8 Unsur-Unsur Musik Lengkap Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Apa saja unsur-unsur musik yang ada? Musik merupakan sebuah seni yang menjadi ekspresi diri. Seni musik bisa dinikmati oleh semua orang. Musik pada dasarnya terbentuk dari beberapa aspek dan unsur-unsur seni musik. Lalu apa saja unsur unsur dan elemen musik? Kali ini akan dijelaskan mengenai 8 unsur unsur seni musik lengkap beserta pengertian musik dan penjelasannya.

Pengertian Seni Musik 


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Seni musik merupakan seni yang universal dimana hampir semua orang di dunia menyukai musik.

Secara umum musik dibagi menjadi dua yaitu musik tradisional dan musik modern. Lebih spesifik, pengertian musik tradisional adalah jenis musik yang berasal dari adat atau daerah tertentu. Sementara musik modern merupakan jenis musik yang berkembang dan dipengaruhi oleh teknologi dan perkembangan zaman. Terdapat banyak aliran jenis musik modern yang ada. Contoh jenis musik populer adalah musik pop, musik rock, musik jazz, musik hip hop, musik R&B, musik reggae, musik metal dan lain-lain. 

Unsur-Unsur Musik

Unsur-Unsur Musik


Apa saja unsur unsur utama musik? Secara umum, musik memiliki beberapa unsur-unsur pembentuknya. Unsur unsur musik ini bisa dilihat pada tiap karya musik atau lagu yang diciptakan. Sebanyak 8 unsur musik menjadi unsur pembentuk suatu karya musik. Elemen-elemen musik itu di antaranya yaitu melodi, tangga nada, ritme dan lain-lain. Berikut merupakan penjelasan unsur unsur dalam musik lengkap.

1. Melodi


Melodi merupakan salah satu unsur utama musik yang paling penting. Pengertian melodi adalah urutan nada dan jangka waktu nada atau rangkaian sejumlah nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Dengan kata lain definis melodi adalah tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam musik.

Melodi terdiri dari pitch, durasi dan tone. Dalam bermusik, melodi menjadi unsur musik penting yang harus dipelajari para pemusik. Melodi juga menjadi salah satu unsur yang paling dominan pada tiap lagu atau musik yang dibuat.

2. Ritme


Unsur musik berikutnya adalah ritme. Pengertian ritme adalah gerak nada yang teratur mengalir karena munculnya aksen-aksen secara tetap. Lebih detailnya definisi ritme adalah variasi horizontal dan aksen dari suatu suara yang teratur. Ritme juga disebut sebagai irama dan dikenal sebagai penanda ketukan dalam lagu.

Ritme atau irama terbentuk dari suara atau diam yang digabung membentuk pola suara yang berulang. Ritme memiliki tempo yang teratur, namun dapat memiliki bermacam-macam jenis. Dalam bermusik, seorang seniman bisa menggunakan variasi ritme dan irama yang berbeda-beda.

3. Birama


Pengertian birama adalah suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dalam satu birama. Definisi birama lebih jelasnya merupakan ketukan atau ayunan berulang-ulang, datang secara teratur dalam waktu yang sama. Dalam notasi balok, birama adalah bagian atau segmen dari suatu baris melodi yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut.

Suatu lagu biasanya memiliki 32 birama, sementara lagu dengan durasi pendek umumnya hanya terdiri dari 8 sampai 16 birama. Birama menjadi salah satu unsur pokok seni musik yang penting dan hampir selalu ada pada tiap musik.

4. Harmoni


Apa itu harmoni? Pengertian harmoni adalah keselarasan paduan bunyi dalam musik. Lebih jelasnya, definisi harmoni meliputi susunan, peranan dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan. Terminologi harmoni tidak hanya ada dalam seni musik saja, karena kata harmoni juga digambarkan dalam mendefinisikan keselarasan alam.

Dalam seni musik, harmoni dikaitkan dengan keselarasan bunyi. Paduan lagu dan musik yang selaras tentu akan menghasilkan bunyi dan suara yang lebih bagus dan enak didengarkan, yang berarti memiliki harmoni lagu yang baik pula.

5. Tempo


Unsur pokok musik berikutnya adalah tempo. Pengertian tempo adalah cepat lambatnya suatu lagu yang dinyanyikan. Singkatnya, definisi tempo adalah istilah dalam bidang musik yang menunjukkan kecepatan suatu karya musik dimainkan.

Secara umum, unsur tempo dalam musik dibagi menjadi 8 jenis yaitu largo, lento, adagio, andante, moderato, allegro, vivace dan presto. Urutan tersebut diurutkan dari yang paling lambat yaitu largo sampai ke yang sedang yaitu andane hingga tempo yang paling cepat yaitu presto.

6. Dinamik


Unsur seni musik berikutnya adalah dinamika. Pengertian dinamika dalam seni musik dapat diartikan sebagai tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut. Dinamik juga disebut sebagai dinamika atau tanda dinamika yang kerap diartikan sebagai perubahan keras-lembutnya bunyi dalam sebuah lagu..
Secara umum tanda dinamika dibagi menjadi tiga yaitu tanda dinamika lembut, tanda dinamika sedang serta tanda dinamika keras. Dinamik merupakan unsur yang paling kuat menunjukkan emosi atau perasaan yang terkandung dalam sebuah karya musik jika dibandingkan dengan unsur-unsur lainnya. Dinamik pun menjadi salah satu unsur pendukung musik.

7. Tangga Nada


Selanjutnya ada tangga nada. Definisi tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Lebih khususnya, pengertian tangga nada adalah urutan dari suatu nada yang disusun membentuk tangga. Tangga nada dibagi menjadi tiga, yaitu tangga nada diatonik, tangga nada pentatonik dan tangga nada kromatis.

Antara nada satu dengan yang lain terdapat jarak tertentu. Ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak ini yang menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada. Urutan itu diawali dari salah satu nada dan diakhiri oleh nada yang sama tetapi lebih tinggi 1 oktaf. Tangga nada juga termasuk salah satu unsur utama dalam musik.

8. Timbre


Unsur musik terakhir adalah timbre. Pengertian timbre adalah warna bunyi atau kualitas bunyi yang membedakan kesan. Definisi timbre pun mencakup warna bunyi yang bisa dilihat pada tiap lagu atau musik yang dinyanyikan. Timbre yang dihasilkan pada musik akan sangat bergantung pada instrumen alat musik yang dimainkan.

Misalnya timbre pada alat musik petik akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan dari alat musik tiup atau alat musik pukul. Perbedaan ini akan tetap terasa meski keduanya dimainkan pada nada yang sama. Timbre juga menjadi unsur seni musik yang bisa didengarkan di tiap lagu atan musik.


Nah itulah info musik lengkap mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur musik lengkap beserta pembahasan, penjelasan dan elemen-elemen musik. Sekian info musik kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan musik.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru