Sejarah Hip Hop dan Perkembangan Musik Hip Hop Lengkap

Sejarah hip hop - Musik hip hop merupakan sebuah aliran genre musik terkenal. Selain itu hip hop juga sudah menjadi budaya. Hip hop pun memiliki sejarah panjang hingga jadi terkenal seperti sekarang. Sejarah musik hip hop dunia pertama kali ada di tahun 70an. Kini banyak musisi, baik penyanyi, grup atau rapper hip hop barat yang populer dengan single dan lagu hip hop terbaik. Kali ini akan dibahas mengenai pengertian musik hip hop dan sejarah hip hop beserta perkembangan musik hip hop dari tahun ke tahun.

Pengertian Musik Hip Hop


Apa itu hip hop? Hip hop adalah salah satu macam jenis aliran musik terkenal. Hip hop pun jadi salah satu genre musik terpopuler saat ini selain pop, EDM, rock, R&B dan country. Musik hip hop juga tak bisa dipisahkan dari teknik musik rap, yaitu teknik menyanyi dengan cepat.

Di awal perkembangannya, hip hop sudah menjadi sebuah budaya. Elemen budaya dalam sejarah hip hop pun mencakup musik rap, teknik beatbox, musik DJ, tari breakdance dan tulisan grafiti. Hip hop erat kaitannya dengan ras Afrika-Amerika. Kini hip hop sudah menjadi global dan bisa ditemui di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

(baca juga kumpulan lagu hip hop Indonesia)

Sejarah Hip Hop

Banyak penyanyi hip hop barat terbaik yang berpengaruh, misalnya yaitu Eminem, Jay-Z, Kanye West, Usher dan Drake. Sementara contoh grup hip hop populer di antaranya yaitu Run-DMC, N.W.A., Public Enemy dan Wu-Tang Clan yang sering menghasilkan lagu hip hop terbaik yang jadi hits legendaris. Aliran hip hop menjadi makin dikenal di era modern, terbukti dengan banyaknya lagu hip hop terbaru, baik lagu hip hop barat maupun lagu hip hop Indonesia.

Sejarah Hip Hop


Kapan hip hop pertama kali muncul? Sejarah hip hop mencatat bahwa hip hop pertama muncul di era 70an. Musik hip hop pertama dikenal di Amerika Serikat di kalangan ras Afrika-Amerika yang berkulit hitam. Kemunculan hip hop tepatnya ada di kota New York City di daerah Bronx. Awalnya, musik hip hop hanya berupa teknik menyanyi cepat dengan irama atau rap. Hip hop kemudian berkembang menjadi sebuah budaya. Selain rap, juga dikenal teknik menyanyi beatbox serta musik DJ.

Elemen hip hop lain mencakup hal yang tidak berhubungan dengan musik, misalnya tarian breakdance hingga tulisan grafiti. Hip hop jadi budaya yang melambangkan kaum kulit hitam Amerika. Meski begitu, hip hop juga bisa diartikan sebagai genre musik seperti sekarang. Sementara musik rap juga erat kaitannya dengan hip hop, meski rap tidak selalu hip hop dan sebaliknya.

Sejarah Hip Hop

Musik hip hop awal juga hanya mendaur ulang lagu yang sudah ada dengan teknik DJ, sampling, rap, beatbox hingga menggunakan drum dan turntable. Musisi hip hop generasi awal mulai bermunculan, misalnya The Sugarhill Gang, Grandmaster Flash and the Furious Five, DJ Kool Herc dan Afrika Bambaataa. Grup The Sugarhill Gang dianggap sebagai pioneer awal musik hip hop. Lagu Rapper's Delight yang dinyanyikannya dianggap sebagai lagu hip hop pertama yang dirilis dan populer.

Era 80an pun menjadi kebangkitan musik hip hop hingga dikenal di dunia internasional. Genre hip hop juga mendapat pengaruh dari aliran musik lain seperti rock, R&B dan pop. Generasi emas hip hop di tahun 80an memunculkan musisi hip hop ternama seperti Run-DMC, LL Cool J, A Tribe Called Quest, Beastie Boys dan Public Enemy. Banyak lagu hip hop barat terbaik yang berasal dari tahun 80an. Run-DMC juga memulai tren dengan mengkombinasikan musik hip hop dan musik rock.

Beberapa subgenre hip hop baru mulai bermunculan di awal 90an. Aliran gangsta rap, west coast hip hop, east coast hip hop dan new school hip hop menjadi booming. Tahun 90an didominasi oleh banyak grup hip hop terbaik seperti N.W.A. dan Wu-Tang Clan. Ada juga penyanyi hip hop terbaik seperti The Notorious BIG, Jay-Z, Dr. Dre dan Tupac Shakur yang mendominasi berita musik di tahun 90an.

Hip hop pun menjadi populer di seluruh dunia. Di Indonesia, sejarah hip hop juga pertama populer di tahun 90an lewat musisi lokal seperti Iwa K. Sementara di akhir 90an dan awal 2000an, musik hip hop menjadi kian terkenal lewat kemunculan musisi dan rapper terbaik dunia seperti Eminem, Kanye West, OutKast dan Dr. Dre. Berbagai fusion musik hip hop seperti nu metal dan alternative hip hop membuat jenis musik ini kian meluas.

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru