10 Grup Band Legendaris Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Grup band legendaris paling berpengaruh - Dalam perkembangan industri musik dunia, banyak bermunculan band-band terbaik yang mampu menghasilkan deretan lagu dan album yang menjadi hits internasional. Beberapa band dengan genre rock memang mendominasi, meskipun band-band dari genre lain seperti metal, alternative, pop, hip hop, jazz, R&B, blues, reggae dan lain-lain juga cukup eksis. Band-band legendaris kebanyakan berasal dari era lama di tahun 60an, 70an, dan 80an.

Beberapa grup band tersebut memang sangat populer dan menjadi favorit para pecinta musik dunia hingga kini serta memiliki fans dan penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Kehadiran band-band legendaris ini juga sangat berpengaruh pada band-band di masa mendatang, sebut saja seperti The Beatles yang dianggap sebagai musisi paling berpengaruh di abad 20.

Banyak penyanyi dan band-band di era 2000an yang terinspirasi dan menjadikan band-band legendaris di era lawas sebagai panutannya, mulai dari gaya dan genre musik, aksi panggung dan aspek-aspek lainnya. Lalu band apa sajakah yang bisa disebut sebagai band dengan pengaruh terbesar sepanjang masa atau the most influential band of all time? 

Grup Band Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

10 Grup Band Paling Berpengaruh Sepanjang Masa


Berikut ini merupakan info mengenai daftar 10 grup band legendaris yang paling banyak memberikan pengaruh pada musisi dan band lain lewat gaya musikalitas mereka.

1. The Beatles


The Beatles bisa dibilang sebagai band rock terbaik sepanjang masa. Berbagai karya-karya terbaiknya mulai dari lagu hingga album selalu laku keras dan diminati banyak pecinta musik hingga sekarang. The Beatles terdiri dari John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr dan George Harrison. The Beatles juga memegang rekor band dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.

The Beatles banyak memberikan pengaruh dari warna musik yang menjadi ciri khas mereka. Musik khas classic rock dan post-rock modern banyak dijadikan inspirasi oleh band-band lain di era selanjutnya dan merevolusi musik pop dan rock. Maka tak heran jika The Beatles disebut sebagai band paling berpengaruh di industri musik.

2. Led Zeppelin


Led Zeppelin menjadi band terbesar dan terpopuler di era 70-an. Led Zeppelin terdiri dari Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones dan John Bonham. Led Zeppelin menjadi band paling inovatif. Genre musik yang dibawakan Led Zeppelin sangat bervariasi. Tidak hanya musik rock saja yang menjadi identitas Led Zeppelin, tapi juga kombinasi genre lain seperti musik heavy metal, blues, folk, rockabily, hard rock, pop, soul, jazz, reggae dan latin. Keberhasilan memadukan beberapa genre musik pun menghasilkan warna musik khas Led Zeppelin yang banyak menjadi inspirasi band rock lainnya.

3. Black Sabbath


Banyak yang menyebut jika musik heavy metal pertama dipopulerkan pertama kali oleh Black Sabbath. Karena itulah Black Sabbath disebut sebagai salah satu band paling berpengaruh sepanjang masa. Black Sabbath banyak menghadirkan lagu-lagu metal terbaik sepanjang masa. Dengan rekor penjualan mencapai 70 juta kopi di seluruh dunia, maka tak salah jika Black Sabbath merupakan band metal terbaik di dunia hingga kini.

4. The Rolling Stones


The Rolling Stones beranggotakan Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts dan Ronnie Wood dan dianggap sebagai band yang turut serta dalam mengembangkan musik rock secara keseluruhan. Musik rock khas The Rolling Stones banyak membawa pengaruh bagi band-band rock lainnya. Dengan prestasi dan pencapaian yang diraih, The Rolling Stones juga menjadi salah satu band rock terbaik sepanjang sejarah.

5. Nirvana


Nirvana menjadi salah satu band paling berpengaruh sepanjang masa. Nirvana beranggotakan Kurt Cobain, Krist Novoselic dan Dave Grohl dan hanya merilis 3 album saja dalam masa aktif yang singkat. Namun itu sudah cukup untuk membuat Nirvana menjadi populer hingga kini. Genre musik rock grunge yang dipopulerkan Nirvana mampu mengubah warna musik rock dan menjadi transisi dari classic rock ke rock modern. Andai vokalis Nirvana, Kurt Cobain tidak bunuh diri di tahun 1994, maka mungkin band ini masih bisa eksis di level tertinggi hingga sekarang.

6. Queen


Jika pernah mendengar lagu-lagu legendaris seperti Bohemian Rhapsody, We Are The Champions, We Will Rock You atau Under Pressure, maka pasti akan langsung tahu kualitas musik dari band bernama Queen. Ya, deretan lagu terbaik Queen tadi merupakan bukti kualitas band ini. Queen merupakan band legendaris yang populer di era 70-an dan 80-an. Terdiri dari Freddie Mercury, Roger Taylor, Brian May dan John Deacon, Queen menjadi salah satu band paling berpengaruh sepanjang masa. Musik Queen terdiri dari progressive rock dan classic rock.

7. Pink Floyd


Pink Floyd dikenal sebagai salah satu band legendaris terbaik sepanjang masa dengan rekor penjualan mencapai 300 juta keping di seluruh dunia. Dikenal juga sebagai band yang mempopulerkan musik progressive rock dan psychedellic rock, menjadikan Pink Floyd salah satu band rock paling berpengaruh di dunia. Ciri khas lain dari Pink Floyd adalah lirik lagu filosofis yang banyak mengandung makna tersembunyi serta didukung dengan cover album aneh.

8. Radiohead


Radiohead pertama populer di era 90-an dan mampu mempertahankan eksistensinya hingga kini. Genre musik awal yang dibawakan oleh band Radiohead adalah alternative rock, meski lalu mereka memadukannya dengan musik experimental rock dan juga electronic. Gaya musik Radiohead banyak ditiru oleh band band rock populer lain di era modern, seperti Muse dan Gorillaz.

9. Bob Marley & the Wailers


Bob Marley and the Wailers adalah grup bergenre reggae terpopuler hingga kini. Digawangi oleh Bob Marley sang vokalis yang juga sukses dalam bersolo karir, The Wailers mampu mempopulerkan musik reggae yang sangat asing di era 70-an. Banyak lagu reggae barat terbaik yang mereka hasilkan. Meski masa aktif The Wailers singkat, namun mereka mampu membuat musik reggae diakui hingga era musik modern kini. Setelah band ini bubar di tahun 1974, Bob Marley melanjutkan solo karir sebelum meninggal di tahun 1981.

10. The Tielman Brothers


The Tielman Brothers adalah band asal Indonesia di era 1950-an dan disebut sebagai grup musik tertua di Indonesia. The Tielman Brothers mampu menembus pasar musik internasional dan mampu mempopulerkan musik rock and roll sebelum kemunculan The Beatles dan The Rolling Stones. Pecinta musik di Eropa menyebut musik The Tielman Brothers sebagai Indorock. Banyak juga yang menyebut jika band ini menjadi inspirasi The Beatles dalam bermusik. Jika saja karya-karya The Tielman Brothers lebih populer dan lebih eksis, mungkin band ini bisa menandingi kepopuleran band-band legendaris lainnya.

Band-band berpengaruh lainnya :

  • The Clash 
  • Jimi Hendrix & the Experience 
  • The Who 
  • Metallica 
  • Bon Jovi 
  • The Doors 
  • Guns N' Roses 
  • The Smiths 
  • The Velvet Underground
  • Ramones

Itulah informasi update tentang 10 band paling berpengaruh sepanjang masa. Band-band tersebut banyak memberikan pengaruh dan inspirasi besar kepada dunia musik secara keseluruhan dengan style musik, pemilihan lirik lagu, aksi panggung, penampilan dan aspek-aspek lainnya. Dan meski mayoritas band-band tersebut sudah tidak eksis lagi namun tentu band-band tersebut akan terus diingat karena sumbangsih yang besar kepada industri musik ke depannya.

1 Komentar untuk "10 Grup Band Legendaris Paling Berpengaruh Sepanjang Masa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel