Biografi dan Sejarah The Beatles Lengkap

The Beatles adalah grup band bergenre rock yang populer. Band ini dibentuk di kota Liverpool, Inggris pada tahun 1960 lalu. Formasi personil The Beatles terdiri dari John Lennon (vokal & gitar), Paul McCartney (bass & gitar), George Harrison (gitar) dan Ringo Starr (drum). Sebagai tambahan selain Lennon, ketiga personil lain juga berperan sebagai vokalis, hanya saja tidak sedominan Lennon. Band ini mengusung genre rock, dan kini bisa disebut sebagai grup band rock terbaik sepanjang masa. Banyak rekor yang ditorehkan band ini, mulai dari rekor komersil sebagai band tersukses hingga rekor penghargaan yang ditorehkan. Nama The Beatles pun sudah menjadi bagian dari budyaa pop di era modern. Karir The Beatles sendiri tak berlangsung lama karena band ini bubar di tahun 1970, namun hal itu tak menghalangi pengaruh besar yang diberikan Beatles. Berikut kami tampilkan biografi dan sejarah lengkap band ini.

Biografi dan Sejarah The Beatles Lengkap

Biografi The Beatles


The Beatles memulai awal karir sejak tahun 1960 saat mereka tampil di Liverpool dan Hamburg. Setelahnya, The Beatles memulai meraih popularitas berkat lagu single Love Me Do yang dirilis tahun 1962, yang diikuti dengan perilisan album studio pertama, Please Please Me setahun berselang. Mereka pun menjadi makin terkenal dan dijuluki Fab Four. Virus Beatlemania pun mulai menyebar ke seluruh penjuru Inggris. Lennon dan McCartney menjadi personil yang sering menulis lagu lagu mereka.

Tahun 1964, The Beatles sukses meraih popularitas di dunia internasional. The Beatles memimpin British Invasion dan mampu menembus pasar Amerika Serikat dan serta industri musik di dunia. The Beatles kemudian menjadi lebih produktif dan merilis banyak album, dengan minimal satu album tiap tahunnya. Di tahun 1965 mereka merilis album Help! dan Rubber Soul. Keduanya sukses besar secara penilaian dan komersil. Album Sgt. Pepper's Lonely Heart Club Band yang dirilis tahun 1967 sering disebut sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa.

Popularitas Beatles kian menanjak di akhir 60-an termasuk berkat perilisan album The White Album di tahun 1968 dan Abbey Road di tahun 1969. Pada tahun 1970, para personil The Beatles kemudian memutuskan untuk bubar dan mereka memilih untuk bersolo karir. Dengan begitu, maka perjalanan karir The Beatles pun berakhir dengan cukup singkat, tak lebih dari 10 tahun. Namun tentu hingga kini nama The Beatles masih sering disebut sebagai band terbaik sepanjang masa.

Daftar Album The Beatles

  • Please Please Me (1963) 
  • With The Beatles (1963) 
  • A Hard Day's Night (1964) 
  • Beatles for Sale (1964) 
  • Help! (1965) 
  • Rubber Soul (1965) 
  • Revolver (1966) 
  • Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967) 
  • Magical Mystery Tour (1967) 
  • The Beatles (White Album) (1968) 
  • Yellow Submarine (1969) 
  • Abbey Road (1969) 
  • Let It Be (1970) 

Total 13 album studio telah mereka rilis. Beberapa di antaranya merupakan album-album terbaik dengan penjualan tertinggi dan pengaruh yang besar, sebut saja seperti Rubber Soul (1965), Revolver (1966), Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967), The White Album (1968), hingga Abbey Road (1969). Jumlah ini belum termasuk berbagai album kompilasi, extended plays dan single lainnya yang mereka rilis. Banyak single dan hits besar yang sukses menjadi lagu The Beatles terbaik yang terdapat dalam album-album yang mereka rilis tersebut.

Banyak rekor-rekor yang ditorehkan oleh The Beatles, seperti band dengan penjualan tertinggi di Amerika Serikat (177 juta kopi) dan di Inggris serta band dengan penjualan tertinggi di dunia dalam sejarah permusikan. Total rekor penjualan seluruh album mereka mencapai lebih dari 1 milliar kopi terjual di seluruh dunia. The Beatles sukses menduduki peringkat pertama daftar artis terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone dan Billboard. Band ini juga masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh abad 20 versi majalah Time. Dengan segala pencapaian luar biasa yang mereka torehkan, tak heran jika The Beatles menjadi band terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru