Biografi dan Daftar Album Green Day Terbaru

Green Day adalah band punk rock asal Amerika yang pertama kali meraih popularitas awal di era 90-an. Green Day berasal dari Berkeley, California dan dibentuk tahun 1987. Green Day terdiri dari Billie Joe Armstrong sebagai vokalis dan gitaris, Mike Dirnt sebagai bassis dan Tre Cool sebagai drummer serta Jason White sebagai gitaris tambahan. Gaya musik Green Day adalah punk dengan sentuhan musik rock. Mereka menjadi salah satu pelopor genre punk di tahun 90an. Green Day telah memenangi banyak penghargaan, termasuk 5 kali Grammy Awards. Kini, Green Day juga disebut-sebut sebagai salah satu grup band rock terbaik dunia yang paling populer. Berikut akan kami hadirkan biografi dan profil lengkap band Green Day.

Biografi dan Daftar Album Green Day Terbaru

Biografi Green Day


Green Day mengawali karir di akhir 80an. Awalnya Green Day merupakan bagian dari perkumpulan band punk di DIY 924 Gilman Street di Berkeley, California. Green Day kemudian merilis album debutnya, 39/Smooth pada tahun 1990. Album keduanya, Kerplunk! dirilis di tahun 1992 dan membuat nama Green Day mulai dikenal, meski hanya di wilayah California saja. 

Baru pada tahun 1994 ketika album Dookie dirilis, Green Day meraih popularitas internasional. Dookie mampu terjual sebanyak 10 juta kopi hanya di Amerika Serikat saja. Green Day lalu disebut sebagai salah satu band punk rock terbaik yang mampu mempopulerkan dan menghidupkan kembali musik punk rock di Amerika, bersama band California lain seperti The Offspring dan Rancid.
Green Day lalu merilis album Insomniac (1995) dan Nimrod (1997). Meski tidak sesukses Dookie, namun dua album tersebut cukup sukses, secara komersil dan kritik. Sejumlah lagu hits Green Day di era 90an antara lain adalah Welcome to Paradise, Basket Case, She, When I Come Around, Time of Your Life, Redundant dan Hitchin' a Ride. Green Day lalu merilis album studio keenamnya, Warning di tahun 2000. Setelah itu, kepopuleran Green Day sempat turun drastis, apalagi ditambah isu batalnya album ketujuh yang rencananya dirilis tahun 2003. 

Namun pada tahun 2004, Green Day kembali bangkit ke puncak popularitas dengan album American Idiot yang sukses besar. Album ini sukses menyabet dua Grammy Awards, untuk kategori Best Rock Album dan Record of the Year untuk single Boulevard of Broken Dreams. Album ini juga menjadikan Green Day lebih populer untuk kalangan remaja. American Idiot juga banyak menjadi favorit para fan. Album 21st Century Breakdown kemudian dirilis tahun 2009. Album ini memenangkan Best Rock Album pada Grammy Awards, sama seperti album American Idiot. Beberapa single dari album ini antara lain Know Your Enemy dan 21 Guns. 

Di tahun 2012, Green Day merilis album trilogi, ¡Uno!, ¡Dos!, dan ¡Tré! pada bulan September, November dan Desember secara berturut-turut. Setelah itu band ini sempat vakum beberapa tahun. Di tahun 2016, Green Day kembali menggebrak industri musik. Album ke-12 nya dirilis dengan judul Revolution Radio sekaligus menegaskan comeback Green Day di industri musik rock dunia.

Daftar Album Green Day

  • 39/Smooth (1990) 
  • Kerplunk (1992) 
  • Dookie (1994) 
  • Insomniac (1995) 
  • Nimrod (1997) 
  • Warning (2000) 
  • American Idiot (2004) 
  • 21st Century Breakdown (2009) 
  • ¡Uno! (2012) 
  • ¡Dos! (2012) 
  • ¡Tré! (2012) 
  • Revolution Radio (2016) 

(baca juga 10 lagu terbaik Green Day)


Green Day juga banyak menghasilkan lagu-lagu hits internasional yang masuk dalam tangga lagu internasional. Dengan segala pencapaian dan penghargaan yang telah mereka buat, tak salah jika Green Day disebut sebagai salah satu grup band rock terbaik dan paling populer dari era 1990-an hingga sekarang. Kita tunggu saja album Green Day terbaru ke depannya.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan