Biografi dan Daftar Album Band Dewa 19

Dewa 19 adalah band Indonesia yang dibentuk di kota Surabaya. Dewa 19 atau biasa disebut Dewa saja, dibentuk pada tahun 1986. Mereka membawakan genre pop, rock serta sentuhan musik folk dan jazz dalam tiap lagu dan album yang dirilis. Dewa 19 termasuk salah satu grup musik legendaris di Indonesia dan memiliki pengaruh besar dalam perkembangan musik lokal di era 90-an dan 2000-an. Dewa akhirnya bubar secara resmi pada tahun 2011. Sepanjang sejarahnya, Dewa 19 telah banyak berganti personil anggota. Formasi terakhir mereka terdiri dari Once Mekel (vokal), Ahmad Dhani (keyboard), Andra Junaidi (gitar), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha (drum). Berikut kami tampilkan profil dan sejarah perjalanan dari Dewa 19.

Biografi dan Daftar Album Band Dewa 19

Biografi Dewa 19


Awalnya, Dewa 19 didirikan oleh 4 orang siswa di Surabaya, yaitu Ahmad Dhani, Erwin Prasetya, Wawan Juniarso dan Andra Junaidi. Mereka lebih banyak membawakan genre pop jazz di awal terbentuknya band Dewa. Mereka lalu mulai memasukkan unsur rock dalam jenis musiknya. Mereka lalu menggandeng Ari Lasso sebagai vokalis dan merilis album debut di tahun 1992. Album tersebut sukses di pasaran dan menghasilkan berbagai single hits seperti Kangen. Nama Dewa 19 pun kemudian mulai diperhitungkan dalam dunia musik Indonesia.

Sejak saat itu, album-album yang dirilis Dewa 19 selalu laku dan mampu meledak, mulai dari Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995) dan Pandawa Lima (1997). Ketiganya mampu sukses besar dan menghasilkan sejumlah lagu terbaik Dewa 19 serta mampu mengantarkan Dewa meraih banyak penghargaan nasional. Dewa sempat menghadapi masalah setelah tiga personilnya, Erwin, Wawan dan vokalis Ari Lasso keluar dari band karena satu dan lain masalah.

Mereka kemudian merekrut Once Mekel sebagai vokalis baru dan Tyo Nugros sebagai drummer menemai Dhani dan Andra yang masih bertahan. Di era 2000-an, Dewa 19 kembali menggebrak jagad musik Indonesia. Berbagai album yang mereka rilis mampu sukses, seperti Bintang Lima, Cintailah Cinta, Laskar Cinta dan Republik Cinta. Suara khas Once Mekel juga menjadi hal yang baru dan lebih powerful dari vokal Ari Lasso.

Daftar Album Dewa 19

  • Dewa 19 (1992) 
  • Format Masa Depan (1994) 
  • Terbaik Terbaik (1995) 
  • Pandawa Lima (1997) 
  • Bintang Lima (2000) 
  • Cintailah Cinta (2002) 
  • Laskar Cinta (2004) 
  • Republik Cinta (2006) 

Dewa 19 akhirnya bubar di tahun 2011. Masing-masing personilnya mulai membuat projek baru. Ahmad Dhani telah sukses dengan manajemen Republik Cinta serta berbagai proyek dengan band lain, sedangkan Andra lebih fokus dengan band Andra and the Backbone. Sementara Once juga telah menekuni solo karir, begitu pula dengan personil Dewa 19 lainnya. Meski telah bubar, nama Dewa 19 tetap dikenang sebagai salah satu ikon musik modern terpopuler Indonesia yang banyak menghasilkan lagu hits Indonesia.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan