Biografi dan Kematian Kurt Cobain Vokalis Nirvana

Kurt Cobain merupakan musisi yang dikenal sebagai vokalis band Nirvana. Ia lahir dengan nama lengkap Kurt Donald Cobain pada tanggal 20 Februari 1967. Cobain dikenal sebagai vokalis Nirvana, band beraliran grunge yang begitu populer di awal tahun 90an. Ia pun menjadi salah satu tokoh musik paling berpengaruh yang mempopulerkan aliran musik grunge. Kurt Cobain kemudian meninggal pada 5 April 1994 saat usianya masih 27 tahun. Ia meninggal akibat bunuh diri dikarenakan depresi dan kecanduan. Berikut info profi dan biografi Kurt Cobain selengkapnya

Biodata Kurt Cobain


Nama lengkap : Kurt Donald Cobain
Tempat lahir : Aberdeen, Washington, Amerika Serikat
Tanggal lahir : 20 Februari 1967
Tempat meninggal : Seattle, Washington, Amerika Serikat
Tanggal meninggal : 5 April 1994
Genre : Grunge, alternative rock
Profesi : Penyanyi, penulis lagu
Band : Nirvana

Biografi dan Kematian Kurt Cobain Vokalis Nirvana

Biografi Kurt Cobain


Kurt Cobain dikenal sebagai musisi sejak kecil. Ia mampu bermain gitar sejak masih duduk di bangku sekolah. Ia kemudian membentuk band bernama Nirvana. Cobain bersama dengan bassis Krist Novoselic membentuk Nirvana pada tahun 1987. Nama Nirvana ia pilih setelah sebelumnya menggunakan nama Skid Row, Fecal Matter dan Ted Ed Fred.

Nirvana kemudian merilis album debut Bleach di tahun 1989 dan menjadi band sukses. Nirvana pun jadi salah satu band pengusung genre grunge yang populer di Seattle pada akhir 80an. Band ini kemudian merilis album kedua Nevermind di tahun 1991 dengan single andalan Smells Like Teen Spirit yang jadi lagu terbaik Nirvana. Perilisan single ini menaikkan popularitas Nirvana ke seluruh dunia. Band ini pun menjadi salah satu band paling populer di awal 90an.

Sebagai vokalis, gitaris dan penulis lagu Nirvana, nama Kurt Cobain pun langsung dikenal di seluruh dunia. Ia kerap dianggap sebagai sosok yang mewakili generasi 90an dimana genre grunge yang ia populerkan menginspirasi band band sejenis di tahun 90an. Kata-kata Kurt Cobain yang tertuang di lirik lagu Nirvana pun banyak yang bermakna. Meski begitu, Cobain tak merasa nyaman dengan predikat itu. Kehidupan pribadinya pun banyak terekspos akibat popularitas yang begitu besar.

Musikalitas dari Kurt Cobain banyak terinspirasi dari penyanyi dan band classic rock lain, mulai dari The Beatles, David Bowie, Led Zeppelin hingga Aerosmith. Setelah sukses bersama Nirvana, banyak band lain yang terinspirasi dengan musik Kurt Cobain, baik di era 90an maupun 2000an. Genre grunge pun jadi populer dan juga mempengaruhi aliran musik alternative rock.

Cobain menikah dengan Courtney Love. Courtney Love adalah seorang penyanyi dan aktris yang cukup populer di era tersebut. Ia juga dikenal sebagai vokalis band Hole yang terkenal di tahun 90an, juga dengan genre grunge, punk dan alternative rock. Mereka pertama bertemu pada tahun 1990. Kurt Cobain lalu menikahi Courtney Love pada 24 Februari 1992. Mereka dikarunai seorang anak yang diberi nama Frances Bean Cobain.

Biografi dan Kematian Kurt Cobain Vokalis Nirvana

Kematian Kurt Cobain


Menjelang kematiannya, Cobain memang mengalami masalah kecanduan obat-obatan terlarang. Ia juga mengalami gangguan kesehatan lain, ditambah dengan depresi. Tekanan sebagai publik figure yang disorot membuatnya terserang stress dan depresi. Cobain kemudian bunuh diri pada tanggal 8 April 1994 di kediamannya di Seattle.

Ia meninggal di usia 27 tahun saat popularitasnya sedang di atas angin. Meninggalnya Cobain mengundang duka yang mendalam bagi industri musik dan hiburan dunia. Band Nirvana pun langsung resmi bubar setelah kematian Cobain. Karir singkat Nirvana, hanya 7 tahun sejak didirikan (1987-1994), sudah cukup menjadikan mereka sebagai band legendaris yang paling berpengaruh sepanjang masa.

Meski sudah meninggal, namun pengaruh Krut Cobain masih dirasakan hingga saat ini. Banyak musisi dan band baru yang terinspirasi oleh musikalitas Cobain dan Nirvana. Ia pun menjadi salah satu tokoh musik paling ikonik dan paling berpengaruh. Beberapa buku dan film dokumenter tentang Kurt Cobain pun dirilis setelah kematiannya, salah satunya adalah film Kurt Cobain: Montage of Heck di tahun 2015.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru