Fakta dan Sejarah Penghargaan Grammy Awards [Lengkap]

Grammy Awards adalah penghargaan musik bergengsi yang diberikan kepada para insan musik dunia. Grammy Awards atau dalam bahasa Indonesia berarti Penghargaan Grammy aslinya bernama Gramophone Awards. Penghargaan ini diberikan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences dan termasuk salah satu penghargaan musik terbesar dan paling bergengsi di dunia industri musik, sama dengan Billboard Music Awards atau American Music Awards.

Berikut ini akan kami bagas mengenai sejarah Grammy Awards dari awal hingga apa saja kategori utama dari penghargaan Grammy Awards.

Sejarah Grammy Awards


Grammy Awards pertama digelar pada tahun 1959 yang untuk pertama kalinya menyelenggarakan malam upacara penganugerahan Grammy. Biasanya penghargaan Grammy Awards yang dilakukan di tahun tersebut dilakukan untuk menghormati prestasi artis, band atau penyanyi di satu tahun sebelumnya sesuai kriteria yang ditentukan.

Fakta dan Sejarah Penghargaan Grammy Awards


Terdapat banyak kategori yang dipertandingkan di ajang penghargaan Grammy ini, bahkan mencapai puluhan. Biasanya kategori-kategori ini dibedakan pada tiap-tiap genre musiknya. Namun ada empat kategori yang tidak terpengaruh oleh genre, sebagai berikut.

Album terbaik tahun ini (Album of the year),
diberikan kepada musisi dan tim produksi untuk album terbaik dalam satu tahun

Rekaman terbaik tahun ini (Record of the year), 
diberikan kepada musisi dan tim produksi untuk satu lagu terbaik dalam satu tahun

Lagu terbaik tahun ini (Song of the year), 
diberikan kepada penulis dan pencipta lagu untuk satu lagu terbaik dalam satu tahun.

Pendatang baru terbaik (Best new artist), 
diberikan kepada artis pendatang baru terbaik yang baru memulai karir di tahun tersebut.

Penghargaan lain diberikan karena performa dan produksi dari tiap-tiap genre, termasuk juga kontribusi lain seperti artwork atau video musik. Karena banyaknya kategori, hanya beberapa kategori populer saja, termasuk empat kategori di atas dan beberapa kategori dari genre musik populer seperti rock, pop, rap atau country, yang disiarkan televisi secara live.

Sementara pengumuman kategori-kategori lain yang kurang populer sudah disampaikan terlebih dahulu pada siang hari sebelum pergelaran.

Dalam sejarahnya, penyanyi Sir Georg Solti tercatat sebagai pengoleksi Grammy Awards terbanyak, sebanyak 31 kali, diikuti Quincy Jones dengan 27 kali. Sementara di antara kalangan artis perempuan, Alison Krauss adalah juaranya dengan total 26 kali meraih penghargaan. Untuk kategori kelompok atau grup band dipegang oleh band asal Irlandia, U2 dengan 22 penghargaan.

Belum ada Komentar untuk "Fakta dan Sejarah Penghargaan Grammy Awards [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel