Sejarah dan Fakta Musik K-Pop Korea

K-Pop merupakan kepanjangan dari Korean Pop atau musik pop Korea. KPop merupakan salah satu aliran musik populer yang berasal dari negara Korea Selatan. Di era musik modern ini, musik K-Pop menjadi salah satu jenis musik terpopuler dan menjadi favorit tidak hanya bagi masyarakat pecinta musik di Korea, namun juga di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Demam musik Korea memang menyebar dengan cepat di industri musik internasional. Musik pop khas Korea memang memiliki beberapa ciri khas unik yang tidak dimiliki jenis musik lain. Berikut akan kami sajikan sejarah singkat dan fakta musik K-Pop dari Korea.

Sejarah dan Fakta Musik K-Pop Korea

Sejarah K-Pop


Musik Kpop pertama muncil di era 1930-an yang awalnya berasal dari budaya pop Jepang. Di era 1960-an pengaruh musik barat masuk dan menghadirkan banyak musisi rock di Korea. Era 1990-an menjadi awal musik pop modern di Korea dengan aliran musik rock, rap dan techno dikombinasi. Banyaknya grup musik remaja menghadirkan fenomena baru. Di era 2000-an tambahan genre musik R&B dan hip hop membuat banyak artis dan musisi Korea makin mengeksplorasi jenis musik yang mereka bawakan.

Semakin banyak dan kreatifnya musisi Korea membuat hanya tinggal menungu waktu hingga muncul beberapa musisi Korea yang sukses secara global dan go internasional seperti BoA, Rain, Shinhwa dan Ryu Shi-Won. Beberapa musisi Korea biasanya pertama menginjakkan pasar internasional di negara Jepang dan negara-negara Asia lainnya termasuk di Indonesia, sebelum melangkah ke pasar musik barat.

K-Pop di Era Modern


Di era modern ini memang sudah banyak artis dan musisi Korea yang terkenal di seluruh dunia. Kebanyakan lagu KPOP terbaik memang banyak dibawakan oleh para boyband dan girlband meski juga ada beberapa penyanyi solo, baik penyanyi pria maupun penyanyi wanita. Beberapa boyband dan girlband Korea terbaik dan terpopuler dari Korea saat ini antara lain adalah Super Junior, Girls Generatrion, TVQ, Big Bang, Shinee, Beast, Wonder Girl dan lain-lain. Salah satu penyanyi asal Korea yang populer adalah PSY yang sempat booming berkat lagu Gangnam Style beberapa tahun lalu.

Musik K-Pop juga dikenal oleh para musisi dan artis dengan wajah ganteng dan cantik. Boyband dan girlband Korea memang sangat memperhatikan penampilan. Penampilan dan style di atas panggung memang sangat penting untuk menunjang kepopuleran suatu grup. Aksi panggung dari para boyband dan girlband saat membawakan lagu diikuti dengan tarian dance khas K-Pop memang menjadi suguhan entertainment yang pas. Karena itulah musik KPop banyak digemari dan kini sudah memiliki banyak fans dan penggemar dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan