Jenis Musik EDM dan Macam-Macam Aliran EDM Terpopuler

Jenis musik EDM - Musik EDM menjadi salah satu genre musik yang kian digemari terutama di era musik modern. EDM sendiri merupakan singkatan dari Electronic Dance Music. Penggunaan sebutan EDM menjadi kian marak seiring banyaknya musisi yang menerapkan aliran musik electronic, dance atau techno mulai tahun 2010 hingga sekarang. Banyak juga DJ di seluruh dunia yang merambah ranah mainstream dan menjadi terkenal lewat single dan lagu lagu hits mereka.

Bagi penggemar musik EDM ini, tentu sudah tahu mengenai aliran musik EDM. Tiap tahun banyak lagu EDM terbaru yang dirilis dan langsung meledak di pasaran. Namun bagi penggemar musik pada umumnya, mereka tidak bisa membedakan aliran musik EDM yang ada. Padahal terdapat banyak macam musik EDM yang berbeda satu sama lain, namun kebanyakan tidak mengetahuinya dan hanya menyebut lagu lagu dengan tema electro/dance sebagai musik EDM.

Secara umum memang ada beberapa subgenre musik EDM, meliputi macam aliran musik electronic dance music itu sendiri. Apa sajakah macam-macam aliran dan jenis musik EDM? Berikut ini akan kami tampilkan jenis dan macam aliran genre musik EDM yang paling populer beserta musisi yang mempopulerkannya lengkap.

(baca juga pengertian EDM)

Jenis Aliran Genre Musik EDM Terpopuler

Macam dan Jenis Musik EDM


House

Salah satu genre EDM paling populer saat ini. House juga menjadi salah satu aliran musik electro paling lama yang sudah ada sejak era 80an. Sejumlah aliran musik house seperti progressive house hingga electro house banyak digemari oleh musisi dan DJ di era modern. Beberapa contoh musisi yang menerapkan genre musik house antara lain adalah Zedd, David Guetta, Daft Punk, Avicii, Swedish House Mafia dan lain-lain.

Techno

Techno menjadi salah satu aliran musik EDM yang juga digemari. Aliran musik ini bisa dilihat dari sejumlah DJ/artis terkenal seperti Carl Cox, Derrick May atau Richie Hawtin. Techno menjadi favorit bagi para DJ di seluruh dunia. Satu hal yang harus digarisbawahi bahwa techno bukanlah terminologi untuk menyebut musik electronic secara keseluruhan, melainkan subgenre aliran EDM.

Trance

Bagi yang suka mendengarkan musik dari Tiesto, Armin Van Buuren atau Dash Berlin, maka kalian telah mendengarkan musik genre trance. Berbeda dengan kebanyakan aliran EDM yang berasal dari Amerika Serikat, musik trance berasal dari Jerman. Salah satu ciri dari musik trance adalah adanya pengulangan musik build up menuju melodi klimaks yang sering dijumpai pada musik remix.

Dubstep

Dubstep berasal dari Inggris di akhir 90an. Dubstep banyak disebut sebagai musik robot karena alunan iramanya yang khas. Sejumlah musisi terkenal seperti Skrillex, Benga, Nero hingga Rusko dikenal sebagai musisi yang mempopulerkan musik dubstep. Sejumlah aliran dubstep di antaranya adalah brostep, luvstep dan thugstep.

Drum & Bass

Salah satu aliran musik EDM yang sering disangka bukan bagian dari musik EDM itu sendiri adalah drum and bass. Jenis musik ini erat kaitannya dengan aliran musik populer lain seperti jazz, soul hingga hip hop. Drum and bass dalam terminologi EDM bisa dijumpai pada lagu lagu dari musisi seperti Goldie, Bad Company, Pendulum dan lain-lain.

Garage

Meski tidak sepopuler house atau techno, musik garage juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Garage tumbuh besar di negara Inggris. Todd Edwards dan MJ Cole merupakan contoh pengguna jenis musik garage EDM.

Trap

Jenis musik trap menjadi salah satu macam musik EDM yang cukup digemari. Trap banyak digunakan oleh DJ DJ internasional untuk menciptakan karya berupa lagu dan single hits. Sejumlah musisi seperti T.I. atau Major Lazer juga cukup terpengaruh oleh musik trap ini.

Ethnic Electro

Sesuai namanya, musik ethnic dalam aliran EDM merupakan aliran musik electronic yang berasal dari berbagai negara. Contoh dari musik ethnic antara lain adalah J-Pop (Japanese Pop), K-Pop (Korean Pop), Arabic music, Worldbeat dan lain-lain.

Disco

Disco menjadi salah satu jenis musik EDM paling terkenal sedunia. Bahkan musik disco seakan sudah menjadi budaya. Aliran musik ini bahkan sudah ada sebelum terminologi EDM pertama muncul, dimana disco sudah ada sejak tahun 70an. Sejumlah musisi seperti The Bee Gees, KC and the Sunshine Band hingga Donna Summer menjadi musisi klasik dengan aliran musik disco.

Jenis musik EDM lain

  • Grime 
  • Hardstyle 
  • Juke 
  • Breakbeat 
  • Downtempo 
  • Hardcore 
  • Moombahton 
  • Ambient 
  • Vaporwave 
  • Electronica 
  • Jungle 
  • Hi-NRG 
  • Post-disco 
  • Industrial music 
  • Electronic rock 

Nah itulah macam jenis genre musik EDM terbaik dan terpopuler. Beberapa lagu EDM terpopuler termasuk kategori subgenre jenis musik EDM seperti house, techno hingga disco menjadi kian diminati seiring dengan banyaknya DJ dan musisi yang mempopulerkannya. Nama-nama seperti David Guetta, Skrillex, Tiesto hingga Zedd dikenal sebagai musisi EDM yang paling populer.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Musik EDM dan Macam-Macam Aliran EDM Terpopuler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel