Sejarah Musik Reggae dan Perkembangan Musik Reggae Dunia

Sejarah musik reggae - Industri musik berisikan banyak genre dan jenis musik. Beberapa genre populer saat ini antara lain adalah rock, pop, R&B, hip hop, jazz dan juga reggae. Musik reggae mungkin tidak sepopuler genre lainnya, namun musik reggae memiliki tempat tersendiri di mata para pecinta musik reggae. Sepanjang sejarah musik reggae, perkembangan musik reggae dunia memang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Musik reggae memiliki ciri khas yang berbeda, beberapa ciri-ciri musik reggae misalnya irama musiknya yang lebih pelan dan tempo yang lebih lambat. Hal ini membuat musik reggae banyak digemari serta memiliki penggemar fanatik. Banyak lagu reggae terbaik yang dinyanyikan para musisi reggae populer.

Lalu seperti apakah sejarah awal dan perkembangan musik reggae dunia dari awal hingga populer seperti sekarang? Berikut ini akan kami tampilkan sejarah reggae secara singkat dengan penjelasan lengkapnya baik dari segi budaya atau musiknya.

Sejarah Perkembangan Musik Reggae

Sejarah Musik Reggae


Musik reggae diperkirakan mulai populer di tahun 60an, tepatnya pada tahun 1968. Saat itu, sedang trend lagu lagu dengan tempo lebih lambat jika dibanding dengan musik ska dan rocksteady di negara Jamaika. Musik dengan irama lambat tersebut kemudian dinamakan reggae.

Kata reggae awalnya merupakan bahasa Afrika yang maknanya adalah gerakan badan yang menari sesuai dengan irama musik yang dimainkan. Fakta tersebut pun semakin menegaskan jika musik reggae awalnya berasal dari negara Jamaika.

Genre musik reggae pun terkenal dengan ciri khas nada dan irama yang pelan dan tempo yang lambat. Selain itu musik reggae juga banyak dipengaruhi oleh genre musik lain seperti ska, R&B, soul dan musik rakyat Jamaika, yaitu musik mento.

Popularitas musik reggae pun makin mendunia terutama setelah kemunculan Bob Marley and the Wailers yang konstan membawakan lagu lagu dan single hits bergenre reggae.

Bob Marley pun menghentak industri musik di tahun 70an. Album Catch a Fire atau Exodus pun melambungkan musik reggae ke seluruh dunia dan membuat musik reggae makin dikenal. Beberapa lagu reggae Bob Marley yang paling populer antara lain seperti No Woman No Cry, Redemption Song, One Love, Three Little Birds atau Buffalo Soldier yang membuat musik reggae makin diapreasiasi.

Setelah kesuksesan Bob Marley, kemudian banyak bermunculan grup, band, musisi dan penyanyi reggae yang populer di Amerika. Beberapa penyanyi reggae terbaik di era tersebut antara lain adalah Paul Simon, Lee 'Scratch' Perry, Eric Clapton dan masih banyak lagi.

Perkembangan reggae pun makin pesat dan sudah menjadi salah satu genre musik populer di Amerika dan juga penjuru dunia lain, termasuk di Indonesia.

Di era modern, musik reggae pun masih populer meski masih kalah dengan genre musik populer lain seperti rock atau pop. meski begitu, Musik reggae banyak memiliki komunitas tersendiri, terutama karena faham rastamania yang selalu diusung oleh para pecinta reggae. Subgenre dan varian jenis reggae pun bermunculan seperti reggae hip hop, reggae blues, reggae rock dan lain-lain.

Hingga kini musik reggae pun menjadi salah satu genre musik populer di dunia, termasuk juga di Indonesia. Banyak lagu reggae Indonesia terpopuler yang terkenal dan enak didengar. Tiap tahun juga banyak lagu lagu reggae terbaru yang populer.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Musik Reggae dan Perkembangan Musik Reggae Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel