kali merilis album debutnya pada tahun 1991 dengan judul Leisure, namun kurang begitu sukses di pasaran. Blur kemudian merubah gaya musik mereka dan lebih condong ke pop gitar khas band-band Inggris. Blur lalu merilis tiga album dalam tiga tahun secara berturut-turut, yakni Modern Life Is Rubbish (1993), Parklife (1994) dan The Great Escape (1995). 

Tiga album tersebut sangat sukses di pasaran dan membuat Blur meraih kesuksesan besar di Britania Raya. Beberapa single dan lagu terbaik Blur antara lain Girls and Boys, For Tomorrow, Blue Jeans, This Is a Low, dan Parklife. Band ini juga dianggap mampu mempopulerkan musik Britpop di era 90an sehingga jadi salah satu genre musik hits di amsanya.

Di tahun 1995, Blur sempat terlibat pertarungan tanggal lagu dengan band rival, Oasis. Hal ini bermula ketika Blur dan Oasis merilis single terbaru mereka di hari yang sama, yaitu Country House dari Blur dan Roll with It dari Oasis. Rivalitas keduanya disebut sebagai The Battle of Britpop. Pada akhir minggu, Country House mampu mengalahkan Roll with It dari segi penjualan, yaitu 274.000 kopi berbanding 216.000 kopi. Single Country House juga menjadi lagu nomer satu pertama Blur di tangga lagu UK.

(baca juga list lagu terbaik Oasis)

Album berikutnya, Blur (1997) banyak terpengaruh oleh musik rock indie khas band indie Amerika Serikat. Di album ini juga terdapat lagu Song 2, yang langsung menjadi hits dan membuat Blur meraih kesuksesan di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Mereka merilis album keenam mereka berjudul 13 yang banyak terpengaruh oleh musik elektronik dan gospel. Blur lalu merilis album ketujuh mereka, Think Thank. Album ini menjadi album terakhir Blur sebelum memutuskan untuk break.

Blur lalu bereuni kembali di tahun 2008. Mereka lalu menggelar beberapa konser dan merilis beberapa single baru. Blur juga sempat menggelar konser tour internasional. Band ini kemudian merilis album ke-8, yaitu The Magic Whip di tahun 2015 dengan sejumlah single dan lagu hits yang terkenal. 

Daftar Album Blur


  1. Leisure (1991)
  2. Modern Life Is Rubbish (1993)
  3. Parklife (1994)
  4. The Great Escape (1995)
  5. Blur (1997)
  6. 13 (1999)
  7. Think Thank (2003)
  8. The Magic Whip (20150

Band Blur pun dianggap sebagai salah satu band terpopuler di Inggris, terutama di era 90an. Mereka juga kerap disebut sebagai pioneer musik britpop, bersama dengan band lain seperti Oasis, Pulp atau Suede. Vokalis mereka, Damon Albarn, juga dikenal sebagai pendiri band animasi virtual populer, Gorillaz, yang masih eksis sampai sekarang. Hingga kini, Blur pun masih dianggap sebagai salah band terbaik dan terpopuler di Britania Raya sepanjang masa.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Blur | Profil, Member, Daftar Album, Lagu Hits Band Blur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel