Sejarah Perkembangan Musik Punk Dunia

Punk merupakan salah satu genre musik terkenal. Musik punk atau punk rock sendiri pertama dikembangkan sejak tahun 1970an. Sejak itu, punk menjelma menjadi salah satu genre musik yang terkenal. Style punk pun begitu digemari di dunia hingga punkk seakan menjadi sebuah gaya hidup. Di Indonesia, punk juga ikut populer. Bahkan ada istilah anak punk, meski mungkin beberapa menganggap punk sebagai budaya negatif. Banyak band punk terbaik dunia bermunculan, dengan gaya nada nge-beat dan lagu tempo cepat. Berikut ini kami tampilkan info mengenai perkembangan dan sejarah musik punk rock dunia.

Sejarah Perkembangan Musik Punk Dunia

Sejarah Musik Punk


Punk atau punk rock pertama berkembang di era 70an di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat dan Australia. Sebelumnya, punk berkembang dari aliran garage rock yang sudah lebih dulu ada. Di tahun 70an bermunculan sejumlah band punk rock klasik yang legendaris. Nama-nama band seperti Ramones, Sex Pistols atau The Clash disebut sebagai tiga band pertama yang mengembangkan musik punk tahun 70an.

Kesuksesan ketiganya membuat aliran genre punk rock menjadi mulai dikenal. Sampai saat ini susah menemukan band punk yang lebih bagus dari tiga band tersebut. Setelah popularitas band band tersebut, mulai bermunculan band band beraliran punk dari seluruh dunia, baik di akhir 70an maupun di era 80an. Fenomena punk pun dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Banyak komunitas musik punk terbentuk di berbagai negara.

Punk sangat identik dengan sifat sifat anak muda. Berbagai aksesoris yang berkaitan dengan musik ini seperti kaos, gelang atau gaya rambut unik menjadi identitas anak punk. Musik punk menjadi lebih beragam dengan banyaknya fusion subgenre yang muncul, mulai dari hardcore punk, pop punk, skate punk, street punk dan lain-lain. Sejumlah aliran musik seperti new wave dan alternative rock juga dipengaruhi oleh musik punk.

Tahun 80an memunculkan nama-nama seperti Minor Threat, Fugazi, Dead Kenndys hingga Exploited sebagai band punk rock populer. Sempat meredup, era 90an kemudian menjadi kebangkitan musik punk ke jagad musik mainstream internasional. Tiga band asal California yaitu Green Day, The Offspring dan Rancid menjadi band pelopor musik punk rock di tahun 90an.

(baca juga 10 lagu terbaik Green Day)

Kini memasuki era milenium, punk menjadi salah satu aliran musik favorit. Band seperti Blink-182, Sum 41, Fall Out Boy, atau Good Charlotte menjadi yang terdepan. Meski mungkin tak sepopuler di era keemasan yaitu di tahun 70an dan 90an, setidaknya komunitas punk kini telah tersebar ke seluruh dunia.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru