Biodata Ed Sheeran Terbaru | Profil, Biografi, Album, Diskografi

Biodata Ed Sheeran terbaru - Ed Sheeran adalah penyanyi pria populer asal Inggris. Ia lahir pada tanggal 17 Februari 1991 dengan nama lengkap Edward Christopher Sheeran. Ia menjadi salah satu penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang sukses meraih kesuksesan global saat ini. Genre yang ia bawakan adalah musik pop dan soft-rock. 

Ed Sheeran memulai debut album di tahun 2011 lalu dengan merilis album +. Hingga kini, ia telah merilis 7 album studio. Uniknya, ia sering menamai album mereka sesuai simbol matematika, yaitu + (tanda plus), X (tanda kali), ÷ (tanda bagi), = (tanda sama dengan) dan - (tanda minus).

Ed Sheeran dikenal sebagai salah satu penyanyi pop pria terpopuler saat ini. Ia menjadi salah satu penyanyi dengan rekor penjualan dan streaming lagu teratas saat ini. Beberapa lagu-lagu Ed Sheeran banyak yang menjadi hits global, seperti Thinking of You, Perfect dan Shape of You.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Ed Sheeran beserta biodata dan daftar album yang ia rilis selengkapnya.

Biodata Ed Sheeran


Nama lengkap : Edward Christopher Sheeran
Tempat lahir : West Yorkshire, Inggris
Tanggal lahir : 17 Februari 1991
Genre : Pop
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu, produser
Instrumen : Vokal, gitar

Profil dan Biodata Ed Sheeran Lengkap

Biografi Ed Sheeran


Sebelum merilis album debut di tahun 2011, Ed Sheeran sebenarnya sudah memulai karir musik bahkan sejak tahun 2005. Ia telah merilis beberapa karya, termasuk 5 EP (extended plays) dalam kurun waktu tahun 2005 hingga 2010. Namanya pun mulai dikenal berkat akses internet yang cepat dan ia juga mulai memiliki beberapa fanbase.

Baru pada tahun 2011, ia merilis album debut, dengan title + (tanda plus). Dengan single utama berjudul The A Team, album ini kemudian mampu sukses besar. Beberapa single nya banyak yang masuk dalam berbagai chart lagu di Eropa. Ia bahkan mendapatkan nominasi Grammy pertamanya di tahun 2013. Sebelumnya, ia juga sempat berduet di album Red milik Taylor Swift, serta menulis salah satu single lagu One Direction.

(baca juga 10 lagu terbaik Taylor Swift)

Di tahun 2014, Ed Sheeran merilis album keduanya dengan title X (tanda kali). Ia meneruskan tradisi menggunakan simbol matematik sebagai judul album. Beberapa lagu terbaik Ed Sheeran di album ini seperti Sing, Thinking Out Loud dan Don't juga mampu bersaing dalam chart Billboard. Lagu Thinking Out Loud juga berhasil memenangkan penghargaan Grammy Awards kategori Song of the Year.

Ia kemudian merilis album ketiga berjudul ÷ atau simbol pembagian di tahun 2017. Beberapa single hits dari album ini antara lain adalah Perfect dan Shape of You. Album ini menjadi album terlaris dengan rekor penjualan terlaris di tahun 2017 serta mendapat penghargaan Grammy Awards kategori Best Pop Vocal Album.

Album keempat dirilis berjudul No. 6 Collaborations Project, menghentikan tradisi penggunaan nama simbol matematika untuk sementara. Album ini berisi berbagai kolaborasi Ed Sheeran dengan musisi lain seperti Justin Bieber, Camila Cabello, Bruno Mars, Eminem, Khalid, Cardi B, Chance the Rapper, .

Ia kembali merilis album dengan simbol matematika, yakni = (tanda sama dengan) di tahun 2021 dan - (tanda minus) di tahun 2023. Di tahun yang sama, Ed Sheeran kemudian merilis album terbarunya berjudul Autumn Variations. Ed Sheeran pun kian dikenal sebagai salah satu penyanyi pop superstar yang populer di dunia.

Daftar Album Ed Sheeran

  1. + (2011)
  2. × (2014)
  3. ÷ (2017)
  4. No.6 Collaborations Project (2019)
  5. = (2021)
  6. − (2023)
  7. Autumn Variations (2023)

            Ed Sheeran menjadi salah satu penyanyi pria paling populer saat ini. Dengan total penjualan 150 juta unit, ia menjadi salah satu musisi tersukses sepanjang masa. Ia juga menjadi salah satu penyanyi dengan followers terbanyak di Spotify. Lagu-lagunya pun banyak menjadi hits yang populer di seluruh dunia

            2 Komentar untuk "Biodata Ed Sheeran Terbaru | Profil, Biografi, Album, Diskografi"

            1. Jenis musik dan lagu dari ed sheeran itu selera aku banget,btw thanks infonyaa

              My Blog

              BalasHapus

            Iklan Atas Artikel

            Iklan Tengah Artikel 1

            Iklan Tengah Artikel 2

            Iklan Bawah Artikel