Biodata Michael Jackson | Profil, Biografi, Fakta, Daftar Album

Biodata Michael Jackson lengkap - Michael Jackson adalah penyanyi pop terkenal asal Amerika yang lahir pada tanggal 29 Agustus 1958 di Indiana, Amerika Serikat. Selain sebagai penyanyi Michael Jackson juga merupakan seorang penari, pebisnis, pencipta lagu, produser, koreografer, hingga seorang aktor. Michael Jackson memiliki nama panggilan Jacko. Ia juga mendapat julukan lain sebagai King of Pop karena dinilai sebagai penyanyi pop terbesar sepanjang sejarah permusikan dunia.

Michael Jackson dikenal berkat tarian moonwalknya yang kemudian menjadi ciri khasnya. Jackson menyanyi dengan genre pop, R&B, dan soul. Sepanjang karirnya, ia dua kali masuk dalam Hollywood Walk of Fame di tahun 1980 sebagai anggota grup vokal The Jackson 5 dan berikutnya di tahun 1984 sebagai artis solo.

Dalam artikel ini, kami akan tampilkan info profil dan biografi Michael Jackson beserta perjalanan karir dan daftar albumnya lengkap.

Biodata Michael Jackson


Nama lengkap : Michael Joseph Jackson
Julukan : Jacko, King of Pop
Tempat lahir : Gary, Indiana, Amerika Serikat
Tanggal lahir : 29 Agustus 1958
Tempat meninggal : Los Angeles, California, Amerika Serikat
Tanggal meninggal : 25 Juni 2009 (usia 50 tahun)
Genre : Pop, rock, R&B, soul, disco, funk
Pekerjaan : Penyanyi, penulis lagu, produser, penari, koreografer, pebisnis, aktor

Profil dan Biografi Michael Jackson Lengkap

Biografi Michael Jackson


Michael Jackson memulai karier bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson yang disebut dengan The Jackson 5 sejak dekade 60-an. Pada tahun 1971 Michael Jackson mulai merilis album solo pertamanya. Album Off the Wall yang dirilis tahun 1979 menjadi awal popularitasnya sebagai penyanyi solo.

Kesuksesan Michael Jackson kemudian menemui puncaknya saat merilis albumnya yang berjudul Thriller pada tahun 1982. Thriller kemudian menjadi album terlaris sepanjang masa, dengan total tekor penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia.

Tak heran jika kemudian Michael Jackson menjadi seorang penyanyi berstatus superstar yang terkenal di tahun 80-an. Namanya pun menjadi fenomena industri musik pop dalam skala internasional di era tersebut.

Ia lalu meneruskan popularitasnya dengan merilis album Bad di tahun 1987 yang mampu sukses besar. Berbagai lagu terbaik Michael Jackson antara lain seperti Billie Jean, Beat It, Thriller, Bad hingga Man in the Mirror turut menaikkan reputasinya.

Pada era 90an mampu dijalani Jacko dengan merilis dua album studio sukses, yaitu Dangerous (1991) dan HIStory (1995). Nama Michael Jackson dikenal luas sebagai penyanyi barat terpopuler yang selalu dinantikan kehadirannya saat mengadakan konser.

Michael Jackson memiliki pengaruh besar dalam aksi panggungnya. Lewat penampilan panggung dan video-video klipnya, Jackson juga memopulerkan sejumlah teknik menari seperti tarian robot dan moonwalk. Suara dan gaya vocalnya juga sangat berpengaruh dan diikuti oleh banyak penyanyi hip hop, pop dan R&B.

Hingga kini, Michael Jackson pun disebut-sebut sebagai salah satu penyanyi paling berpengaruh sepanjang masa. Ada banyak penghargaan-penghargaan yang telah ia raih termasuk beberapa kali mendapat 13 kali meraih Grammy Awards dan total rekor penjualan album mencapai lebih dari 750 juta kopi di seluruh dunia.

Ia juga pernah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai artis dan entertainer terbaik sepanjang masa. Hal ini membuatnya menjaadi salah satu pria paling terkenal, dimana namanya sudah menjadi bagian dari budaya pop dunia selama kurun empat dekade.

Daftar Album Michael Jackson

  • Got to be There (1971)
  • Ben (1972)
  • Music & Me (1973) 
  • Forever, Michael (1975) 
  • Off the Wall (1979) 
  • Thriller (1982) 
  • Bad (1987) 
  • Dangerous (1991) 
  • HIStory: Past, Present and Future, Book I (1995) 
  • Invicible (2001) 
  • Michael (2010) - dirilis setelah kematiannya 
  • Xscape (2014)- dirilis setelah kematiannya 

Micheal Jackson memang sudah meninggal tahun 2009 lalu. Kasus kematian Michael Jackson pun masih diliputi banyak misteri atas penyebab tewasnya salah satu legenda musik terpopuler dunia ini sehingga memunculkan banyak dugaan spekulasi.

Meski sudah meninggal, album baru Jackson kemudian dirilis oleh pihak studio dengan menyertakan lagu-lagu Michael Jackson yang masih belum dirilis. Dengan segudang rekor dan pencapaian yang ia raih, tak salah jika Michael Jackson disebut sebagai artis dan penyanyi terpopuler sepanjang masa.

Belum ada Komentar untuk "Biodata Michael Jackson | Profil, Biografi, Fakta, Daftar Album"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel