Profil dan Biografi Bob Dylan Lengkap

Bob Dylan adalah penyanyi dan penulis lagu asal Amerika. Ia juga merupakan seorang penyair dan artis. Bob Dylan lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat pada 24 Mei 1941. Hingga kini, Bob Dylan termasuk dalam salah satu penyanyi legendaris dunia. Dedikasi Dylan pada dunia musik begitu besar. Karya-karyanya banyak berkaitan dengan masalah politik, filosofi, sosial, perjuangan, hak asasi dan kemanusiaan. Dia adalah vokalis yang sangat berpengaruh sekaligus musisi yang memiliki begitu banyak karakter melalui suaranya dan penampilannya. Namun, yang paling mengesankan adalah bagaimana dia dipengaruhi oleh kehidupan yang penuh perubahan. Berikut akan kami sajikan profil lengkap dari musisi Bob Dylan.

Biodata Bob Dylan


Nama lahir : Robert Allen Zimmerman
Nama populer : Bob Dylan
Tempat lahir : Duluth, Minnesota, Amerika Serikat 
Tanggal lahir : 24 Mei 1941
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu, penulis, penyair, disc-jockey, artis
Instrumen : Vokal, gitar, harmonika, keyboards, piano, bass
Tahun aktif : 1959–sekarang

Profil dan Biografi Lengkap Bob Dylan

Biografi Bob Dylan


Bob Dylan memulai karir musik sejak akhir tahun 50an. Ia biasa tampil dengan gitar, harmonika dan keyboards. Namanya pun mencapai puncak popularitas pada dekade 1960an. Ia dikenal kerap menulis lagu dengan lirik lagu yang memiliki makna penting dengan syair yang mendalam. Lagu-lagunya seperti Blowin' in the Wind dan The Times They Are a-Changin, menjadi semacam lagu wajib bagi perjuangan hak asasi manusia di Amerika dan pergerakan anti peperangan. 

Tapi tentu saja lagu terbaik dari Bob Dylan adalah Like a Rolling Stone. Lagu tersebut bahkan dipilih menjadi lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. Bob Dylan kemudian konsisten dalam industri musik selama lebih dari 5 dekade. Selama 50 tahun berkarir, Bob Dylan banyak membawakan genre-genre musik yang berbeda dan bervariasi, seperti folk, blues dan country sebagai genre musik utamanya, dan rockabilly, gospel, rock and roll atau bahkan jazz dan swing. Dylan bahkan mampu melahirkan genre musik baru dalam kultur musik pop, seperti folk rock dan country rock.

(baca juga 10 lagu terbaik Bob Dylan)

Sejumlah pengakuan bergengsi ia terima dari berbagai pihak dan media. Bob Dylan menempati urutan dua dalam daftar Greatest Artists of All Time versi majalah Rolling Stone, hanya kalah dari band The Beatles. Ia sukses menjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia dan banyak lagu-lagunya yang sukses memuncaki tangga lagu internasional. 

Beberapa penghargaan besar kerap ia terima, termasuk Grammy Awards, Golden Globe atau Academy Awards. Di tahun 2016 ia bahkan menerima penghargaan Nobel Prize di bidang Literature karena kontribusinya dalam menciptakan lagu lagu syair indah dengan tradisi Amerika. Ia pun menjadi musisi paling berpengaruh sepanjang masa hingga sekarang. 

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan