Profil Lengkap dan Biografi Sia Furler Terbaru

Sia Furler merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu terkenal asal Australia. Ia lahir dengan nama lengkap Sia Kate Isobelle Furler, namun kemudian lebih dikenal dengan nama Sia saja. Sia lahir pada tanggal 18 Desember 1975 di Adelaide, Australia. Ia sudah aktif di industri musik sejak tahun 90an, namun baru meraih popularitas global beberapa tahun terakhir. Awalnya, Sia juga lebih dikenal sebagai seorang produser dan penulis lagu untuk penyanyi lain. Namun kemudian ia mulai menyanyikan lagu lagunya hingga menjadi salah satu penyanyi terpopuler di dunia. Sia juga dikenal dengan ciri khas jarang menunjukkan wajahnya di publik dengan mengenakan wig (rambut palsu) yang menutupi wajahnya. Berikut ini info biodata, profil dan biografi Sia lengkap terbaru.

Biodata Sia


Nama lengkap : Sia Kate Isobelle Furler
Nama populer : Sia
Tempat lahir : Adelaide, Australia
Tanggal lahir : 18 Desember 1975
Genre : Pop, electronic, jazz
Instrumen : Vokal
Tahun aktif : 1993-sekarang

Profil Lengkap dan Biografi Sia Furler Terbaru

Biografi Sia

Sia Furler mengawali karir sejak tahun 1993 sebagai vokalis dari band jazz lokal di Adelaide bernama Crisp. Band ini kemudian bubar di tahun 1997 dan Sia memilih meneruskan solo karir dengan merilis album debutnya, Only See di Australia. Ia kemudian pindah ke Inggris dan menjadi vokalis sementara dari duo Zero 7. Sia kemudian merilis album keduanya, Healing Is Difficult. Setela album ketiganya dirilis, Sia memutuskan untuk pindah ke New York untuk meneruskan karir musiknya.

Album keempat dan kelima dirilis, masing-masing berjudul Some People Have Real Problems (2008) dan We Are Born (2010), meski tidak meraih kesuksesan mainstream. Sia kemudian sempat break dari industri musik. Ia kemudian lebih fokus sebagai penulis lagu untuk artis lain. Sejumlah lagu hits dunia kemudian ia ciptakan, beberapa lagu terbaik Sia di antaranya seperti lagu Diamonds (dinyanyikan Rihannaa), Wild Ones (dinyanyikan Flo Rida) dan Titanium (duet dengan David Guetta).

Single Titanium bersama David Guetta menjadi titik balik popularitas Sia Furler. Di tahun 2014, ia merilis album 1000 Forms of Fear yang sukses memuncaki chart Billboard di minggu pertamanya. Sejumlah single hits ia hasilkan seperti Chandelier dan Elastic Heart. Kesuksesannya ia lanjutkan dengan perilisan album ketujuh, This Is Acting di tahun 2016 yang menghasilkan sejumlah lagu andalan seperti Cheap Thrills dan The Greatest.

Daftar Album Sia

  • OnlySee (1997) 
  • Healing Is Difficult (2001) 
  • Colour the Small One (2004) 
  • Some People Have Real Problems (2008) 
  • We Are Born (2010) 
  • 1000 Forms of Fear (2014) 
  • This Is Acting (2016) 

Sia dikenal sebagai artis yang jarang menampilkan wajahnya di depan umum. Ia memilih menyembunyikan wajahnya dengan sering memakai wig rambut palsu. Dalam sebuah interview, Sia mengungkapkan alasan Sia menyembunyikan wajah aslinya adalah untuk menghindari kehidupan selebritis dan menjaga privasi sehari-hari. Sia juga dikenal sering berkolaborasi dengan dancer cilik Maddie Ziegler dalam video klip lagu lagunya. Maddie Ziegler menjadi dancer utama dalam video musik Sia pada lagu Chandelier. Elastic Heart, Cheap Thrills dan The Greatest.

Itu tadi sedikit info biografi Sia serta diskografi album yang telah ia rilis sepanjang karirnya. Sia memang sudah memulai karir sejak era 90an, namun bisa dibilang ia baru populer secara internasional mulai tahun 2010 ke atas. Artis yang sering menyembunyikan wajahnya ini juga dikenal seebagai pencipta lagu handal untuk musisi dan penyanyi lain. Sekian info biodata artis terbaru.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan