Pengertian Musik Modern Lengkap Beserta Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Apa pengertian musik modern? Sebelumnya kita telah membahas pengertian musik tradisional. Untuk itu dalam artike kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan definisi musik modern, peranan dan fungsi musik modern, unsur-unsur dan ciri-ciri musik modern, jenis jenis musik modern serta contoh alat musik modern selengkapnya.

Pengertian Musik Modern


Apa itu musik modern? Apa bedanya dengan pengertian musik tradisional? Secara umum, pengertian musik modern adalah musik yang mendapat sentuhan instrumen dan teknologi dan tidak terlahir dari musik masyarakat adat. Musik modern muncul setelah era musik klasik dan terus berkembang sampai sekarang. Definisi musik modern juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi terutama di bidang musik.

Musik modern menggunakan aturan komposisi seperti tangga nada, notasi dan instrmen musik lainnya. Musik modern juga bersifat terbuka dan terus berkembang dari dulu sampai sekarang. Pengertian musik modern dan musik tradisional jelas sangat berbeda. Perbedaan musik tradisional dan musik modern juga terletak pada asalnya, dimana musik tradisional berasal dari musik adat dan masyarakat. Karena itu definisi musik modern ini juga sama dengan definisi pengertian musik non tradisional.

Pengertian Musik Modern

Fungsi Musik Modern


Musik modern memiliki peranan dan fungsi tertentu yang melatarbelakangi munculnya jenis musik modern. Selain fungsi utamanya sebagai hiburan atau ekspresi diri, terdapat fungsi musik modern lainnya yang cukup bervariasi di berbagai bidang. Berikut merupakan beberapa peranan, tujuan dan fungsi musik modern atau fungsi musik non tradisional selengkapnya.

Sebagai media hiburan

Fungsi musik modern yang paling utama adalah sebagai media hiburan. Musik dan lagu lagu modern berfungsi sebagai hiburan bagi pendengarnya. Banyak lagu lagu bagus yang enak didengar yang membuat pendengarnya terhibur.

Sebagai media promosi

Musik modern juga bisa digunakan sebagai media promosi. Adanya musik atau lagu digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Medianya bisa lewat lirik lagu atau penggunaan musik dengan tema sesuai dengan objek yang dipromosikan oleh si pemusik.

Sebagai media pertunjukan

Musik modern pun bisa dijadikan sebagai media pertunjukan. Banyak konser musik di era modern yang dihadiri oleh banyak penonton. Pertunjukan musik live memang menarik minat masyrakat terutama untuk musik musik populer.

Sebagai ekonomi ekonomi

Selain sebagai hiburan, musik bisa digunakan sebagai sarana ekonomi. Yang dimaksud disini adalah dengan mengkomersialisasi musik itu, dengan menjual rekaman atau mengadakan pertunjukan dengan harga tiket masuk.

Sebagai media pendidikan

Selain fungsi musik modern yang telah disebutkan di atas, musik juga bisa digunakan sebagai media pendidikan. Dengan musik modern sebagai medianya, ilmu dari suatu pendidikan bisa menjadi tersalurkan lebih mudah.

Ciri-Ciri Musik Modern


Musik modern memiliki beberapa ciri-ciri dan karakteristik yang membedakannya dengan musik tradisional. Apa saja unsur unsur musik modern dan ciri ciri musik modern. Berikut merupakan ciri-ciri musik modern selengkapnya.

1. Bahasa yang digunakan pada lirik musik modern adalah bahasa nasional.
2. Musik modern biasa dipengaruhi sentuhan teknologi yang maju dan modern.
3. Musik modern lebiih dikomersialisasi sebagai sarana ekonomi
4. Tempo musik modern lebih cepat dan kencang.
5. Iringan musik modern sudah menggunakan alat musik modern.
6. Gaya musik modern lebih bebas dan tak terbatas satu aturan tertentu
7. Musik modern cenderung dipengaruhi oleh budaya luar negeri atau budaya global
8. Umumnya musik modern dibuat dengan tangga tujuh nada atau nada diantonis.
9. Pencipta dan penulis lagu musik modern diketahui.
10. Lagu dari musik modern dipengaruhi oleh tren yang berkembang.
11. Musik modern tidak tahan lama dan hanya populer dalam waktu tertentu
12. Perkembangan musik modern sudah menjadi industri global.
13. Tema musik modern cenderung luas dan beragam.

Jenis Jenis Musik Modern


Musik Pop

Definisi dan pengertian musik pop adalah salah satu genre musik modern terkenal yang bisa dibilang sebagai aliran musik paling populer dan paling banyak dinyanyikan. Kata Pop diambil sebagai singkatan dari kata Populer (dalam bahasa Inggris popular). So, musik pop bisa didefinisikan sebagai musik populer. Contoh penyanyi pop terbaik misalnya seperti Michael Jackson, Madonna, Prince, David Bowie, Britney Spears dan Adele.

Musik Rock

Pengertian musik rock merupakan genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari R&B dan country dari tahun 40an dan 50an serta berbagai pengaruh lainnya. Contoh band rock terbaik misalnya seperti The Beatles, Led Zeppelin, AC/DC dan The Rolling Stones.

Musik Jazz

Jazz adalah genre musik yang pertama dikembangkan di akhir abad 19 dan awal abad 20 dan berasal dari kawasan New Orleans, Amerika Serikat yang berasal dari kalangan warga Afrika-Amerika. Jazz dikembangkan dari genre musik blues dan ragtime. Contoh penyanyi jazz terbaik adalah Miles Davis, Louis Armstrong, Charlie Parker hingga Duke Ellington.

Musik Hip Hop

Musik hip hop adalah macam jenis musik modern terkenal yang tak bisa dipisahkan dari teknik musik rap, yaitu teknik menyanyi dengan cepat. Musik hip hop sudah menjadi sebuah budaya dimana elemennya mencakup musik rap, teknik beatbox, musik DJ, tari breakdance dan tulisan grafiti. Contoh penyanyi hip hop terbaik adalah Jay-Z, Dr. Dre, Eminem dan Kanye West.

Musik R&B

Definisi musik R&B merupakan genre musik populer yang menggabungkan aliran musik jazz, gospel, dan blues, yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Contoh penyanyi R&B terbaik yaitu Mariah Carey, Whitney Houston, Usher dan Beyonce.

Musik Country

Musik country adalah genre musik yang berasal dari wilayah Amerika Serikat bagian selatan dan daerah Pegunungan Appalachia yang sudah ada sejak tahun 1920-an. Jenis musik ini berkembang dari musik gospel dan musik lagu rakyat Amerika.

Musik Blues

Blues termasuk genre musik yang mulai ada di akhir abad 19. Musik blues berasal dari daerah Deep South, Amerika Serikat yang merupakan pengembangan dari aliran musik folk dan musik tradisional Afrika. Contoh musisi blues terbaik adalah B.B. King, Robert Johnson, Muddy Waters atau Stevie Ray Vaughan.

Musik Reggae

Musik reggae merupakan suatu aliran musik modern yang pertama kali berasal dari Jamaika di akhir tahun 60an dan berkembang di tahun 70an. Contoh penyanyi reggae terbaik adalah Bob Marley, Peter Tosh, Jimmy Cliff dan Toots Hibbert.

Contoh Jenis Musik Modern Lainnya

  • Musik metal
  • Musik punk
  • Musik electronic
  • Musik disco
  • Musik alternative
  • Musik folk
  • Musik dance
  • Musik soul

Alat Musik Modern


Alat musik modern merupakan alat musik yang diciptakan utuk memvariasi jenis alat musik dan bunyi alat musik untuk memadukan suara dalam suatu pertunjukan agar terdengar ritmis dan indah. Berikut beberapa contoh alat musik modern.


  • Gitar (gitar akustik dan gitar elektrik)
  • Keyboard
  • Piano
  • Drum
  • Biola
  • Saxophone
  • Organ
  • Harmonika
  • Trumpet
  • Seruling
  • Harpa


Nah itulah info pengertian seni musik modern beserta ciri-ciri musik modern, fungsi musik modern, jenis jenis musik modern serta contoh alat musik modern selengkapnya. Sekian info musik modern kali ini, semoga bisa jadi referensi.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Komentar Pecinta Musik

Artikel Musik Terbaru