10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Terdapat banyak musisi yang bersinar sepanjang tahun 2014. Sepanjang tahun, berbagai penyanyi dan band ternama berlomba-lomba merilis karya terbaru mereka. Nama-nama populer seperti Katy Perry, Coldplay, Taylor Swift, Maroon 5 atau Beyonce konsisten merilis single terbaru. Selain itu juga banyak para musisi pendatang baru yang mencuri perhatian. Beberapa penyanyi baru yang mampu populer adalah Sam Smith atau Iggy Azalea.

Beberapa band indie seperti Future Islands atau The War on Drugs juga banyak menghasilkan lagu-lagu yang berkualitas. Sementara beberapa musisi lawas juga masih banyak yang produktif, sebut saja seperti David Bowie atau Bruce Springsteen yang telah eksis sejak era 70an hingga sekarang. Sebagai tambahan juga ada nama Michael Jackson lewat album keduanya yang dirilis setelah meninggal dunia.

Berikut akan kami tampilkan list 10 musisi, baik penyanyi solo atau pun grup band yang paling populer di tahun 2014. Selain popularitas, kualitas musik yang dirilis di tahun 2014 serta faktor lain menjadi penilaian dalam menyusun list ini.


1. U2

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Sejak merilis album No Line on the Horizon di tahun 2009, U2 belum merilis album baru lagi. Jarak 5 tahun sejak perilisan album tersebut menjadi yang terlama dalam karir salah satu band terbaik sepanjang masa ini. U2 akhirnya merilis album terbaru mereka, Songs of Innocence di tahun 2014. Perilisan album termasuk mengejutkan karena tanpa ada pengumuman resmi dari jauh-jauh hari. Kembali eksisnya U2 di industri musik tahun ini menjadi salah satu kabar menggembirakan bagi para fansnya, dan penggemar musik secara umum.


2. Taylor Swift

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Taylor Swift kembali meneruskan tradisi dengan selalu merilis album dalam space 2 tahun. Ia telah merilis album di tahun 2006, 2008, 2010, 2012, dan kini di tahun 2014 ia merilis album dengan judul 1989. Taylor Swift mampu sukses berkat single Shake It Off dan Blank Space. Tahun 2014 juga ditandai dengan perubahan genre musik utamanya, dari pop country menuju pop mainstream. Banyak pro-kontra terkait perubahan genre dan style drastis dari Taylor Swift tersebut.


3. Ed Sheeran

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Tahun 2014 bisa dibilang sebagai tahun tersukses dalam karir musik musisi asal Inggris ini. Album x dari Ed Sheeran menjadi salah satu best-selling album sepanjang tahun. Ed Sheeran juga mampu menghasilkan hits hits sukses sepanjang 2014. Ia pun menjadi salah satu penyanyi pria terpopuler saat ini.


4. Coldplay

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Nama grup band Coldplay menjadi salah satu band terpopuler dalam kurun 1 dekade terakhir. Tahun ini, mereka kembali merilis album baru, Ghost Stories, yang kembali sukses seperti album album sebelumnya. Lagu A Sky Full of Stars menjadi single hits tersukses mereka.


5. Iggy Azalea

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Iggy Azalea menjadi salah satu pendatang baru yang sukses mencuri perhatian di tahun 2014. Single Fancy dari album The New Classic menjadi titik balik popularitasnya. Ia menjadi satu dari sedikit penyanyi rap wanita yang mampu eksis di industri musik. Kita tunggu saja karya-karya Iggy Azalea berikutnya.


6. Sam Smith

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Pendatang baru lain yang banyak dibicarakan adalah Sam Smith. Penyanyi pria asal Inggris merilis album In the Lonely Hour di tahun 2014, yang mampu menjadi salah satu album terlaris sepanjang tahun. Menarik melihat kiprahnya di belantika musik di tahun-tahun berikutnya.


7. Damon Albarn

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Damon Albarn telah malang melintang di belantika musik dunia. Ia menjadi frontman band britpop Blur di era 90an, dan menjadi aktor dibalik layar kesuksesan band virtual Gorillaz di era 2000-an. Di tahun 2014, ia merilis album solo atas namanya sendiri. Dengan mengusung style musik kolaborasi Blur dan Gorillaz, album Everyday Robots yang ia rilis ternyata cukup sukses dan mendapat respon positif dari pengamat musik.


8. Pharell Williams

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Tak dipungkiri jika lagu berjudul 'Happy' yang ia nyanyikan yang sukses menjadi hits global menjadi faktor popularitas Pharell Williams di tahun 2014. Single dari album G I R L itu mampu mendunia, dan membuatnya menjadi salah satu artis terpopuler di tahun 2014. Paduan genre musik pop, R&B dan hip hop menjadi warna tersendiri dari single dan lagu-lagu yang ia bawakan.


9. Beyonce

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Penyanyi R&B ini memang dikenal konsisten menghasilkan karya terbaru tiap tahunnya. Beyonce kembali menggebrak di tahun 2014. Meski album terbarunya dirilis tahun lalu, namun di tahun ini ia tetap mampu eksis di level atas. Beberapa single nya juga mampu masuk top 10 chart tangga lagu dunia.


10. Arctic Monkeys

10 Penyanyi/Band Terbaik Tahun 2014

Band asal Inggris ini mampu menghentak pasar musik rock dunia. Euforia album AM yang dirilis tahun 2013 lalu masih berlanjut hingga tahun 2014. Berbagai single baru dihasilkan Arctic Monkeys yang sukses masuk chart rock. Band ini pun kini menjadi salah satu band rock terbaik di dunia.


Penyanyi / band populer lain di tahun 2014 :
  • Lana Del Rey
  • The War on Drugs
  • St. Vincent
  • Beck
  • Ariana Grande
  • Future Islands
  • Jack White
  • Sia
  • Katy Perry
  • The Black Keys
  • Lorde

Itulah list 10 musisi terbaik tahun 2014, baik penyanyi solo, band dan grup lain. Daftar tersebut berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dari musisi sepanjang tahun 2014. Tentunya para artis dan musisi yang masuk dalam list tersebut telah menghasilkan berbagai album dan lagu terbaik 2014 yang populer. Kita tunggu saja kiprah mereka di tahun 2015 nanti.


-MuseumMusik-

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan