Macam-Macam Genre Musik Populer Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Macam-macam genre musik - Musik terdiri dari banyak jenis aliran dan genre. Genre musik sendiri adalah suatu pengelompokan jenis musik sesuai dengan kemiripannya yang ada dan karakteristik satu sama lain. Pengelompokkan aliran musik bisa dibedakan dengan beberapa faktor dan kriteria tertentu, seperti nada dan irama yang dihasilkan, tempo lagu, hingga lokasi geografis asal suatu musik tersebut pertama kali berkembang.

Secara umum pengertian musik adalah susunan nada atau suara yg disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan, dengan menggunakan instrumen alat musik tertentu. Pada perkembangannya, ada banyak macam-macam musik, baik musik klasik, musik tradisional, atau pun musik modern.

Sebuah jenis musik juga dapat didefinisikan dan didasari oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema dari musik yang dihasilkan itu sendiri. Sepanjang sejarahnya, ada banyak macam genre musik yang ada dari masa ke masa. Namun meskipun begitu, hanya ada beberapa saja yang termasuk dalam genre musik populer yang kemudian banyak digemari masyarakat, hingga di era moder ini.

Karena perkembangan zaman yang luas, dari beberapa genre tersebut, juga ada beberapa subgenre yang bisa dikategorikan dalam suatu genre utama. Kami coba menampilkan list jenis-jenis genre musik yang ada yang paling populer hingga kini.


Macam-Macam Genre Musik Populer


Berikut merupakan beberapa jenis-jenis genre musik populer beserta pengertian, ciri-ciri, karakteristik, subgenre dan contohnya.

Rock


Rock merupakan salah satu aliran musik paling populer sampai sekarang. Genre musik rock merupakan perpaduan dari rythm, jazz, blues, dan country. Ada beberapa subgenre musik rock seperti alternative rock, hard rock, punk rock, rock metal, dan sebagainya.

Contoh musisi rock terkenal misalnya yaitu band-band seperti The Beatles, Guns N' Roses, Led Zeppelin, Pink Floyd, Queen, dan lain-lain.

Pop


Musik pop merupakan jenis musik paling populer. Kata pop sendiri merupakan singkatan dari populer. Ciri khas musik pop adalah easy listening dan terdengar lebih modern. Musik pop menjadi aliran dasar dari semua aliran musik yang ada saat ini.

Contoh musisi pop terkenal misalnya adalah Michael Jackson, Whitney Houston, Prince, Madonna, Katy Perry, Bruno Mars, dan lain-lain.

R&B


R&B adalah singkatan dari rhythm and blues, yakni jenis musik yang dihasilkan dari pergbaungan antara musik jazz, blues, gospel, dan pop. Musik ini pertama dikenal di kalangan kulit hitam asal Afrika-Amerika pada tahun 1940-an lalu.

Contoh musisi R&B terkenal misalnya adalah Mariah Carey, Alicia Keys, Usher, R. Kelly, Stevie Wonder, John Legend, dan lain-lain.

Hip Hop


Musik hip hop adalah jenis musik yang memiliki perpaduan nada dan ritme yang unik, umumnya dipadukan dengan teknik rap atau menyanyi cepat. Hip hop lahir dari bagian timur Amerika dan merupakan perkembangan dari musik R&B.

Contoh musisi hip hop terkenal misalnya adalah rapper-rapper seperti Jay-Z, Eminem, Dr. Dre, Kanye West, Drake, dan lain-lain.

Jazz


Jazz adalah genre musik dengan ciri khas tempo yang slow, irama yang easy listening hingga penggunaan instrumen trumpet. Musik jazz biasanya banyak disukai oleh kalangan-kalangan tertentu. Jenis muik ini memang sarat akan nilai elegan dan berkelas.

Contoh musisi jazz terkenal misalnya adalah Miles Davis, John Coltrane, Charlie Parker, Duke Ellington, dan lain-lain.

Blues


Musik blues pertama digunakan sebagai musik pujian dan spiritual yang diungkapkan secara emosional oleh warga Afrika-Amerika pada tahun 1910. Kini blues menjadi salah satu genre musik terkenal, yang turut menjadi asal usul genre musik lain seperti R&B, rock atau pop.

Contoh musisi blues terkenal misalnya adalah Jimi Hendrix, B.B. King, Eric Clapton, Muddy Waters, Robert Johnson, dan lain-lain.

Reggae


Genre musik reggae pertama muncul dari negara Jamaika. Jenis musik ini perpaduan dari musiknya yang serupa yaitu ska dan rocksteady. Ciri khasnya adalah tempo musik yang lambat, beat yang enak didengar, serta penggunaan lirik lagu tentang cinta dan kebebasan.

Contoh musisi reggae terkenal misalnya adalah Bob Marley, Peter Tosh, Jimmy Cliff, Toots Hibbert, dan lain-lain.

Country


Country merupakan salah satu jenis-jenis musik populer saat ini, terutama di Amerika Serikat. Musik country merupakan jenis musik tradisional yang memuat unsur musik Amerika Serikat bagian selatan tepatnya di pegunungan Appalachia. Kini genre country masih digemari di negara Amerika.

Contoh musisi country terkenal misalnya adalah Kenny Rogers, Johnny Cash, Shania Twain, Carrie Underwood, dan lain-lain.

Electronic


Musik electronic adalah jenis musik yang menggunakan tambahan alat musik yang lebih modern atau instrumen elektrik untuk memberi sentuhan musiknya. Di era modern, genre musik ini juga dikenal dengan istilah EDM atau electronic dance music.

Contoh musisi electronic terkenal misalnya adalah Depeche Mode, Daft Punk, Calvin Harris, Zedd, David Guetta, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Genre Musik Populer Lainnya


Berikut beberapa jenis-jenis musik lainnya, termasuk beberapa subgenre musik populer lain yang bisa dianggap berdiri sendiri seperti alternative, metal, punk dan grunge, yang merupakan turunan dari musik rock.

  • Folk
  • Latin
  • Gospel
  • Soul
  • Funk
  • Alternative
  • Metal
  • Punk
  • Grunge
  • Classical
  • Progressive
  • Techno
  • Dangdut

Demikian info macam-macam genre musik dan alirannya yang paling terkenal. Tiap genre dan subgenre memiliki ciri khas dan karakteristik nada yang berbeda-beda, tergantung dari masing-masing genre. Sebenarnya masih banyak lagi genre dan subgenre musik lain. Hanya saja yang disebutkan di atas adalah yang paling populer di dunia di era sekarang.

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru