Pengertian Musik Pop, Definisi, Ciri-Ciri dan Jenis Musik Pop Lengkap

Musik pop merupakan genre musik populer yang digemari. Genre musik pop memang terkenal menghasilkan banyak lagu pop terbaik dan terpopuler. Tiap tahun banyak lagu pop terbaru, baik lagu pop Indonesia terbaru maupun lagu pop barat terbaru. Namun apa sebenarnya pengertian musik pop itu? Apa saja ciri-ciri musik pop dan jenis jenis musik pop? Kali ini akan dibahas mengenai definisi musik pop dan pengertian musik pop beserta sejarah, ciri, alat musik dan jenis musik pop lengkap terbaru.

Pengertian Musik Pop

Pengertian Musik Pop


Pop music atau musik pop adalah salah satu genre musik yang terkenal. Bahkan genre musik pop bisa dibilang sebagai aliran musik paling populer dan paling banyak dinyanyikan oleh penyanyi dan band di seluruh dunia. Kata Pop diambil sebagai singkatan dari kata Populer (dalam bahasa Inggris popular). So, musik pop bisa didefinisikan sebagai musik populer.

Sejarah musik pop sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru benar-benar dikenal luas sejak tahun 50an. Musik pop pun pertama diakui di Amerika Serikat dan Inggris. Di awal kemunculannya, banyak yang menganggap jika musik pop dan musik rock hampir sama. Baru di akhir 60an mulai muncul perbedaan antara musik pop dan rock, seiring dengan banyaknya subgenre dan jenis jenis musik rock yang bermunculan seperti hard rock, punk rock dan heavy metal.

Jenis musik pop pun banyak dikombinasikan dengan genre musik lain. Elemen-elemen aliran musik lain seperti rock, dance, country dan hip hop sering dipadu dengan aliran khas lagu lagu pop terbaik. Hal ini membuat musikalitas pop menjadi kian meluas dan tidak terbatas pada satu dan dua ciri-ciri musik pop saja.

Definisi Musik Pop


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi musik pop adalah musik dengan irama yang sederhana sehingga mudah dikenal dan disukai orang banyak (umum). Sedangkan pengertian pop atau kata pop merupakan kependekan dari kata populer, merujuk pada lagu lagu populer.

Ciri-Ciri Musik Pop


Aliran musik pop memiliki beberapa karakteristik dan ciri ciri yang membedakannya dengan genre musik populer lainnya. Lagu lagu pop biasa diciptakan dengan aransemen sederhana yang mudah diingat. Selain itu melodi lagu pop biasanya bisa digunakan pada berbagai karakter lirik lagu dan bisa dikombinasikan dengan aliran musik lain.

Ciri-ciri musik pop lainnya adalah musik pop memiliki tempo yang bervariasi, bisa cepat atau lambat, keras atau slow serta memiliki bentuk harmoni yang simple. Ciri musik pop lain bisa diidentifikasi dari lirik lagu pop terbaru. Lirik lagunya biasanya sesuai dengan tren terbaruu atau hal hal yang berhubungan dengan cinta, romantisme, kehidupan, pesta dan lain-lain.

Alat musik pop yang digunakan dalam musik pop biasanya yaitu gitar, bass, drum, piano atau keyboard. Genre pop menjadi genre paling populer dan paling diminati. Baik musik pop barat maupun musik pop Indonesia terbaru sering jadi favorit penggemar musik. Hal ini dikarenakan lagu lagu pop terpopuler yang mudah didengar, simple, easy listening dan mudah diterima oleh pecinta musik awam.

Lagu lagu pop terbaru memang ditujukan pada pecinta musik umum secara keseluruhan tanpa adanya target pasar khusus. Hal ini tentu berbeda dengan genre musik populer lain seperti rock, metal, country, jazz, reggae atau hip hop yang terkesan eksklusif dan seakan memiliki sasaran pendengar tersendiri serta dipengaruhi oleh budaya dan ideologi yang berkaitan.

Jenis Jenis Musik Pop


Terdapat beberapa subgenre musik pop. Macam macam jenis musik pop ini biasanya dikombinasikan dengan genre musik lainnya, misalnya yaitu pop rock, country pop, pop punk, latin pop dan electropop. Ada juga genre musik pop baru yang terbentuk karena pengaruh budaya suatu negara, misalnya yaitu K-Pop (Korean pop), J-Pop (Japanese pop), Arabic pop, Indian pop dan Thai pop. Musik pop di tiap negara itu memiliki ciri khas musik pop yang berbeda dibanding musik pop pada umumnya.

Selain itu juga terpapat jenis jenis musik pop lain yang terbentuk karena pengaruh nada dan melodi yang digunakan. Berikut ini merupakan daftar subgenre dan jenis musik pop terbaru yang paling populer selengkapnya.

  • Pop rock
  • Country pop
  • K-Pop (Korean pop)
  • Pop punk
  • Teen pop
  • Electro pop
  • Latin pop
  • Indie pop
  • J-Pop (Japanese pop)
  • Traditional pop
  • Eurodance
  • Art pop
  • Pop folk
  • Experimental pop
  • Indian pop
  • Arabic pop
  • Dance-pop
  • Surf music
  • Psychedelic pop
  • Thai pop
  • Smooth jazz
  • Adult contemporary
  • Progressive pop
  • Synthpop
  • Dream pop

Tokoh Musik Pop


Terdapat beberapa tokoh musik pop yang terkenal di dunia. Michael Jackson dikenal sebagai penyanyi pop terpopuler dimana ia mendapatkan julukan King of Pop. Ia pun menjadi penyanyi ikon musik pop global. Sementara untuk penyanyi wanita ada nama Madonna. Popularitas Madonna di industri musik pop membuatnya dijuluki Queen of Pop.

Pengertian Musik Pop

Sebelumnya juga ada nama Elvis Presley yang menyanyikan lagu lagu pop dan rock 'n' roll. David Bowie juga dikenal sebagai tokoh musik pop terkenal terutama di tahun 70an. Untuk yang lebih baru, nama Britney Spears juga cukup berpengaruh hingga sempat dijuluki Princess of Pop.

Di era modern, juga ada nama-nama seperti Christina Aguilera, Avril Lavigne, Bruno Mars, Adele, Taylor Swift dan Katy Perry. Untuk kategori band, beberapa band pop barat terbaik di antaranya adalah The Beatles, The Beach Boys, The Eagles, Fleetwood Mac, Blondie, Backstreet Boys, Coldplay, Maroon 5 dan lain-lain.


Nah, itulah info mengenai pengertian musik pop lengkap terbaru beserta definisi musik pop, alat musik, sejarah, ciri-ciri musik pop dan jenis jenis musik pop. Perkembangan musik pop Indonesia pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Tiap tahun, kumpulan lagu pop terbaru dan terpopuler di seluruh dunia dirilis dan banyak yang jadi lagu pop hits dunia. Sekian artikel pengertian musik pop kali ini.

2 Komentar untuk "Pengertian Musik Pop, Definisi, Ciri-Ciri dan Jenis Musik Pop Lengkap"

  1. Trima kasih atas artikel musik pop. Sangat bermanfaat sebagai referensi mengajar sebagai guru.

    BalasHapus
  2. Ingat dulu ketika saya masih tingkat SMA, waktu pelajaran seni budaya selalu disuruh merangkum jenis-jenis musik. Hehe. Blogwalking ya gan Musik-11

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel