Biografi dan Sejarah Nirvana, Band Grunge 90an Legendaris

Biografi band Nirvana - Nirvana merupakan grup band rock terkenal asal Amerika Serikat yang dibentuk di kota Aberdeen, Washington pada tahun 1987. Nirvana terdiri dari vokalis dan gitaris Kurt Cobain, bassis Krist Novoselic serta drummer Dave Grohl, yang baru bergabung band di tahun 1990. Gaya dan genre musik yang dibawakan oleh Nirvana adalah musik rock dan grunge (biasa disebut Seattle Sound musik).

Meskipun hanya merilis 3 album studio saja dalam selang waktu 7 tahun berkarir (1987-1994), namun Nirvana termasuk dalam jajaran band dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa, dengan total penjualan mencapai 75 juta kopi di seluruh dunia. Aliran musik grunge yang dibawakan Nirvana pun menjadi akar dari musik alternative rock di era modern.

Tak salah jika Nirvana disebut sebagai salah satu band terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah musik rock di era modern. Karir Nirvana memang berlangsung singkat dan bubar pada tahun 1994 usai vokalis mereka, Kurt Cobain, meninggal dunia.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Nirvana beserta sejarah dan daftar album band rock legendaris ini lengkap.

Biografi dan Daftar Album Nirvana Lengkap

Biografi Nirvana


Nirvana memulai karirnya di akhir 1980an, saat mereka ambil bagian dalam arena Seattle grunge. Di tahun 1989 Nirvana kemudian merilis album debutnya berjudul Bleach lewat label independen. Kemudian Nirvana bergabung pada label besar dan merilis album kedua berjudul Nevermind. Awalnya manajemen berharap album tersebut terjual sebanyak 250 ribu kopi saja, mengingat reputasi Nirvana yang sebelumnya hanya band indie.

Namun siapa sangka, album itu mampu sukses besar di pasaran dan merubah Nirvana dalam sekejap menjadi band paling populer di dunia? Nevermind pun banyak berisi lagu terbaik Nirvana seperti Smells Like Teen Spirit, Came as You Are, In Bloom, dan Lithiuam. Dalam waktu 2 tahun, album Nevermind mampu terjual 8 juta kopi di seluruh dunia, atau berarti 32 kali lipat dari target awal yang ditetapkan pihak label.

Single pertama dalam album tersebut, Smells Like Teen Spirit turut mendongkrak popularitas Nirvana. Bahkan lagu tersebut disebut-sebut sebagai salah satu lagu terbaik 90an dan lagu rock yang paling berpengaruh, serta paling banyak diputar dalam sejarah musik modern. Sejak saat itu, Nirvana pun sukses meraih popularitas besar di kalangan penggemar musik era 90an.

Nirvana kemudian merilis album ketiga berjudul In Utero di tahun 1993. Meski tak sesukses Nevermind, namun In Utero terhitung sukses secara kritik dan komersil. Namun kesuksesan singkat Nirvana harus berakhir setelah di tahun 1994 Kurt Cobain meninggal. Cobain meninggal bunuh diri, akibat stress berkepanjangan yang diderita karena pengaruh obat-obatan terlarang dan hal lainnya.

Kematian Cobain yang merupakan vokalis dan pencipta semua lagu Nirvana mengakhiri perjalan 7 tahun Nirvana di dunia musik. Meski sudah bubar, pengaruh yang diberikan Nirvana tetap bertahan. Band ini pun dianggap sebagai salah satu band rock terpopuler dan paling ikonik sepanjang masa. Selain itu, sang drummer Dave Grohl kemudian membentuk band baru Foo Fighters yang juga sukses dan masih eksis sampai sekarang.

Daftar Album Nirvana


  1. Bleach (1989)
  2. Nevermind (1991)
  3. In Utero (1993)

Selama 7 tahun, Nirvana memang hanya merilis 3 album studio saja. Namun Nirvana termasuk dalam jajaran band dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa, dengan total penjualan mencapai 75 juta kopi di seluruh dunia. Nirvana juga akan segera masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 2014 ini. Dengan semua pencapaiannya itu, tak salah jika Nirvana disebut sebagai salah satu band terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah musik rock di era modern.

Belum ada Komentar untuk "Biografi dan Sejarah Nirvana, Band Grunge 90an Legendaris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel