Biografi Band Red Hot Chili Peppers | Profil, Sejarah, Daftar Album

Biografi Red Hot Chili Peppers - Red Hot Chili Peppers adalah band rock asal Amerika yang dibentuk di Los Angeles pada tahun 1983. Red Hot Chili Peppers biasa disebut dengan singkatan RHCP. Formasi awal band ini terdiri Anthony Kiedis (vokal), Hillel Slovak (gitar), Michael 'Flea' Balzary (bass) dan Jack Irons (drum). 

Saat ini, hanya Kiedis dan Flea saja anggota asli yang tersisa. Anggota lainnya sekarang adalah Chad Smith (drum) dan John Frusciante (gitar). Genre musik Red Hot Chil Peppers yang utama adalah funk rock, meski beberapa lagunya juga ada yang beraliran alternative rock dan rap rock.

RHCP menjadi salah satu band rock terpopuler di era modern. Total RHCP mampu menjual albumnya lebih dari 80 juta kopi di seluruh dunia, menjadikan mereka sebagai salah satu band dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa. Lagu-lagu Red Hot Chili Peppers banyak jadi lagu rock hits dan populer di seluruh dunia.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Red Hot Chili Peppers beserta sejarah dan daftar album band rock populer ini lengkap.


Biografi Red Hot Chili Peppers


Red Hot Chili Peppers merilis album debutnya di tahun 1984. Setelahnya, album kedua dan ketiga dirilis di tahun 1985 dan 1987, masing-masing dengan judul Freaky Styley dan The Uplift Mofo Party Plan. Di tahun 1988, gitaris Hillel Slovak meninggal karena overdosis. Drummer Jack Irons pun lalu memutuskan untuk keluar dari band setelah melihat kematian Slovak yang merupakan teman dekatnya.

Setelah meninggalnya Slovak dan keluarnya Irons, anggota Red Hot Chili Peppers pun terdiri dari Kiedis, Flea, Frusciante dan Smith. Formasi ini menjadi formasi terlama yang bertahan dan kemudian meraih kesuksesan di era 90an dan 2000an dengan merilis 5 album studio yang sukses besar.

Di era 90an, Red Hot Chili Peppers meraih popularitas yang besar setelah merilis album Blood Sugar Sex Magik di tahun 1991. Album ini menjadi album sukses pertama dari RHCP, setelah di empat album sebelumnya tidak terlalu sukses. One Hot Minute dan Californication menjadi album Red Hot Chili Peppers selanjutnya di era 90an, yang dirilis di tahun 1995 dan 1999. 

Californication juga menjadi album studio tersukses Red Hot Chili Peppers, dengan total penjualan mencapai lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia. Album Californication juga berisi beberapa lagu hits, seperti Otherside, Californication, Scar Tissue dan Around the World. Dengan beberapa pencapaian tersebut, Red Hot Chili Peppers juga masuk dalam jajaran band terbaik tahun 90an yang populer.

Tiga tahun setelah album Californication, Red Hot Chili Peppers merilis album By the Way, yang juga berisi beberapa lagu terbaik RHCP, seperti By the Way, Can't Stop dan The Zephyr Song. Setelahnya, album ke-9, Stadium Arcadium dirilis di tahun 2006, dengan menggunakan format double album. Album ini dinominasikan untuk Grammy Awards kategori Best Rock Album dan lagu Dani California juga dinominasikan untuk kategori Record of the Year.

Red Hot Chili Peppers sempat memutuskan untuk break sementara sebelum kembali ke studio untuk merekam album ke-10 mereka di tahun 2009. Di tahun 2011, I'm with You pun dirilis sebagai album kesepuluh Red Hot Chili Peppers. Album kesebelas mereka, The Getaway kemudian dirilis pada tahun 2016 lalu. 

Di tahun 2022, mereka menjadi sangat produktif dengan merilis 2 album sekaligus, yakni Unlimited Love di bulan April 2022 dan Return of the Dream Canteen di bulan Oktober 2022. Hingga kini, Red Hot Chili Peppers telah merilis 13 album studio, termasuk beberapa album terbesar mereka seperti Blood Sugar Sex Magik (1991), Californication (1999), By the Way (2002) dan Stadium Arcadium (2006). 

Daftar Album Red Hot Chili Peppers

  1. The Red Hot Chili Peppers (1984)
  2. Freaky Styley (1985)
  3. The Uplift Mofo Party Plan (1987)
  4. Mother's Milk (1989)
  5. Blood Sugar Sex Magik (1991)
  6. One Hot Minute (1995)
  7. Californication (1999)
  8. By the Way (2002)
  9. Stadium Arcadium (2006)
  10. I'm with You (2011)
  11. The Getaway (2016)
  12. Unlimited Love (2022)
  13. Return of the Dream Canteen (2022)

Red Hot Chili Pepeprs pun masuk jajaran band paling populer di era modern. RHCP juga memenangkan banyak penghargaan, termasuk 7 Grammy Awards. Di tahun 2012, mereka masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame dan di tahun 2022 mereka mendapat bintang dalam Hollywood Walk of Fame. Red Hot Chili Peppers juga menjadi salah satu band alternative rock dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Band Red Hot Chili Peppers | Profil, Sejarah, Daftar Album"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel