Profil dan Biografi Alicia Keys Terbaru

Alicia Keys adalah penyanyi R&B asal Amerika. Ia juga merupakan seorang penulis lagu, pianis, musisi, aktris dan produser rekaman. Alicia Keys lahir pada 25 Januari 1981 dengan nama asli Alicia Augello Cook. Ia merupakan salah satu artis R&B terbaik sepanjang masa. Selain R&B, ia juga menghasilkan karya bergenre pop dan jazz. Majalah Billboard menempatkannya sebagai top artis R&B di era 2000-an. Ia juga termasuk dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time versi VH1. Keys telah merilis 5 album studio sejak album debutnya pada tahun 2001 yang berjudul Songs in A Minor. Beberapa single dan lagu hits terbesarnya yang populer di seluruh dunia antara lain adalah Fallin', Empire State of Mind (duet dengan Jay-Z) serta Girl on Fire. Berikut ini merupakan info profil dan biodata lengkap Alicia Keys.

Biodata Alicia Keys


Nama lahir : Alicia Augello Cook
Nama populer : Alicia Keys
Tempat lahir : New York, Amerika Serikat
Tanggal lahir : 25 January 1981
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu, musisi, aktris, pianis, produser rekaman
Genre : R&B, pop, soul
Instrumen : Vokal, piano, keyboards, cello, gitar, bass

Profil dan Biografi Alicia Keys Terbaru

Biografi Alicia Keys


Alicia Keys memulai karir musiknya dengan merilis album debut, Songs in a Minor pada tahun 2001. Album ini sukses secara komersil dengan rekor penjualan 12 juta kopi di seluruh dunia dengan memadukan unsur musik R&B dan jazz. Ia lalu menjadi artis pendatang baru dengan rekor penjualan tertinggi. Album ini juga membuat Alicia Keys meraih lima penghargaan Grammy Awards sekaligus, termasuk Artis Pendatang Baru Terbaik dan Lagu Terbaik untuk lagu Fallin'.

Rekor ini membuat Alicia Keys menjadi artis Amerika kedua yang berhasil memenangkan lima Grammy Awards sekaligus dalam satu pergelaran. Fallin' juga termasuk dalam salah satu lagu terbaik tahun 2000an versi beberapa majalah musik ternama dunia. Ia lalu merilis album keduanya, The Diary of Alicia Keys di tahun 2003. Album ini juga sukses secara komersil di seluruh dunia dengan 8 juta kopi terjual dimana banyak lagu hits Alicia Keys yang sukses.

Tahun 2007, As I Am dirilis sebagai album studio ketiga Alicia Keys. Dua tahun berselang, album keempat, The Element of Freedom dirilis, tepatnya pada Desember 2009. Baru pada tahun 2012, album kelimanya, Girl on Fire dirilis dan menjadi album sukses berikutnya bagi Alicia Keys.

Daftar Album Alicia Keys

  • Songs in a Minor (2001)
  • The Diary of Alicia Keys (2003)
  • As I Am (2007)
  • The Element of Freedom (2009)
  • Girl on Fire (2012)
  • Here (2016)

Sejauh ini, Alicia Keys telah merilis enam album studio. Ia menempati posisi pertama dalam daftar list top R&B songs artist di dekade 2000-an dan juga menjadi salah satu penyanyi terbaik era 2000-an dengan unsur musik jazz dan pop. Alicia Keys juga masuk posisi 10 dalam daftar Top 50 R&B/Hip Hop Artists of the Past 25 Years. Dengan segala pencapaian itu, Alicia Keys masuk dalam deretan artis R&B terbaik sepanjang masa.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru