Daftar 10 Penyanyi Pria Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Perkembangan musik sudah ada sejak dulu, namun baru di abad 20 industri musik modern mulai terbentuk. Hal itulah yang mendorong banyaknya musisi yang merilis karya-karya terbaiknya yang kemudian jadi terkenal. Sepanjang sejarahnya, banyak penyanyi dan band yang bermunculan. Namun jika melihat sejarahnya kehadiran penyanyi solo lebih banyak yang terkenal dibanding sebuah grup band. Lebih spesifisik lagi, penyanyi pria lebih banyak yang muncul dan terkenal sejak awal perkembangan musik klasik.

Dari era klasik hingga di era modern seperti sekarang, banyak penyanyi pria bermunculan. Di era 40an dan 50an, nama-nama seperti Buddy Holly (rock), Louis Armstrong (jazz), Hank Williams (country) dan Miles Davis (jazz) mampu mencuri perhatian. Setelahnya muncul penyanyi dan entertainer ternama pada diri Elvis Presley. Di tahun 60an banyak penyanyi bergenre pop, soul, country, blues atau R&B yang populer, sebut saja seperti Bob Dylan, Johnny Cash, James Brown, Marvin Gaye, Eric Clapton, B.B. King, Ray Charles dan Chuck Berry.

Di tahun 70an yang paling menonjol adalah David Bowie (glam rock) dan Stevie Wonder (soul, R&B) serta dua mantan personil The Beatles yang bersolo karir, John Lennon dan Paul McCartney. Ada juga Bob Marley lewat gebrakan musik reggae. Sementara memasuki tahun 80an tidak diragukan bahwa Michael Jackson jadi yang paling terkenal, selain penyanyi pria lain seperti Prince, George Michael dan Bruce Springsteen.

Di tahun 90an, banyak bermunculan penyanyi beraliran hip hop terkenal seperti Eminem dan Jay-Z, sedangkan memasuki era milenium, nama-nama seperti Justin Timberlake, Michael Buble, Chris Brown, Justin Bieber dan Bruno Mars bisa jadi penyanyi paling terkenal.

Dari banyaknya penyanyi pria yang eksis, kami telah memilih daftar 10 penyanyi terbaik dunia sepanjang masa. Tentu bukan hal mudah mengingat banyak musisi berbakat yang aktif. List berikut hanya menampilkan musisi dengan jenis kelamin laki-laki yang berkarir sebagai penyanyi solo dan mengisi suara vokal, tidak termasuk DJ, vokalis band atau duo dan grup tertentu.

Daftar 10 Penyanyi Pria Terbaik Sepanjang Masa


1. David Bowie

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

David Bowie lahir dengan nama asli David Robert Jones pada tanggal 8 Januari 1947 di London, Inggris. Ia kemudian lebih dikenal dengan nama David Bowie. Sebagai penyanyi solo, Bowie banyak menghasilkan lagu lagu hits yang bagus. Dengan mengusung genre glam rock dan experimental rock, Bowie menjadi salah satu musisi yang paling populer terutama di tahun 70an. Total ia merilis 26 album studio selama hampir 5 dekade. Beberapa lagu hits yang ia hasilkan antara lain adalah Heroes, Life on Mars, Ziggy Stardust, Space Oddity dan Five Years. Bowie meninggal pada 10 Januari 2016 beberapa hari setelah merilis album terakhirnya. Ia pun dianggap sebagai salah satu penyanyi solo pria terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa.

2. Michael Jackson

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Siapa yang tidak kenal Michael Jackson? Pria yang akrab dipanggil Jacko dan King of Pop ini disebut sebagai entertainer terpopuler sepanjang masa. Lahir pada 29 Agustus 1958, ia tumbuh sebagai penyanyi dengan karakteristik unik, mulai dari tarian moonwalk atau pun gaya berpakaian yang khas. Didukung dengan suara yang bagus, Michael Jackson mampu menghasilkan lagu lagu hits, baik bersama The Jackson 5 atau saat bersolo karir. Beberapa lagu terbaik Michael Jackson yaitu Billie Jean, Beat It, Thriller, Ben dan Heal the World. Michael Jackson meninggal pada 25 Juni 2009 dan mendapat sorotan dari semua media internasional.

3. Elvis Presley

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Elvis Presley menjadi salah satu ikon pop culture paling populer di abad 20. Bukan hanya sebagai penyanyi, Elvis juga dikenal sebagai dancer, entertainer dan trendsetter. Elvis lahir pada 8 Januari 1935 dan meninggal pada 16 Agustus 1977. Beberapa lagu terbaiknya adalah Hound Dog, Heartbreak Hotel, Jailhouse Rock dan Can't Help Falling in Love. Elvis Presley bahkan dijuluki sebagai King of Rock 'n' Roll dan jadi salah satu tokoh musik paling berpengaruh.

4. John Lennon

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Nama John Lennon paling dikenal sebagai vokalis The Beatles, salah satu band rock terbaik sepanjang masa. Setelah band The Beatles bubar, ia melanjutkan solo karir sebagai penyanyi solo. Kualitas musiknya pun masih tetap bagus, dengan beberapa lagu solo hits seperti Working Class Hero, Jealous Guy, Mind Games dan Imagine. John Lennon meninggal pada 8 Desember 1980 setelah ditembak. Ia jadi salah satu penyanyi paling berpengaruh sepanjang masa.

5. Stevie Wonder

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Terlahir sebagai tunanetra atau buta tak menghalangi Stevie Wonder menjadi salah satu penyanyi terbaik. Stevie Wonder sukses menghasilkan sejumlah lagu barat hits seperti Superstition, You Are the Sunshine of My Life dan Sir Duke. Dengan mengusung aliran R&B, soul, pop, funk dan jazz, Wonder menjadi salah satu musisi yang sudah terkenal dari kecil hingga dewasa. Ia pun dianggap memilik suara vokal yang enak didengar.

6. Bob Dylan

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Robert Allen Zimmerman atau biasa dikenal dengan nama populernya, Bob Dylan, adalah salah satu penyanyi dan penulis lagu terpopuler sepanjang masa. Banyaknya lagu Bob Dylan yang masuk dalam daftar lagu barat terbaik sepanjang masa seperti Like a Rolling Stone, Blowin' in the Wind dan The Times They Are a-Changin'. Hal itu sudah cukup menunjukkan kualitas Dylan sebagai musisi senior yang berpengaruh yang mampu aktif lebih dari 50 tahun.

7. Paul McCartney

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Kita sudah melihat John Lennon dalam list, namun satu lagi personil The Beatles yang layak masuk daftar ini adalah Paul McCartney. Awalnya ia merupakan bassis The Beatles yang juga berperan sebaagi vokalis di beberapa lagu. Setelah band tersebut bubar, Paul McCartney memulai solo karir dan meraih kesuksesan yang tak kalah besar. McCartney juga sempat membentuk band The Wings. Beberapa lagu solo dari penyanyi asal Liverpool, Inggris ini adalah The World Tonight, Every Night dan Maybe I'm Amazed.

8. Louis Armstrong

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Lahir di New Orleans, Amerika Serikat pada tanggal 4 Agustus 1901, Louis Armstrong kemudian meninggal pada 6 Juli 1971. Semasa hidup, ia dikenal sebagai salah musisi jazz terbaik dunia sepanjang sejarah. Dengan aliran jazz dan swing, Louis Armstrong banyak menghasilkan lagu jazz terbaik seperti Hello Dolly, Mack the Knife, All of Me dan What a Wondeful World.

9. Johnny Cash

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Johnny Cash menjadi penyanyi tebaik dunia lain. Ia memang sudah meninggal pada 12 September 2003 lalu di usia 71 tahun. Meski begitu, karya-karyanya masih dikenang. Dengan genre folk dan country, ia disebut sebagai salah satu penyanyi country terbaik sepanjang masa. Lagu-lagu hitsnya seperti Ring of Fire, I Walk the Line, Hurt dan Folsom Prison Blues.

10. Bob Marley

Penyanyi Pria Terbaik Dunia

Bagi penggemar reggae, nama Bob Marley jelas sudah tidak asing lagi. Pria dengan nama asli Robert Nesta Marley ini menjadi sosok pertama yang mempopulerkan musik reggae dan tetap jadi penyanyi reggae terbaik sepanjang masa. Lahir di Jamaika, Bob Marley kemudian dikenal lewat lagu reggae terbaik yang ia hasilkan seperti No Woman No Cry, Buffalo Soldier dan Redemption Song.

Penyanyi terbaik dunia lainnya : 

Nama (Genre - tahun aktif)
  • Frank Sinatra (jazz - 1935-1995)
  • Prince (pop, R&B, funk - 1976-2016)
  • Ray Charles (R&B, soul, pop, blues, jazz - 1947-2004)
  • James Brown (soul, R&B, funk - 1953-2006)
  • Eric Clapton (rock, blues - 1962-sekarang)
  • Bruce Springsteen (rock - 1964-sekarang)
  • George Michael (pop, R&B - 1981-2016)
  • Marvin Gaye (R&B, soul, jazz - 1959-1984)
  • Chuck Berry (rock - 1953-2017)
  • Elton John (rock, pop - 1963-sekarang)
  • B.B. King (blues - 1948-2015)
  • Miles Davis (jazz - 1944-1991)
  • Hank Williams (country, folk - 1937-1952)
  • Buddy Holly (country, rock - 1952-1959)
  • Morrissey (alternative, rock - 1977-sekarang)
  • Bryan Adams (rock - 1975-sekarang)
  • Iggy Pop (punk, rock - 1960-sekarang)
  • Sam Cooke (soul, R&B - 1951-1964)
  • Ozzy Osbourne (metal - 1967-sekarang)
  • Neil Young (rock, country - 1960-sekarang)
  • Kenny Rogers (country, pop - 1958-sekarang)
  • Eminem (hip hop - 1988-sekarang)
  • Jay-Z (hip hop - 1986-sekarang)
  • Sting (jazz, pop, rock - 1971-sekarang)
  • Justin Timberlake (pop, R&B - 1992-sekarang)
  • Usher (R&B, pop - 1991-sekarang)

Nah, itulah info daftar 10 penyanyi terbaik dunia sepanjang masa yang paling berpengaruh, khusus untuk penyanyi pria yang bersolo karir. List di atas tidak termasuk vokalis band terkenal seperti Freddie Mercury, Jim Morrison, Kurt Cobain, Mick Jagger, Bono, Robert Plant, Thom Yorke atau Steve Perry. Sementara beberapa vokalis band seperti John Lennon atau Paul McCartney termasuk dalam list karena pernah bersolo karir. Punya pendapat lain yang berbeda dengan list di atas, silahkan tulis di kolom komentar.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru