Biografi dan Daftar Album Radiohead Terbaru

Radiohead adalah grup band rock terkenal asal Inggris. Radiohead dibentuk di kota Abingdon, Oxfordshire pada tahun 1985. Mereka terdiri dari Thom Yorke sebagai vokalis utama, Jonny Greenwood dan Ed O'Brien sebagai gitaris utama, Colin Greenwood sebagai bassis serta Phil Selway sebagai drummer. Gaya dan genre musik Radiohead mengusung aliran alternative rock, experimental rock dan juga electronic. Secara umum, Radiohead telah merilis 9 album studio dan sukses menjual lebih dari 30 juta kopi album di seluruh dunia. Album OK Computer di tahun 1997 menjadi album tersukses dan paling populer Radiohead dan menjadi salah satu album musik paling berpengaruh sepanjang masa. Band ini juga disebut-sebut sebagai band paling inovatif di era modern, dan banyak memberikan pengaruh besar bagi industri musik. Berikut Museum Musik hadirkan sejarah dan biografi band Radiohead.

Biografi dan Daftar Album Radiohead Terbaru

Biografi Radiohead


Radiohead memulai karir dengan merilis single debutnya, Creep di tahun 1992. Meski awalnya lagu tersebut tidak terlalu laku di pasaran, namun akhirnya lagu Creep menjadi populer setelah perilisan album debut Pablo Honey setahun setelahnya dan menjadi salah satu lagu terbaik tahun 90an. The Bends, merupakan album studio kedua Radiohead yang dirilis tahun 1994. Album ini cukup sukses dan mulai menaikkan popularitas Radiohead di kalangan pecinta musik di Britania Raya.

Namun baru pada album ketiga, berjudul OK Computer, yang menjadi titik balik utama kesuksesan Radiohead. OK Computer dirilis pada tahun 1997 dengan suara yang lebih ekspansif dan mengambil tema non-mainstream, serangan alien di era modern. Album ini menjadi salah satu album populer di era 90-an dan menjadi landmark industri musik di tahun 1990-an itu sendiri. OK Computer menjadi salah satu album tersukses sepanjang masa. Tiga single utama yang dirilis dari album ini adalah Paranoid Android, Karma Police hingga No Surprises yang juga menjadi lagu Radiohead terpopuler.

Radiohead melanjutkan kesuksesan mereka dengan perilisan album keempat, Kid A di awal millenium. Album ini juga menjadi salah satu album paling sukses secara penilaian di era 2000-an, dengan kebanyakan menggunakan lirik abstrak dan mengusung musik baru dengan tema elektronik. Album kelima dan keenam Radiohead dirilis dengan judul Amnesiac di tahun 2001 dan Hail to the Thief di tahun 2003. Dalam dua album ini, Radiohead banyak mengubah genre musik mereka, dan banyak terpengaruh musik elektronik, jazz dan sentuhan piano mix.

In Rainbows kemudian dirilis di tahun 2007 sebagai album ketujuh Radiohead. Untuk kesekian kalinya, album ini juga sukses secara penilaian dan menjadi titik balik Radiohead untuk kembali ke musik alternative rock seperti di era 90-an. Album ini pun cukup unik karena menerapkan harga pay-what-you-like, dimana fans boleh membayar seikhlasnya untuk membeli album ini. Radiohead lalu merilis album kedelapan mereka, The King of Limbs pada tahun 2011 dengan paduan musik electronic dan alternative. Album terbaru mereka, A Moon Shaped Pool dirilis tahun 2016 lalu dengan single utama Burn the Witch dan Daydreaming.


Daftar Album Radiohead

  • Pablo Honey (1993)
  • The Bends (1995)
  • OK Computer (1997)
  • Kid A (2000)
  • Amnesiac (2001)
  • Hail to the Thief (2003)
  • In Rainbows (2007)
  • The King of Limbs (2011)
  • A Moon Shaped Pool (2016)

Hingga kini, Radiohead telah merilis 9 album studio, termasuk beberapa album yang sangat sukses secara review, seperti OK Computer (1997), Kid A (2000), In Raibows (2007) dan A Moon Shaped Pool (2016). Radiohead mampu masuk list 100 besar daftar Greatest Artists of All Time oleh majalah Rolling Stone. Band ini juga banyak disebut sebagai salah satu band rock paling inovatif dan paling berpengaruh di era modern berkat berbagai pencapaiannya di industri musik.

Belum ada Komentar untuk "Biografi dan Daftar Album Radiohead Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel