Profil dan Biodata Ed Sheeran Terbaru

Ed Sheeran adalah penyanyi pria berkebangsaan Inggris. Ia lahir pada tanggal 17 Februari 1991 dengan nama lengkap Edward Christopher Sheeran. Ia menjadi salah satu penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang sukses meraih kesuksesan global saat ini. Genre yang ia bawakan adalah musik pop. Dalam dunia musik, karir Ed Sheeran bisa dibilang masih sangat singkat. Ia memulai debut album di tahun 2011 lalu, dan telah merilis 2 album studio. Uniknya, ia menamai album mereka sesuai simbol matematika, yaitu + (tanda plus) dan X (tanda kali). Meski masih terbilang masih baru, namun karir Ed Sheeran mampu menanjak dengan cepat. Berikut akan kami hadirkan profil dan biografi lengkapnya.

Biodata Ed Sheeran


Nama lengkap : Edward Christopher Sheeran
Tempat lahir : West Yorkshire, Inggris
Tanggal lahir : 17 Februari 1991
Genre : Pop
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu
Instrumen : Vokal, gitar, piano

Profil dan Biodata Ed Sheeran Lengkap

Biografi Ed Sheeran


Meski baru merilis album debut di tahun 2011, namun Ed Sheeran telah memulai karir musik bahkan sejak tahun 2005. Ia telah merilis beberapa karya, termasuk 5 EP (extended plays) dalam kurun 2005 hingga 2010. Namanya pun mulai dikenal berkat akses internet yang cepat dan ia juga mulai memiliki beberapa fanbase.

Baru pada tahun 2011, ia merilis album debut, dengan title +. Dengan single utama berjudul The A Team, album ini kemudian mampu sukses besar. Beberapa single nya banyak yang masuk dalam berbagai chart lagu di Eropa. Ia bahkan mendapatkan nominasi Grammy pertamanya di tahun 2013. Sebelumnya, ia juga sempat berduet di album Red milik Taylor Swift, serta menulis salah satu single lagu One Direction.

(baca juga 10 lagu terbaik Taylor Swift)

Di tahun 2014, Ed Sheeran merilis album keduanya dengan title X (tanda perkalian). Ia meneruskan tradisi menggunakan simbol matematik sebagai judul album. Dirilis pada Juni 2014, album ini sukses secara komersil. Beberapa lagu terbaik Ed Sheeran seperti Sing, Thinking Out Loud dan Don't juga mampu bersaing dalam chart Billboard. Ia pun meraih penghargaan Best New Artist pada penghargaan Grammy 2014. Ia juga mendapatkan nominasi Grammy di tahun 2015 ini. 

Ia kemudian merilis album ketiga berjudul ÷ atau divide atau pembagian, hal ini meneruskan tradisi nama album dengan sistem operasi matematika. Album ini pun sukses besar. Sejumlah single hits dari album ketiganya ini antara lain yaitu Shape of You dan Castle on the Hill.

Meski terbilang masih 'baru' dalam industri musik, namun Ed Sheeran sudah mampu meraih popularitas yang cukup besar. Karya-karya nya juga selalu mendapat respon positif, dan sukses secara komersil. Ia pun menjadi salah satu penyanyi pria paling populer saat ini.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

1 komentar:

  1. Jenis musik dan lagu dari ed sheeran itu selera aku banget,btw thanks infonyaa

    My Blog

    ReplyDelete

Artikel Pilihan