Sejarah dan Biografi Band Dream Theater

Dream Theater adalah grup band rock metal asal Amerika Serikat. Dream Theater dibentuk pada tahun 1985 di Massachusetts. Formasi Dream Theater yang terlama beranggotakan John Petrucci (gitar), John Myung (bass), James LaBrie (vokal), Jordan Rudess (keyboard) dan Mike Portnoy (drum). Dream Theater merupakan band dengan genre progressive metal dan progressive rock. Dream Theater dikenal berkat teknik instrumen musiknya yang unik. Mereka juga memenangkan banyak penghargaan musik dunia berkat teknik bermusik mereka. Tiap tiap personil Dream Theater juga banyak memenangkan penghargaan individu mulai dari gitaris terbaik, drummer terbaik hingga keyboardis terbaik.

Sejarah dan Biografi Band Dream Theater

Biografi Dream Theater


Dream Theater merilis album debutnya di tahun 1989 dengan judul When Dream and Day Unite. Meski begitu perilisan album keduanya berjudul Images and Words di tahun 1992 yang melambungkan nama Dream Theater. Album ini menjadi album tersukses Dream Theater dan sukses mendapat sertifikasi gold. Di tahun 1994, Awake dirilis sebagai album ketiga Dream Theater. Album ini menjadi album dengan posisi chart tangga album terbaik dari Dream Theater dan banyak berisikan lagu terbaik Dream Theater

Mereka lalu merilis dua album studio lagi sepanjang tahun 1990-an hingga tahun 2000 dan membuat nama mereka dikenal sebagai salah satu band progressive metal terpopuler di era 90-an. Di era 2000-an, Dream Theater tetap mampu produktif dengan merilis album minimal dua tahun sekali. Album keenam mereka, Six Degrees of Inner Turbulence yang dirilis pada tahun 2002 dan album kesembilan, Systematic Chaos di tahun 2007 menjadi salah album album tersukses Dream Theater dalam posisi chart. 

Meski tidak terlalu sukses secara penjualan single dan album, namun album album Dream Theater selalu mendapat respon dan review positif berkat warna dan aliran musik dengan instrumen unik dan berbeda dari musik mainstream lainnya. Formasi Dream Theater sempat berubah setelah drummer Mike Portnoy memutuskan untuk keluar dari band untuk bergabung dengan band rock metal Avenged Sevenfold sebelum membuat band lain. 


Posisinya digantikan oleh drummer Mike Mangini yang terpilih melalui sebuah seleksi. Sejak tahun 2010, mereka lalu merilis dua album baru yaitu A Dramatic Turn of Events di tahun 2011 dan album self-titled Dream Theater di tahun 2013. Keduanya juga sukses masuk dalam top 10 besar chart tangga album bergengsi, Billboard 200 pada minggu pertama perilisannya.

Hingga kini, Dream Theater telah merilis total sebanyak 13 album studio. Mereka juga dikenal berkat aliran musik mereka yang berat namun unik dan berbeda dari musik kebanyakan. Hal ini membuat Dream Theater tidak terlalu sukses secara penjualan, namun musik Dream Theater selalu mendapat respon positif dari para pengamat musik dunia. Tak heran jika Dream Theater disebut sebagai salah satu grup band progressive metal terbaik dan terpopuler di dunia.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan