Pengertian Dangdut dan Ciri-Ciri Musik Dangdut Lengkap

Pengertian musik dangdut - Dangdut adalah salah satu genre musik asli dari Indonesia. Musik dangdut Indonesia menjadi aliran musik populer yang merakyat. Terdapat beberapa ciri-ciri musik dangdut yang meliputi komposisi lagu dangdut terbaru, nada dan irama, tari dan goyangan serta alat musik dangdut yang digunakan. Sejarah dangdut sudah ada sejak dulu dan berkembang hingga sekarang. Kali ini akan dibahas mengenai definisi dan pengertian musik dangdut selengkapnya.

Pengertian Musik Dangdut


Dangdut adalah salah satu genre musik tradisional Indonesia. Genre musik dangdut sangat dipengaruhi oleh musik India, musik Melayu dan musik Arab. Musik dangdut sangat digemari di Indonesia karena musik dan lagu-lagunya yang merakyat. Tak heran jika lagu dangdut terbaru banyak yang populer dan jadi lagu hits Indonesia.

Pengertian Musik Dangdut

Sejarah musik dangdut pertama masuk ke Indonesia sejak tahun 60an. Musik dangdut klasik sangat dipengaruhi oleh lagu lagu India. Penggunaan alat musik tabla meniru alat musik India yang khas, begitu juga dengan penggunaan gambus yang meniru alat musik Arab. Kini, alat musik dangdut yang sering digunakan adalah gendang, gitar, seruling, keyboard dan drum.

Musik dangdut juga dipengaruhi oleh genre musik populer lain. Kombinasi musik pop, rock, reggae hingga musik EDM membuat aliran musik dangdut menjadi lebih bervariasi. Di era modern juga bermunculan banyak lagu dangdut koplo terbaru yang terpengaruh dari musik house dan EDM. Sementara itu juga banyak macam jenis musik dangdut lain seperti dangdut melayu, dangdut keroncong hingga dangdut remix.

Ciri-Ciri Musik Dangdut


Layaknya genre musik lain, musik dangdut juga memiliki ciri ciri khusus yang membedakannya dengan aliran musik lainnya. Beberapa ciri ciri musik dangdut bisa dilihat dari beberapa faktor, mulai dari lirik lagu, komposisi lagu, penggunaan alat musik atau kultur budaya dangdut lain.

Dari segi syair, lirik lagu dangdut mudah diterima oleh masyarakat dan banyak yang mengandung pantun. Beberapa tema yang digunakan dalam lirik lagu dangdut berkaitan dengan cinta, romantisme, makna kehidupan hingga hal-hal yang bisa dijumpai di kehidupan sehari-hari. Untuk lagu lagu dangdut khas orkes musik Jawa Timur biasanya menggunakan bahasa Jawa.

Dari segi alat musik dangdut yang digunakan biasa menggunakan alat musik tradisional seperti gendang dan madolin. Selain itu alat musik lain seperti tabla dan gambus juga sering digunakan. Instrumen musik dangdut lain yang banyak digunakan di era modern antara lain adalah gitar, seruling, keyboard, drum dan biola.

Ciri khas musik dangdut lain adalah dari segi kultur budaya. Musik dangdut selalu disertai dengan tarain dan joged khas. Di tiap konser musik dangdut, para penonton selalu bergoyang mengikuti irama lagu dangdut yang dinyanyikan. Para penyanyi dangdut biasanya juga selalu berjoged sambil bernyanyi. Terkadang hal ini bisa menimbulkan kontroversi, namun hal tersebut memang sudah menjadi ciri musik dangdut saat ini.

Tokoh Musik Dangdut


Tokoh musik dangdut terpopuler tentu saja adalah Rhoma Irama. Ia dijuluki Raja Dangdut dan banyak menghasilkan lagu dangdut terbaik Indonesia sepanjang masa. Nama lain yang juga menjadi legenda musik dangdut adalah Elvy Sukaesih yang dijuluki Ratu Dangdut. Ia juga banyak menyanyikan lagu lagu dangdut terpopuler yang enak didengar.

Sementara tokoh musik dangdut dari kategori penyanyi dangdut pria antara lain adalah Mansyur S, A. Rafiq, Meggy Z, Jhonny Iskandar dan Muchsin Alatas. Sementara dari kategori penyanyi dangdut wanita contohnya adalah Rita Sugiarto, Ellya Khadam, Camelia Malik, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah dan Evie Tamala.

Di era modern, juga banyak bermunculan penyanyi dangdut terpopuler yang terkenal dan mendapat status sebagai artis atau selebritis, contohnya adalah Inul Daratista, Julia Perez, Dewi Persik, Anisa Bahar, Ridho Rhoma, Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik. Beberapa grup dangdut seperti Trio Macan juga sempat populer.

Selain itu juga bermunculan orkes musik dangdut koplo terkenal yang berasal dari Jawa Timur, misalnya seperti Monata, Sagita, New Pallapa dan Sera. Dari grup musik dangdut koplo tersebut juga mengorbitkan nama penyanyi dangdut koplo terkenal seperti Via Vallen, Wiwiek Sagita atau Nella Kharisma.

Nah, itulah info mengenai pengertian musik dangdut, ciri-ciri musik dangdut, sejarah musik dangdut serta instrumen dan alat musik dangdut lengkap update terbaru. Kini banyak lagu dangdut terbaru yang terkenal dan jadi lagu hits Indonesia. Lagu-lagu dangdut terbaik tersebut dinyanyikan oleh para musisi dan penyanyi dangdut terpopuler Indonesia.

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru