Profil dan Biografi Penyanyi Ebiet G Ade

Ebiet G. Ade merupakan penyanyi legendaris asal Indonesia. Nama aslinya adalah Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far. Ia lahir pada tanggal 21 April 1954 di kota Wonodadi, provinsi Jawa Tengah. Selain sebagai penyanyi, ia juga merupakan seorang penulis lagu. Ia dikenal selalu menulis sendiri lagu-lagu yang dinyanyikannya. Genre musik yang banyak ia bawakan adalah balada, serta sentuhan musik pop dan country. Ia dikenal sebagai seorang penyanyi yang membawakan lagu-lagu bertema alam serta potret kelam kehidupan dalam negeri. Lirik lagunya memang banyak berisikan tentang kondisi kehidupan sosial di Indonesia. Berikut akan kami tampilkan info biografi dari musisi Ebiet G. Ade.

Biodata Ebiet G. Ade


Nama asli : Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far
Tempat lahir : Wonodadi, Jawa Tengah
Tanggal lahir : 21 April 1954
Genre : Balada, pop, country
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu
Instrumen : Vokal, gitar

Profil dan Biografi Penyanyi Ebiet G Ade

Biografi Ebiet G. Ade


Ebiet G. Ade memulai karir musik sejak tahun 1979. Total hingga sekarang, ia telah merilis 21 album studio dan juga 25 album kompilasi. Ia mampu eksis di belantika musik Indonesia selama kurang lebih 4 dekade hingga sekarang. Nama Ebiet G. Ade pun menjadi salah satu penyanyi legendaris yang ada di Indonesia.

Ebiet G. Ade banyak menyanyikan lagu-lagu bertema sosial. Meski begitu tema lagunya juga bervariasi, mulai dari politik, keluarga, hingga cinta. Ia juga beberapa kali menulis lagu tentang bencana yang terjadi. Beberapa lagunya tentang bencana seperti Berita kepada Kawan, Sebuah Tragedi 1981, Untuk Kita Renungkan dan Masih Ada Waktu.

Musikalitas dari Ebiet G. Ade juga memiliki pengaruh yang besar bagi musik lokal. Ia menjadi salah satu musisi yang mendorong pembaruan pada musik pop Indonesia. Berkat dedikasinya pada musik dalam negeri, Ebiet G. Ade pernah beberapa kali menorehkan prestasi dan penghargaan dari badan tertentu, seperti dari AMI (Anugerah Musik Indonesia) dan Planet Muzik Awards Asia. 

Sejumlah lagu terbaik Ebiet G. Ade juga banyak yang popuelr dan menjadi hits, sebut saja seperti Aku Ingin Pulang, Menjaring Matahari, Titip Rindu Buat Ayah atau pun Kupu-Kupu Kertas. Ia juga menjadi salah satu dari 50 penyanyi terbaik Indonesia sepanjang masa versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru