Pengertian dan Ciri-Ciri Musik Blues Lengkap

Blues merupakan salah satu aliran genre musik populer. Jenis musik blues ini berasal dari masyarakat Afrika-Amerika di daerah Deep South di Amerika Serikat. Sejak mulai muncul pada akhir abad 19, musik blues terus berkembang hingga jadi salah satu aliran musik yang populer. Blues juga kerap dipadukan dengan genre musik lain seperti jazz atau pun rock. Dalam perkembangannya banyak musisi blues terbaik yang bermunculan seperti B.B. King, Robert Johnson, Muddy Waters atau Stevie Ray Vaughan. Berikut kami tampilkan informasi mengenai pengertian musik blues serta ciri-ciri dan klasifikasi yang membedakan dengan aliran musik lain yang sejenis.

Pengertian dan Ciri-Ciri Musik Blues Lengkap

Pengertian Musik Blues


Blues termasuk genre musik yang mulai ada di akhir abad 19. Musik blues berasal dari daerah Deep South, Amerika Serikat yang merupakan pengembangan dari aliran musik folk dan musik tradisional Afrika. Memang genre musik ini erat kaitannya dengan lagu ritual dan rohani khas tradisi Afrika.

Pada awalnya, banyak yang mengatakan bahwa kata blues digunakan sebagai singkatan dari blue devils. Kata blue devils dianggap melambangkan halusinasi visual dan kesedihan yang banyak jadi tema lagu lagu blues di era dulu. Meski begitu banyak juga sumber yang menganggap bahwa blues merupakan singkatan dari blue notes.

Ciri-Ciri Musik Blues


Musik blues merupakan turunan dari jenis musik folk dan musik adat Afrika. Awal musik blues, tema yang digunakan dalam lirik lagu berkaitan dengan hal hal spiritual dan kerohanian. Pola awal dari musik blues menggunakan pola call-and-response, dimana lirik lagu terdiri dari empat baris, dua baris awal berupa pertanyaan dan dua baris akhir adalah jawabannya.

Ciri khas lain dari musik blues bisa dilihat pada alunan bass dan instrumentasi yang digunakan. Syair lagu blues juga terbilang unik, dimana lagu lagu bass klasik menggunakan satu baris lirik yang biasanya diulang sebanyak empat kali sesuai alunan musik. Di periode awal abad 20, musik blues kembali berkembang, kali ini banyak menggunakan struktur AAB di bagian ritme akhir lirik.

Lirik lagu yang digunakan saat itu banyak membahas permasalahan kehidupan di masyarakat Amerika keturunan Afrika. Blues juga memiliki sejumlah subgenre, yang populer adalah Delta blues, country blues atau Chicago Blues. Musik blues sendiri baru benar-benar populer di seluruh dunia setelah Perang Dunia II, terutama berkat berkembangnya aliran electric blues dan rock blues.

Blues juga banyak dipadukan dengan aliran musik lain, misalnya blues jazz atau juga R&B (rhythm and blues) yang merupakan aliran musik pengembangan blues. Musisi blues pun banyak bermunculan dan kerap menghasilkan lagu blues terbaik, dimana B.B. King banyak disebut sebagai King of Blues. Saat ini, banyak juga penyanyi atau grup band yang membawakan musik blues, baik musik blues murni atau perpaduan dengan aliran musik lain.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru