Profil dan Biografi Elvis Presley Lengkap

Elvis Presley adalah penyanyi legendaris asal Amerika Serikat. Penyanyi sekaligus musisi ternama ini merupakan ikon ternama dan juga terpopuler di dunia musik. Dia juga merupakan seorang produser musik dan aktor. Elvis Presley lahir di Tupelo, Mississippo, Amerika Serikat pada tanggal 8 Januari 1935. Saat berusia 13 tahun, dia dan keluarganya pindah ke Memphis, Tennessee. Presley sering dijuluki sebagai King of Rock and Roll, atau singkatnya The King. Hal ini dikarenakan Elvis Presley merupakan salah satu ikon pemberi perubahan signifikan dalam budaya di abad 20, terutama dalam bidang rock and roll. Mulai dari gaya, perilaku, hingga cara berpakaian Elvis Presley banyak ditiru orang lain dan menjadi simbol dari rock and roll itu sendiri. Berikut ini kami tampilkan info profil dan biografi lengkapnya.

Biodata Elvis Presley


Nama lengkap : Elvis Aaron Presley
Lahir : Tupelo, Mississippi, Amerika pada 8 January 1935
Meninggal : Memphis, Tennessee, Amerika pada 16 August 1977 (umur 42)
Genre : Rock and roll, pop, rockabilly, country, blues
Pekerjaan : Musisi, penyanyi, aktor
Instrumen : Vokal, gitar, piano
Tahun aktif : 1953–1977

Profil dan Biografi Elvis Presley Lengkap

Biografi Elvis Presley


Elvis Presley memulai karir musiknya pada tahun 1954 bersama Sun Records. Awal karirnya, Elvis dikenal dengan genre musik rockabilly, serta penggabungan musik country, blues dan rhythm. Pada tahun 1956, Elvis memutuskan untuk pindah label. Perilisan single Heartbreak Hotel membuat namanya makin populer setelah lagu tersebut menjadi lagu hits nomer satu di Amerika. Pada November 1956, Elvis Presley berperan dalam film debutnya berjudul Love Me Tender. Elvis sempat masuk dalam servis militer Amerika sebelum kembali ke dunia musik pada 1958. 

Elvis Presley kemudian melanjutkan karir bermusiknya dengan hits-hits andalan dan tampil di beberapa film Hollywood. Di tahun 50an, nama Elvis Presley memang begitu populer sebagai salah satu penyanyi paling populer di dunia. Sejumlah lagu terbaik Elvis Presley di tahun 50an seperti Hound Dog dan Jailhouse Rock sukses menjadi lagu hits yang populer secara internasional. Gaya dan fashionnya juga begitu digemari, hingga ia menjadi salah satu ikon trendsetter dunia.

Pada era 60-an, karir Elvis Presley mulai menurun, terutama karena bangkitnya 'British Invasion' yang dipimpin oleh The Beatles dan The Rolling Stones. Ia sempat melakukan comeback tour yang sukses melalui penampilan televisi pada 3 Desember 1968 yang berjudul '68 Comeback Special. Elvis Presley kemudian lebih banyak mengadakan konser, terutama pada medio 1969 hingga 1973. Elvis meninggal dunia pada tanggal 16 Agustus 1977 di usia 42 tahun akibat serangan jantung. Kematian Elvis Presley menyimpan duka yang mendalam bagi industri entertainment dunia.

Elvis Presley merupakan salah satu musisi terbesar di abad 20. Total Elvis telah memperoleh 14 nominasi Grammy Awards dan 3 kali memenangkannya. Elvis juga pernah menerima penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award di usia 36 tahun. Ia pun disebut-sebut sebagai salah satu penyanyi terpopuler sepanjang masa. Namanya pun akan dikenang sebagai salah satu entertainer paling berpengaruh sepanjang sejarah.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru