Teks Lirik Lagu Nasional Indonesia Raya

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki identitas nasional, mulai dari negara kepulauan, negara maritim, hingga negara kebudayaan. Indonesia juga memiliki banyak lagu lagu nasional. Sejumlah lagu wajib nasional Indonesia diciptakan untuk menumbuhkan patriotisme dan nasionalisme masyarakat Indonesia. Selain itu juga ada lagu kebangsaan Indonesia atau national anthem of Indonesia. Lagu kebangsaan Indonesia berjudul Indonesia Raya dan diciptakan oleh W. R. Supratman. 

Sebagai lagu kebangsaan, Indonesia Raya banyak diputar di berbagai acara, mulai dari upacara bendera sekolah tiap hari Senin, upacara 17 Agustus, acara kepresidenan hingga acara acara di tingkat nasional dan internasional. Lagu Indonesia Raya juga akan diputar di event event olahraga, seperti sepakbola atau badminton. Tentu suatu kebanggan jika lagu Indonesia Raya bisa diputar di event event olahraga internasional seperti Olimpiade atau All England.

Namun faktanya, masih banyak warga negara Indonesia yang belum hafal benar keseluruhan teks lagu Indonesia Raya. Bahkan beberapa menteri Indonesia setingkat Roy Suryo pernah tertangkap kamera lupa lirik lagu Indonesia Raya. Untuk itu kali ini akan kami hadirkan teks lirik lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman selengkapnya.

Teks Lirik Lagu Indonesia Raya

Teks Lirik Lagu Indonesia Raya

Indonesian National Anthem
(ciptaan : W. R. Supratman)

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu Ibuku

Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Itu tadi info update mengenai teks lirik lagu Indonesia Raya. Sebagai warga negara Indonesia, kita tentu harus bisa menghafalkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang merupakan cerminan dari bangsa Indonesia. Tentunya dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia diharapkan akan bisa menambah rasa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air Indonesia. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

1 komentar:

  1. lagu tersebut gimana cerita rilisnya ya? tahun berapa mungkin?

    BalasHapus

Artikel Musik Terbaru