Daftar Pemenang Penghargaan NME Awards Terbanyak

NME Awards merupakan acara penghargaan musik bergengsi tahunan yang diadakan di Inggris. Acara ini diselenggarakan oleh majalah musik populer, NME atau New Musical Express. Pertama kali NME Awards digelar pada tahun 1953 dan rutin diadakan tiap tahunnya. Acara penghargaan NME Awards tidak bersifat terlalu resmi seperti penghargaan musik bergengsi lain dan cenderung menyisipkan unsur komedi di tiap malam penyelanggaraannya. Terbukti dengan piala yang diberikan yang berbentuk tangan yang sedang mengacungkan jari tengah. 

Bahkan, dalam NME Awards tidak hanya memberikan apresiasi kepada karya dan insan dalam industri musik yang dianggap terbaik di tiap tiap kategori, namun juga kategori terburuk seperti Villain of the Year, Worst Record, atau Worst Band of the Year. Penghargaan ini dimulai pada tahun 1953 dengan nama asli NME Poll Winners Concerts. 

Kemudian acara awards ini terus berlangsung hingga tahun 1972, dimana mulai tahun itu NME Poll Winners Concerts disiarkan live di televisi. Di era 60-an dan 70-an, band band legendaris seperti The Beatles dan The Rolling Stones banyak memenangkan penghargaan dalam kategori-kategori utama yang bergengsi.

Daftar Pemenang Penghargaan NME Awards Terbanyak

Acara NME Poll Winners Concerts kemudian berganti nama menjadi NME Awards. Acara ini pun terus eksis mulai dari era classic rock, hingga populernya musik Britpop di era 90-an. NME Awards sempat dikritik karena konsep dan pemenangnya yang meniru acara penghargaan musik populer lain di Inggris, yaitu Brit Awards. Meski begitu acara ini tetap berlangsung hingga sekarang.

NME Awards rutin digelar di tempat dan venue besar seperti Royal Albert Hall, the Empire Pool Wembley atau O2 Arena. Beberapa grup band Inggris populer sudah banyak yang meraih penghargaan NME Awards ini, mulai dari band legendaris seperti The Beatles dan The Rolling Stones, band band era 90-an seperti Oasis dan Blur hingga band-band di era modern seperti Muse dan Arctic Monkeys. Berikut daftar artis, musisi dan band dengan jumlah piala terbanyak yang dimenangkan dalam satu penyelenggaraan NME Awards sejak tahun 1995 dari kategori-kategori bergengsi seperti Best Album, Best Tracks, Best British Band dan lain-lain.

(baca juga daftar lagu Arctic Monkeys paling enak)

1968 - The Beatles (3 piala)
1973 - David Bowie (2 piala)
1974 - David Bowie (2 piala)
1986 - The Smiths (2 piala)
1992 - R.E.M. (2 piala)
1995 - Blur (5 piala)
1996 - Oasis (4 piala)
1999 - Manic Street Preachers (4 piala)
2000 - Blur (3 piala)
2001 - Coldplay (2 piala)
2002 - The Strokes (3 piala)
2003 - Coldplay (2 piala)
2005 - Franz Ferdinand (2 piala)
2006 - Arctic Monkeys (3 piala)
2007 - Arctic Monkeys (2 piala)
2008 - Arctic Monkeys (3 piala)
2009 - MGMT (2 piala)
2010 - Muse dan Kasabian (2 piala)
2011 - My Chemical Romance (2 piala)
2012 - Florence and the Machine (2 piala)
2013 - The Rolling Stones (2 piala)
2014 - Arctic Monkeys (4 piala)
2015 - Jamie T dan Kasabian (3 piala)
2016 - Wolf Alice dan The Libertines (2 piala)
2017 - Christine and the Queens (2 piala)

(keterangan : khusus penghargaan di kategori bergengsi, untuk tahun yang tidak tertera berarti tidak ada band/musisi yang memenangkan lebih dari 1 piala)


Itulah beberapa pemenang terbanyak dalam penyelenggaraan NME Awards tiap tahunnya. Selain itu juga terdapat kategori kategori untuk yang terburuk, seperti Worst Album, Worst Band, hingga Villain of the Year. Khusus untuk kategori Villain of the Year tidak hanya didapat dari insan musik, namun juga dari bidang-bidang lain. Beberapa nama populer yang sempat meraih penghargaan Villain of the Year antara lain adalah Harry Styles dari One Direction, Justin Bieber, mantan presiden Amerika George W. Bush hingga PM Inggris David Cameron. Sementara band yang pernah meraih penghargaan Worst Band adalah boyband One Direction, Jonas Brothers dan lain-lain.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru