Pengertian dan Ciri-Ciri Musik Country

Musik country merupakan salah satu genre musik populer di dunia. Kini jenis musik ini menjadi salah satu yang populer, terutama di Amerika Serikat. Banyak bermunculan penyanyi-penyanyi dan grup country baru. Mereka berlomba-lomba merilis album dan lagu country terbaik. Billboard juga menyediakan tangga lagu country untuk para musisi country dunia. Lalu apa sebenarnya musik country itu dan apa ciri-ciri musik country? Berikut info penjelasan lengkapnya.

Pengertian Musik Country


Musik country adalah salah satu genre musik yang populer. Genre musik ini pertama berasal dari wilayah Amerika Serikat bagian selatan dan daerah Pegunungan Appalachia. Berdasarkan sejarah musik country sudah ada sejak tahun 1920-an. Jenis musik ini berkembang dari musik gospel dan musik lagu rakyat Amerika. Musik country juga terinspirasi dari awal mula perkembangan jenis musik lain seperti folk dan blues. Istilah nama musik country pun mulai digunakan sejak tahun 1940an.

Pengertian dan Ciri-Ciri Musik Country

Ciri-Ciri Musik Country


Musik country memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang khas dibanding jenis dan macam genre musik lain. Musik jenis ini biasa berisi balada dan lagu tarian yang sederhana. Biasanya harmoni lagu country diiringi oleh petikan sejumlah instrumen, seperti banjo, gitar akustik, biola atau harmonika.

Jenis musik ini erat kaitannya dengan musik western. Bahkan terminologi western music sempat melekat pada musik country sampai sekarang, meski istilah country yang digunakan dan lebih populer. Jenis musik ini juga kerap digabungkan dan dikombinasikan dengan jenis musik lain, seperti country rock, blues country, alternative country, country pop dan lain-lain.

Kini aliran musik country telah berkembang pesat dan menjadi salah satu genre musik populer di dunia. Di Indonesia memang musik country tidak terlalu populer. Musik country sempat melanda Indonesia lewat musisi-musisi seperti Iwan Fals, Ebiet G. Ade atau Tantowi Yahya. Namun sekarang nyaris tidak ada lagi musisi country baru, bahkan bisa dibilang sudah tidak ada musisi country lokal yang eksis.

Namun meski tak popuelr di Indonesia, country menjadi aliran musik yang begitu diminati di dunia, terutama di Amerika Serikat. Banyak bermunculan penyanyi country populer dunia dari tahun ke tahun.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru